Kapan Penetapan Caleg Terpilih Pemilu 2024 Kota Sukabumi? Ini Kata KPU

Jumat 22 Maret 2024, 22:10 WIB
Ilustrasi kirab Pemilu 2024 di Kota Sukabumi. KPU angkat bicara soal kapan penerapan Caleg terpilih. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Ilustrasi kirab Pemilu 2024 di Kota Sukabumi. KPU angkat bicara soal kapan penerapan Caleg terpilih. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menyebut bahwa penetapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilu 2024 masih menunggu adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada atau tidaknya aduan sengketa Pemilu.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno setelah surat putusan hasil rekapitulasi tingkat nasional dikeluarkan oleh KPU RI Kamis 21 Maret 2024 kemarin.

“Kita hari ini menunggu konfirmasi dari MK terkait penetapan rekapitulasi tingkat nasional ada aduan atau laporan yang berkaitan dengan surat putusan yang kemarin dikeluarkan oleh KPU RI terkait hasil rekapitulasi,” ujar Imam kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (22/3/2024).

Jika ada laporan aduan atau pengajuan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU), Imam menyebut tentu harus menunggu tindak lanjut dari MK dan jika tidak ada, maka akan dilanjutkan kepada tahapan penetapan caleg terpilih di setiap wilayah masing-masing.

“Jika tidak ada maka yang menjadi domain atau wilayah kewenangan kami yakni yang berkaitan dengan penetapan calon terpilih dan jumlah kursi di wilayah DPRD Kota Sukabumi dapat dilakukan,” ungkapnya.

Baca Juga: PKS Juara, Daftar Lengkap 35 Caleg yang Berpotensi Lolos DPRD Kota Sukabumi

Terlebih, mekanisme penetapannya, Imam menyebut akan menggunakan sistem Sainte lague atau pembagian kursi berdasarkan suara terbanyak yang dibagi berdasarkan hitungan ganjil.

“Kalau di UU (Undang-undang) itu kan pakai sitem Sainte lague untuk penghitungan dan penetapan kursinya atau pembangian kursinya berikut nanti juga untuk menentukan siapa yang akan menduduki kursi-kursi tersebut,” tutur dia.

Adapun pengumuman terkait penetapan calon legislatif terpilih DPRD Kota Sukabumi, Imam menuturkan bahwa penetapan itu tergantung ada atau tidaknya aduan sengketa pemilu pada tingkatan DPRD Kota Sukabumi.

“Tergantung kalau tingkat DPRD ternyata tidak ada (aduan) maka dalam tiga hari kedepan langsung bisa kami persiapkan untuk secepatnya nanti dilakukan penetapa,” pungkasnya.

Adapun komposisi jumlah kursi DPRD Kota Sukabumi sebanyak 35 kursi, terdiri Dapil I (Kecamatan Cikole dan Citamiang) sebanyak 12 kursi, Dapil II (Kecamatan Baros, Cibeureum, dan Lembursitu) sebanyak 12 kursi dan Dapil III (Kecamatan Warudoyong dan Gunungpuyuh) sebanyak 11 kursi.

Semetara itu berdasarkan Keputusan KPU Kota Sukabumi Nomor 208 Tahun 2024 yang dilihat sukabumiupdate.com, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi pemenang suara terbanyak di pemilihan legislatif tingkat Kota Sukabumi.

Terdiri dari suara caleg dan partai, PKS mendapat sebanyak 39.075 suara, dengan rincian Dapil I sebanyak 13.971 suara, Dapil II sebanyak 16.418 suara. Sedangkan Dapil III sebanyak 8.686 suara.

Suara terbanyak kedua, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dengan total perolehan suara caleg dan partai sebanyak 24.589 suara, dengan rincian Dapil I sebanyak 7.378 suara, Dapil II 8.914 suara dan Dapil III 8.297suara.

Peraih ketiga suara terbanyak dimiliki Partai Golkar dengan total suara caleg dan partai 24.282 suara, dengan rincian Dapil I 9.718 suara, Dapil II 8.428 suara dan Dapil III sebanyak 6.136 suara.

Posisi pemenang ke empat diperoleh Partai Demokrat dengan total suara caleg dan partai 21.487 suara, dengan rincian Dapil I 7.669 suara, Dapil II 6.908 suara dan Dapil III sebanyak 7.011 suara.

Kemudian posisi kelima ditempati Partai Gerindra dengan total suara caleg dan partai 20.472 suara, dengan rincian Dapil I 8.698 suara, Dapil II 5.544 suara dan Dapil III sebanyak 6.230 suara.

Sementara itu suara terbanyak ke enam ditempati Partai Nasdem sebanyak 17.458 suara, ke tujuh Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 16.378 suara dan ke delapan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 13.176 suara.

Sementara itu ke sembilan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 12.562 suara dan di posisi 10 Partai Hanura 4.338 suara.

Berdasarkan hasil pemilu legislatif pemilu tahun 2024 ini, untuk total suara sah yang masuk sebanyak 202.845 suara dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 258.028 orang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)