Rp 400 T? Biaya Program Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo

Senin 16 Oktober 2023, 13:12 WIB
Capres 2024 dari Gerindra di Acara Penghargaan Detik Awards | Kisaran Biaya Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto Capai Rp 400 T/Tahun (Sumber : instagram.com/@prabowo)

Capres 2024 dari Gerindra di Acara Penghargaan Detik Awards | Kisaran Biaya Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto Capai Rp 400 T/Tahun (Sumber : instagram.com/@prabowo)

SUKABUMIUPDATE.com - Prabowo Subiantor, calon presiden atau Capres dari Partai Gerindra berjanji akan memberikan makan gratis bagi anak sekolah jika dirinya terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tak hanya pelajar, Capres 2024 itu juga menyebut bakal menggelontorkan bantuan gizi untuk ibu hamil.

Akan tetapi, program Pilpres 2024 Prabowo Subianto itu menuai kontroversi dari berbagai pihak. Bukan soal tujuan memperbaiki gizi generasi bangsa Indonesia, melainkan tentang sumber anggaran program gizi yang diusung Prabowo dinilai sangat besar.

Meskipun, sejumlah penelitian sejalan dengan program makan gratis Prabowo, yakni akan berdampak positif pada masa depan.

Baca Juga: 5 Fakta Bentrok di Muntilan Antara PDIP dan GPK PPP, Magelang-Jogja Macet Total!

Lantas, berapa anggaran program Prabowo, Capres 2024 dari Gerindra soal makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil? Simak penjelasannya!

Biaya Program Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto

Prabowo Subianto, dalam agenda konsolidasi bersama Partai Bulan Bintang (PBB) di Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/9/2023) mengatakan telah mengatur strategi yang melibatkan pakar. Hal ini, merujuk katadata.co.id, terkait bagaimana program makan siang gratis dan bantuan nutrisi ibu hamil dapat direalisasikan jika Prabowo terpilih dalam Pilpres 2024.

“Saudara-saudara, kami sudah hitung matematik. Sumber-sumbernya bisa, asal mau. Mau gak berpihak kepada rakyat?” kata Prabowo dikutip via katadata.co.id, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Orang Tua yang Suka Teriak Saat Memarahi Anak

Soal anggaran program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan program itu membutuhkan anggaran Rp400 triliun per tahunnya. Rancangan anggaran didasarkan pada jumlah anak sekolah yang mencapai 44 juta, anak prasekolah sebanyak 30 juta, dan ibu hamil 77 juta.

“Apakah ada uangnya? Tim ahli kami sudah hitung, bakal ada uang itu Rp 400 triliun,” kata Hashim, Rabu (6/9/2023).

Akan tetapi, analisis katadata menilai, meski program makan gratis Prabowo berdampak positif, tetapi proyeksi kebutuhan anggaran mencapai sekitar Rp446,6 triliun tergolong sangat besar. Nilai satu program tersebut, sudah mencakup 13% anggaran belanja negara 2024 yang sebesar Rp3.325 triliun.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Kesepian Karena Tidak Memiliki Teman di Sekolah

Angka anggaran program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto, bahkan lebih besar dari anggaran infrastruktur sebesar Rp422,7 triliun, anggaran subsidi energi sebesar Rp329,9 triliun, dan anggaran kesehatan sebesar Rp186,4 triliun pada tahun depan.

Kemudian jika di break down, program yang hanya memberikan makan siang gratis untuk murid TK dan SD saja, kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp186 triliun atau setara US$12 miliar. Artinya, Indonesia akan berada di peringkat kedua yang memiliki anggaran terbesar setelah Amerika Serikat (AS) yang berada di kisaran angka US$18.2 miliar, jika program Prabowo Subianto benar-benar terealisasi.

Dikutip terpisah dari Tempo.co, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menyoroti janji calon presiden Prabowo Subianto soal menggratiskan makan siang anak sekolah dan bantuan gizi ibu hamil.

"Ini adalah semacam jargon-jargon politik saja untuk memikat voters, tanpa dia mempertimbangkan kemampuan APBN," kata Nailul saat ditemui di Perpustakaan Nasional di Jakarta pada Jumat, 22 September 2023 lalu.

Baca Juga: Projo Resmi Dukung Prabowo Subianto Sebagai Capres di Pilpres 2024

Nailul mempertanyakan, program makan siang gratis itu untuk individu muridnya atau individu sekolah. Kalau untuk individu muridnya, lanjut dia, data Regsostek bisa diharapkan.

"Tapi kalau semua sekolah diberikan makan siang gratis, itu bengkaknya berapa triliun?" beber Nailul., dikutip via Tempo.co, Senin (16/10/2023).

Lebih jauh, program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto dinilai tidak efisien ketika ada pos anggaran untuk bantuan pangan non-tunai. Dengan bantuan tersebut, harusnya bisa digunakan memberikan makan siang untuk anaknya.

Jika program makan siang gratis untuk anak sekolah terealisasi, lanjut Nailul, harus ada target terukur dan cara mencapainya..

"Nah, itu yang harus dikerjakan oleh para bacapres itu. Karena publik masih menilai itu cuma janji semata," tutur dia.
Seperti diketahui, janji Prabowo memberikan makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah serta bantuan gizi ibu hamil adalah bagian dari program kampanye Prabowo yang disebut “Best Results Fast 2024 – 2029”.

Sumber: katadata.co.id | Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)