Apa Itu 8 Layanan RKH? Cari Tahu 5 Komitmen Raden Koesoemo untuk Kota Sukabumi

Sabtu 27 Januari 2024, 17:46 WIB
Program 8 layanan RKH, terobosan caleg DPRD Kota Sukabumi 2024 Raden Koesoemo Hutaripto (Sumber: istimewa)

Program 8 layanan RKH, terobosan caleg DPRD Kota Sukabumi 2024 Raden Koesoemo Hutaripto (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dari banyak calon legislatif di Kota Sukabumi Jawa Barat, satu yang cukup rajin menemui warga dan memajang program layanan untuk rakyat adalah Raden Koesoemo Hutaripto (RKH). Pengusaha muda sekaligus aktivis organisasi kepemudaan ini selalu berdoa Sukabumi bisa Sejahtera Lahir dan Batin.

Warga Kota Sukabumi mungkin sudah ada yang mengenal wajah dari pria yang satu ini, karena sebelum musim pemilu 2024, Raden Kusumo juga rajin memasang baliho atau spanduk terkait program-program Karang Taruna (Karta) Kota Sukabumi atau organisasi lain yang dilakoninya hingga saat ini.

Dia memang Ketua Karta periode 2020 hingga sekarang, sekaligus Wabendum Karta Jawa Barat periode 2023 hingga sekarang. Selain itu, Raden Koesoemo juga diberi kepercayaan sebagai Ketua Harian Pramuka Kwarcab Kota Sukabumi (2022 - sekarang), termasuk di HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Sukabumi dan Jawa Barat.

Dengan segudang pengalaman berorganisasi, pria yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Cempaka Karya berharap bisa membaktikan diri sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Sukabumi pada pemilu 2024 mendatang. Pengusaha eksportir ini menyusun sejumlah visi misi dan program kerja yang terus disosialisasikan kepada warga Kota Sukabumi.

Sesuai tagline Siap Kerja untuk Sukabumi Sejahtera Lahir Batin, menjadi visi Raden Kusumo dalam pemilu kali ini. Sedikitnya ada 5 misi untuk merealisasikan visi tersebut, mulai dari melihat mendengar dan memperjuangkan aspirasi rakyat di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, infrastruktur daerah yang berkelanjutan.

Lalu, mewujudkan perlindungan anak dan hak-hak perempuan. Poin ketiga; melakukan pembinaan dan pelatihan bagi pelaku UMKM.

Poin keempat, mendorong pemuda yang kreatif dan inovatif melalui pembinaan dan pelatihan digital. Terkahir; meningkatkan kehidupan yang harmonis dan toleran antar umat beragama.

“5 misi ini adalah hasil kajian saya bersama tim melihat masalah dan potensi yang selama ini ada di Kota Sukabumi. Sektor-sektor yang disebutkan dalam misi tersebut insyaallah bisa direalisasikan untuk sukabumi sejahtera lahir batin,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com.

Semua doa dan harapan tersebut, lanjut Raden bisa direalisasikan melalui intervensi kebijakan. Dimana kebijakan adalah rana politik sehingga harus diperjuangkan melalui partai politik, atau perwakilan daerah lewat Pemilihan Umum.

“Ini menjadi motivasi terbesar saya ikut pemilu 2024. Apa yang kita impikan untuk Sukabumi sejahtera lahir batin harus diperjuangkan dengan optimal lewat DPRD. Dan ini tidak bisa diwujudkan tanpa dukungan warga di pemilu 2024,” bebernya.

Raden Kusumo Hutaripto (RKH), caleg DPRD Kota Sukabumi 2024 nomor urut 12 dapil 1 cikole citamiang dari PDIPRaden Koesoemo Hutaripto (RKH), caleg DPRD Kota Sukabumi 2024 nomor urut 12 dapil 1 cikole citamiang dari PDIP

Tentu meraih dukungan tak bisa semudah membalikan telapak tangan, apalagi hanya dengan jualan ‘omongan’ program. Raden memilih melakukan banyak pelayanan untuk warga Kota Sukabumi dan sekitarnya jauh hari sebelum ia bergabung dengan PDIP untuk pemilu 2024 ini.

Ada 8 layanan RKH yang bisa diakses warga secara gratis. Meliputi; pertama pemuka agama gratis: dimana RKH menyediakan mubaligh gratis untuk acara warga; kedua perizinan gratis: RKH membantu pengurusan perizinan via OSS secara gratis; ketiga urus dokumen gratis: RKH membantu pengurusan KTP, LL, Akta Lahir dan kematian,

Keempat mobil jenazah: RKH menyediakan antar jemput jenazah gratis; kelima pengurusan KIS gratis: RKH membantu pembuatan KIS di RS (ketiga urgent); Keenam Antar Jemput Pasien: RKH menyediakan layanan antar jemput dari atau ke rumah sakit secara gratis; ketujuh Advokasi Sosial: RKH melayani advokasi sosial masyarakat: kedelapan Mobil Kemanusian: RKH menyediakan ambulans gratis untuk warga.

“8 layanan ini gratis dan bisa diakses warga Kota Sukabumi dan sekitarnya melalui kontak person tim di nomor 0838-1982-7933,” jelas Raden.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Sukabumi Disapu Puting Beliung, Angin Berputar Bawa Sampah

Lebih jauh ia menegaskan bahwa program ini tidak akan mengintervensi warga yang memanfaatkan untuk kepentingan dirinya, sebagai caleg DPRD Kota Sukabumi 2024 dapil 1 (Cikole dan Citamiang) nomor urut 12 dari PDIP.

“Layanan RKH tidak memaksa warga yang memanfaatkan untuk memilih atau menjadi tim saya. Ini murni komitmen sebagai warga kota sukabumi untuk saling membantu,” pungkasnya. (adv).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi20 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sehat20 Mei 2024, 14:45 WIB

7 Makanan Vegan yang Baik Untuk Kolesterol Tinggi, Turun Secara Alami

Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan vegan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengolah kadar kolesterol dan terhindar dari jantung
Ilustrasi makanan vegan yang perlu dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)
Nasional20 Mei 2024, 14:37 WIB

Caleg Nomor Urut 2 Paling Banyak Ajukan Sengketa ke MK

Masyarakat masih cenderung memilih caleg dengan nomor urut atas.
(Foto Ilustrasi) Perludem mengidentifikasi perkara sengketa pileg 2024 yang tengah bergulir di MK. | Foto: Freepik
Opini20 Mei 2024, 14:36 WIB

Salim Said dan Dua Raja Jawa

Prof. Dr. Salim Said, Guru Besar Universitas Pertahanan Republik Indonesia yang Sabtu (18/5/024) lalu wafat di Jakarta. Indonesia kehilangan seorang analis politik militer yang handal.
Prof. Dr. Salim Said | Foto : cover buku "Dari Gestapu ke Reformasi, serangkaian kesaksian"
Sehat20 Mei 2024, 14:30 WIB

5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Mencegah Serangan Penyakit Kolesterol Tinggi

Kebiasaan sehat yang sering dilakukan oleh seseorang akan membantunya tercegah dari kemungkinan terkena serangan penyakit kolesterol tinggi pada tubuhnya
Ilustrasi kebiasaan sehat yang mencegah resiko penyakit kolesterol (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Sehat20 Mei 2024, 14:15 WIB

13 Obat Asam Urat Alami untuk Meredakan Rasa Sakit dan Bengkak di Area Sendi

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat20 Mei 2024, 14:09 WIB

Bima Arya Resmi Maju Pilgub Jabar 2024, Siap Lawan Ridwan Kamil?

Mantan Walikota Bogor 2 periode, Bima Arya Sugiarto secara resmi menyerahkan formulir pendaftaran maju bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat 2024 di DPW PAN Jabar, Jum'at (17/5/2024)
Bima Arya Sugiarto dan Ace Hasan Sadzily saat bertemu di DPD Golkar Jabar | Foto : Istagram @bimaaryasugiarto
Sukabumi20 Mei 2024, 14:08 WIB

Bupati Sukabumi Bicara Teknologi dan Peradaban di Harkitnas 116

Bangsa indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.
Bupati Sukabumi dalam upacara Harkitnas 116 di Palabuhanratu (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 14:00 WIB

Tak Selalu Minum Obat, Ini 12 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dengan Cepat

Menggabungkan beberapa metode di atas dapat membantu meredakan sakit pinggang dengan cepat.
Ilustrasi. Radang Sendi |  Nyeri Cangkéng saat Shalat Tarawih? Yuk, Kenali Gejala dan Penanganan Rematik! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat20 Mei 2024, 13:45 WIB

5 Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Yuk Hindari!

Kolesterol tinggi pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak diubah secepatnya tidak hanya kolesterol saja yang dialami, tetapi bisa beresiko terkena jantung dan stroke
Ilustrasi - Kebiasaan buruk yang memicu kolesterol tinggi pada tubuh (Sumber : Pexels.com/@SHVETSproduction)