Prabowo-Gibran Janji Susu dan Makan Gratis, Tapi Masyarakat Harus Bersabar 4 Tahun

Jumat 16 Februari 2024, 11:14 WIB
Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa

Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Program susu dan makan gratis menjadi salah satu yang digembar-gemborkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menarik warga memberikan hak suaranya di Pilpres 2024. Berdasarkan quick count sejumlah lembaga survei, Prabowo-Gibran menang.

Mengutip laporan berita suara.com, jika nanti penghitungan suara resmi KPU menyatakan Prabowo-Gibran memenangkan kontestasi Pilpres 2024, warga tak serta merta langsung mendapatkan susu dan makan siang gratis. Masyarakat harus bersabar setidaknya sampai Pemilu 2029. Butuh empat tahun untuk program ini menyentuh target 82,9 juta warga.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono. Ia menerangkan secara realistis, dalam hitungan pihak TKN butuh waktu empat tahun agar program tersebut dapat dirasakan 82,9 juta warga.

“Dalam hitungan kami, target 82,9 juta penerima manfaat program ini baru bisa tercapai pada 2029. Jadi kami punya waktu untuk menyiapkan anggarannya, baik dari efisiensi, peningkatan penerimaan anggaran, atau sumber lainnya,” kata Budi, Selasa, 5 Desember 2023.

Baca Juga: Budiman Sebut Sukabumi Jadi Pilot Project Program Makan Siang Gratis

Budi lebih lanjut menerangkan bahwa capres Prabowo tidak bisa serta merta menganggarkan anggaran besar di tahun pertama andai terpilih sebagai Presiden di Pilpres 2024.

Budi mengatakan bahwa semua itu hanya bisa dilakukan secara bertahap dan mementingkan skala prioritas. Budi juga menegaskan program itu nantinya tidak akan mengalihkan program lain yang sudah berjalan seperti BPJS dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Budi juga menyebut program susu dan makan siang gratis masih menjadi andalan untuk paslon 02 demi bisa menciptakan Indonesia Emas di 2045. Selain itu, program ini juga untuk perputaran ekonomi lokal. “Perputaran ekonomi rakyat juga langsung meningkat karena rantai pasok program ini berasal dari UMKM-UMKM setempat," ucapnya.

Wajib Setuju Program Susu dan Makan Siang Gratis

Sebelumnya, Prabowo mengatakan menteri yang akan masuk ke jajaran kabinetnya harus setuju dengan program Pemberian Susu dan Makan Siang Gratis.

"Saya katakan nanti, siapa yang mau masuk kabinet, siapa yang mau jadi menteri saya, harus setuju. Anak-anak harus diberi makan siang," kata Prabowo dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK).

Menurut Prabowo, makan siang gratis dan memberikan susu kepada warga merupakan salah atau ujung tombak program kerja jika terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan kerja sama dengan menteri untuk memastikan program tersebut berjalan di seluruh wilayah Indonesia.

"Kalau kau tidak setuju, enggak usah gabung di kabinet Prabowo-Subianto," kata dia.

Baca Juga: Demi Danai Makan Siang Gratis, Prabowo Rencanakan Geser Alokasi Subsidi BBM

Di sisi lain, Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Astrio Feligent meyakini program perbaikan gizi untuk pelajar, santri, dan ibu hamil merupakan investasi terbaik pemerintah untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Menurut Astrio, visi Indonesia sebagai negara maju pada 2045 (Indonesia Emas 2045) dapat terwujud manakala sumber daya manusianya berkualitas, yang dilihat salah satunya dari kondisi kesehatan dan asupan gizinya yang terpenuhi sejak masa kandungan sampai anak-anak.

"Pak Prabowo dan Mas Gibran selalu berkata investasi terbaik yang dapat dilakukan oleh Bangsa Indonesia adalah ketika kita berinvestasi pada anak-anak Indonesia. Kita mulai dengan memberi makan siang dan susu gratis untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Astrio.

Astrio menilai jika nantinya terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berkepentingan mempersiapkan anak-anak muda Indonesia menjadi generasi yang unggul.

Di lokasi yang sama, Juru Bicara TKN itu juga menyinggung program kerja Prabowo-Gibran lainnya, yaitu meningkatkan pendapatan negara melalui pajak. Dia meyakinkan para relawan setiap program kerja yang direncanakan Prabowo-Gibran tujuannya untuk kepentingan rakyat.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari