Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Selasa 27 Februari 2024, 18:32 WIB
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan massa dari kelompok Tim Pemenangan Ujang Taufik Calon Anggota DPRD Kota Sukabumi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) geruduk kantor Bawaslu untuk melaporkan dugaan kecurangan yang terjadi di Kecamatan Lembursitu.

Pantauan langsung sukabumiupdate.com di lokasi pada Selasa (27/2/2024) sekira pukul 12:30 Wib, puluhan masa Tim Pemenangan Ujang Taufik mendatangi Kantor Bawaslu Kota Sukabumi dengan membawa sebuah berkas laporan dugaan kecurangan.

Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi mengatakan kedatangannya itu untuk menanggapi pelaporan terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di dua kecamatan yang sebelumnya dilakukan oleh Caleg PDIP lainnya yakni Rojab Asyari.

“Kami hanya sekedar menindaklanjuti ataupun menanggapi apapun yang sudah dilakukan oleh rekan dan saudara kami yakni saudara Rojab Asyari yang juga merupakan salah satu kandidat atau Caleg yang sama di dapil 2 Kota Sukabumi (bersama Ujang Taufik) dalam satu Partai yaitu PDIP,” ujar Firmansyah kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Belasan Ormas Tolak Pleno Ulang Atas Dugaan Pemindahan Suara Caleg DPRD Kota Sukabumi

Selain itu, Pihaknya juga menyebut kedatangannya itu juga untuk memberikan berkas pelaporan dugaan kecurangan yang kepada Bawaslu yang terjadi di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.

“Hari ini kami juga menyampaikan ada beberapa dugaan adanya penggelembungan di Kecamagan Lembursitu yang dalam hal ini dugaan kami Ketua PPKnya itu masih saudara beliau (Rojab Asyari) maka kami juga mempunyai hak untuk mengajukan pengaduan seperti ini seperti apa yang dilakukan beliau kepada Bawaslu,” ungkap dia.

Pihaknya juga menyayangkan atas apa yang telah dilakukan oleh rekan satu partainya itu, menurutnya persoalan ini bisa diselesaikan melalui mekanisme internal partai.

Adapun upaya penyelesaian masalah tersebut, Firmansyah menyebut telah mengupayakan untuk diselesaikan melalui mekanisme internal partai namun hingga saat ini belum ada titik temu.

“Kemarin sudah melakukan komunikasi tapi belum selesai, kami tunggu aja nanti. Konflik ini sudah dibicarakan secara internal (Partai) namun hingga saat ini belum ada titik temu,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia menyampaikan bahwa dalam hal ini sebagai Pengawas Pemilu ketika ada pelaporan dugaan pelanggaran maka akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yng berlaku.

“Kami itu ketika ada dugaan pelanggaran pemilu maka sesuai UU tahun 2017 dan sesuai Perbawaslu 7 tahun 2022 tugas bawaslu adalah menerima, memeriksa dan memutuskan dugaan pelanggaran pemilu itu saja,” ujar Yasti.

Ditanya terkait adanya dugaan hubungan kekerabatan antara Ketua PPK Lembursitu dengan salah satu Caleg, Pihaknya menyebut bahwa itu tidak menyalahi aturan selama berlaku profesional.

“Bisa saja, saudaranya itu caleg dia nya adalah penyelenggara pemilu masa mau disalahkan, nggak gitu,” kata dia.

“Ini bukan masalah salah atau benar tapi yang penting itu penyelenggara pemilu bertindak sesuai dengan ketentuan perDKPP sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang penting profesional aja,” pungkasnya.

Baca Juga: Duga Ada Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Lapor ke Bawaslu

Sebelumnya diberitakan, Calon anggota DPRD Kota Sukabumi daerah pemilihan (dapil) 2 dari PDI Perjuangan (PDIP) Rojab Asy'ari mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk melaporkan dugaan kecurangan. Calon legislatif (caleg) nomor urut 12 ini menyebut terdapat pemindahan suara dari satu caleg ke caleg lain di partainya.

Rojab mengatakan pemindahan suara diduga dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam tahapan rapat pleno. Kecurangan ini terjadi di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni empat TPS di Kecamatan Cibeureum dan dua di Kecamatan Baros. Diketahui, dapil 2 DPRD Kota Sukabumi meliputi Kecamatan Baros, Cibeureum, dan Lembursitu.

Petahana DPRD Kota Sukabumi ini melaporkan PPK Cibeureum dan PPK Baros ke Bawaslu karena diduga telah memindahkan suara dari satu caleg ke caleg lain di dapil tempatnya bertarung. Menurut Rojab, situasi tersebut merugikan karena caleg yang diduga menerima limpahan suara menggeser dirinya dari posisi suara dua teratas PDI Perjuangan.

"Saya menemukan, bukan indikasi lagi, tapi sudah terjadi, pemindahan suara dari caleg nomor urut satu ke nomor urut dua. Itu secara perundang-undangan tidak boleh dan sangat merugikan saya sendiri sebagai pelapor," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Sabtu (24/2/2024).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).