Heboh Spanduk Capres-Cawapres Dipasang Satpol PP di Sukabumi, Ini Faktanya

Senin 25 Desember 2023, 22:25 WIB
Foto Anggota Satpol PP sedang melakukan pemasangan spanduk Capre-Cawapres di Jalan Cagar Alam, Batu Sapi Palabuhanratu Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Foto Anggota Satpol PP sedang melakukan pemasangan spanduk Capre-Cawapres di Jalan Cagar Alam, Batu Sapi Palabuhanratu Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah foto dua anggota Satpol PP yang sedang memasang spanduk Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Capres dan Cawapres beredar di grup perpesanan hingga ramai dipersoalkan sejumlah pihak di Palabuhanratu Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemasangan spanduk pasangan capres cawapres itu berlangsung di pinggir Jalan Raya Nasional III, tepatnya di kawasan Cagar Alam Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (25/12/2023).

Camat Palabuhanratu Ali Iskandar kemudian buka suara terkait hal itu. Menurutnya, tindakan para personel Satpol PP itu bukan bermaksud secara sengaja memasang, melainkan sedang memindahkan spanduk.

Ia menjelaskan, mulanya spanduk itu dipasang di tempat terlarang atau tidak sesuai aturan. Pihaknya langsung yang memerintahkan anggota Satpol PP kecamatan dan kelurahan untuk memindahkan spanduk yang sebelumnya berada di kanan jalan (arah Palabuhanratu) untuk dipindahkan ke seberang jalan.

"Jadi bukan Satpol PP memasang spanduk melainkan memindahkan," ujar Ali kepada awak media.

Baca Juga: Marak APK Dipasang di Pohon Bikin Geram Pegiat Lingkungan Sukabumi

Menurut Ali, pemindahan APK itu dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pemindahan spanduk dan baliho partai di Cagar Alam Batu Sapi Palabuhanratu sudah sesuai dengan aturan yang terpampang di papan yang ada di sekitar Cagar Alam, bahwa di area tersebut dilarang berjualan dan memasang spanduk atau pun baliho," terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Syarifudin Rahmat mengaku bahwa pihaknya baru mengetahui adanya pemindahan spanduk APK yang dilakukan oleh anggota Satpol PP ini.

Meski begitu ia membenarkan bahwa memang area tersebut dilarang adanya pemasangan APK sudah sesuai dengan keputusan KPU.

"Mungkin itu oleh anggota Satpol PP Kecamatan yg dikomandoi oleh Kasi Trantib Kecamatannya dan memang sesuai dengan Keputusan KPU Kabupaten Sukabumi No. 548 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Kabupaten Sukabumi No. 547 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye," ujarnya.

Pada saat rapat pemilihan umum (Pemilu) 2024, Syarifudin menjelaskan, pemasangan APK itu tidak di perbolehkan di pasang melintang atau memotong jalan, menghalangi pandangan mata pengendara kendaraan, menghalangi atau menutup rambu-rambu lalu lintas dan menghalangi menutup taman serta pejalan kaki dan tidak dipasang di pohon.

"Jadi menurut saya itu pasti anggota Satpol PP Kecamatan memindahkan yang tidak sesuai ketentuan dengan Keputusan KPU Kabupaten Sukabumi, dengan memasang kembali atau menggeser APK. Pasti pelaksanannya juga dilaksanakan secara bersama sama dengan Forkopimcam, PPK dan Panwaslu Kecamatan,” ujarnya.

Sepengetahuan Syarifudin, spanduk tersebut sebelumnya sempat dipindahkan, namun entah bagaimana spanduk tersebut kembali ada di lokasi yang dipermasalahkan

"Jadi sebelumnya itu sudah di pindahkan, namun ada lagi, dan kebetulan spanduk pasangan presiden. Kemudian Satpol PP Kecamatan dan kelurahan sesuai intruksi melakukan pemindahan kembali sepanduk yang ada," bebernya.

"Jadi bukan Satpol PP memasang spanduk, cuma saat itu kebetulan spanduk yang di pindahkan pasangan calon presiden," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat11 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic.)
Entertainment11 Mei 2024, 10:50 WIB

Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Digelar Dengan Konsep Internasional

Rizky Febian dan Mahalini Raharja menggelar resepsi pernikahan di hari yang sama dengan mengusung konsep internasional. Resepsi ini dihadiri oleh presiden Joko Widodo
Potret Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : instagram @/ferdinan_sule)
Sukabumi11 Mei 2024, 10:42 WIB

Hampir Terlupakan, Nasib Tak Terawat Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu Sukabumi

Tugu Jangilus terlihat kumuh dan banyak rumput liar yang tumbuh di sekitarnya.
Kondisi Tugu Jangilus di Kampung Batu Sapi, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 10:12 WIB

Light Up the Dream, Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Membutuhkan

PLN berkomitmen selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kontribusi positif.
PLN Unit Layanan Pelanggan Cicurug, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi, berhasil melaksanakan program Light Up the Dream. | Foto: PLN
Entertainment11 Mei 2024, 10:00 WIB

Sudah Sah! Rizky Febian dan Mahalini Raharja Telah Resmi Menjadi Suami Istri

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja telah resmi menikah dengan mengusung adat sunda di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selata, pada Jumat, 5 Mei 2024
Potret Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : Instagram /@rizkyfbian)
Life11 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Makanan yang Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan Anak dan Penyebab Lainnya

Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak.
Ilustrasi - Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi11 Mei 2024, 09:51 WIB

Ngeri! Sampah Kembali Tutup Pantai Loji Sukabumi, Sempat Bersih Pasca Viral Pandawara

Sampah kembali muncul di Pantai Loji dan sekitarnya akibat gelombang pasang.
Kondisi sampah yang menutupi Pantai Loji dan sekitarnya di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 09:26 WIB

Ditinggal Penghuni, Rumah di Jampangtengah Sukabumi Hangus Kebakaran

Nirwana mengatakan tidak ada korban dalam kebakaran rumah ini.
Rumah Aoh (60 tahun) di Kampung Wangun RT 03/01 Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, kebakaran pada Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Life11 Mei 2024, 09:00 WIB

8 Kebiasaan Baik di Pagi Hari yang Membuat Hati Lega, Lakukan Segera!

Dengan mempraktikkan kebiasaan baik di pagi hari seperti ini, Anda dapat membantu membuat hati lega, meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, dan memulai hari dengan lebih positif dan produktif.
Ilustrasi. Orang dewasa yang sukses. Ini Kebiasaan Baik di Pagi Hari yang Membuat Hati Lega. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Sehat11 Mei 2024, 08:00 WIB

7 Tips Mengkonsumsi Minuman Purin untuk Penderita Asam Urat

Inilah Sederet Tips Mengkonsumsi Minuman Purin untuk Penderita Asam Urat. Yuk Terapkan!
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Tips Mengkonsumsi Minuman Purin untuk Penderita Asam Urat. Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich