Rp 400 T? Biaya Program Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo

Senin 16 Oktober 2023, 13:12 WIB
Capres 2024 dari Gerindra di Acara Penghargaan Detik Awards | Kisaran Biaya Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto Capai Rp 400 T/Tahun (Sumber : instagram.com/@prabowo)

Capres 2024 dari Gerindra di Acara Penghargaan Detik Awards | Kisaran Biaya Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto Capai Rp 400 T/Tahun (Sumber : instagram.com/@prabowo)

SUKABUMIUPDATE.com - Prabowo Subiantor, calon presiden atau Capres dari Partai Gerindra berjanji akan memberikan makan gratis bagi anak sekolah jika dirinya terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tak hanya pelajar, Capres 2024 itu juga menyebut bakal menggelontorkan bantuan gizi untuk ibu hamil.

Akan tetapi, program Pilpres 2024 Prabowo Subianto itu menuai kontroversi dari berbagai pihak. Bukan soal tujuan memperbaiki gizi generasi bangsa Indonesia, melainkan tentang sumber anggaran program gizi yang diusung Prabowo dinilai sangat besar.

Meskipun, sejumlah penelitian sejalan dengan program makan gratis Prabowo, yakni akan berdampak positif pada masa depan.

Baca Juga: 5 Fakta Bentrok di Muntilan Antara PDIP dan GPK PPP, Magelang-Jogja Macet Total!

Lantas, berapa anggaran program Prabowo, Capres 2024 dari Gerindra soal makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil? Simak penjelasannya!

Biaya Program Makan Gratis dan Bantuan Gizi Ibu Hamil Prabowo Subianto

Prabowo Subianto, dalam agenda konsolidasi bersama Partai Bulan Bintang (PBB) di Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/9/2023) mengatakan telah mengatur strategi yang melibatkan pakar. Hal ini, merujuk katadata.co.id, terkait bagaimana program makan siang gratis dan bantuan nutrisi ibu hamil dapat direalisasikan jika Prabowo terpilih dalam Pilpres 2024.

“Saudara-saudara, kami sudah hitung matematik. Sumber-sumbernya bisa, asal mau. Mau gak berpihak kepada rakyat?” kata Prabowo dikutip via katadata.co.id, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Orang Tua yang Suka Teriak Saat Memarahi Anak

Soal anggaran program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan program itu membutuhkan anggaran Rp400 triliun per tahunnya. Rancangan anggaran didasarkan pada jumlah anak sekolah yang mencapai 44 juta, anak prasekolah sebanyak 30 juta, dan ibu hamil 77 juta.

“Apakah ada uangnya? Tim ahli kami sudah hitung, bakal ada uang itu Rp 400 triliun,” kata Hashim, Rabu (6/9/2023).

Akan tetapi, analisis katadata menilai, meski program makan gratis Prabowo berdampak positif, tetapi proyeksi kebutuhan anggaran mencapai sekitar Rp446,6 triliun tergolong sangat besar. Nilai satu program tersebut, sudah mencakup 13% anggaran belanja negara 2024 yang sebesar Rp3.325 triliun.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Kesepian Karena Tidak Memiliki Teman di Sekolah

Angka anggaran program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto, bahkan lebih besar dari anggaran infrastruktur sebesar Rp422,7 triliun, anggaran subsidi energi sebesar Rp329,9 triliun, dan anggaran kesehatan sebesar Rp186,4 triliun pada tahun depan.

Kemudian jika di break down, program yang hanya memberikan makan siang gratis untuk murid TK dan SD saja, kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp186 triliun atau setara US$12 miliar. Artinya, Indonesia akan berada di peringkat kedua yang memiliki anggaran terbesar setelah Amerika Serikat (AS) yang berada di kisaran angka US$18.2 miliar, jika program Prabowo Subianto benar-benar terealisasi.

Dikutip terpisah dari Tempo.co, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menyoroti janji calon presiden Prabowo Subianto soal menggratiskan makan siang anak sekolah dan bantuan gizi ibu hamil.

"Ini adalah semacam jargon-jargon politik saja untuk memikat voters, tanpa dia mempertimbangkan kemampuan APBN," kata Nailul saat ditemui di Perpustakaan Nasional di Jakarta pada Jumat, 22 September 2023 lalu.

Baca Juga: Projo Resmi Dukung Prabowo Subianto Sebagai Capres di Pilpres 2024

Nailul mempertanyakan, program makan siang gratis itu untuk individu muridnya atau individu sekolah. Kalau untuk individu muridnya, lanjut dia, data Regsostek bisa diharapkan.

"Tapi kalau semua sekolah diberikan makan siang gratis, itu bengkaknya berapa triliun?" beber Nailul., dikutip via Tempo.co, Senin (16/10/2023).

Lebih jauh, program makan gratis dan bantuan gizi ibu hamil Prabowo Subianto dinilai tidak efisien ketika ada pos anggaran untuk bantuan pangan non-tunai. Dengan bantuan tersebut, harusnya bisa digunakan memberikan makan siang untuk anaknya.

Jika program makan siang gratis untuk anak sekolah terealisasi, lanjut Nailul, harus ada target terukur dan cara mencapainya..

"Nah, itu yang harus dikerjakan oleh para bacapres itu. Karena publik masih menilai itu cuma janji semata," tutur dia.
Seperti diketahui, janji Prabowo memberikan makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah serta bantuan gizi ibu hamil adalah bagian dari program kampanye Prabowo yang disebut “Best Results Fast 2024 – 2029”.

Sumber: katadata.co.id | Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim
Life18 Juli 2024, 13:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Cepat Sukses

Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)