4 Cara Atasi Sakit Kepala saat Puasa Tanpa Harus Batal

Rabu 06 April 2022, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi sebagian orang berpuasa sekira 13 jam dapat sebabkan sakit kepala, migrain hingga pusing.

Seperti yang dilansir suara.com dari Migraine Trust, penyebab sakit kepala saat puasa kebanyakan berasal dari respons tubuh yang tengah menahan lapar dan haus. 

Lalu, bagaimana cara atasi sakit kepala saat sedang puasa?

Baca Juga :

Diketahui, terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terserang sakit kepala hingga migrain saat puasa.

Seperti salah satunya kebiasaan minum kopi, teh atau minuman-minuman yang mengandung kafein hingga dehidrasi tapi jangan cemas karena sakit kepala saat puasa sebenarnya bisa diatasi. 

Mari simak tips mengatasi sakit kepala saat puasa berikut yang dikutip dari sejumlah sumber.

1. Atur Pola Makan dan MinumphotoPola makan sehat. - (obatpelangsingpinggul.com)

Demi puasa yang bebas dari sakit kepala maka atur pola makan dan minum saat berbuka maupun saat sahur dengan seksama. Untuk menjaga kecukupan cairan tubuh saat puasa, Anda harus minum delapan gelas air putih setelah berbuka hingga sahur.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air seperti semangka, pepaya, buah naga, timun, dan melon.

2. Ubah Kebiasaan Mengonsumsi KafeinphotoSalah satu zat yang bisa membantu mengobati serangan migrain adalah kafein. - (coffeegallery.la)

Kalau Anda terbiasa memulai.hari dengan asupan minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh, dapat dipastikan Anda rentan pusing saat awal berpuasa.

Oleh karena,  itu hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sesaat setelah buka puasa atau pun menjelang tidur.

Saat berpuasa sebaiknya Anda perbanyak konsumsi  air putih yang mudah diserap tubuh dan tidak merangsang pengeluaran cairan (diuretik) agar tubuh tidak gampang dehidrasi.

3. Tidur Cukup photoIlustrasi Tidur - (Freepik)

Selama bulan Ramadan, waktu tidur di malam hari dipangkas karena jadwal ibadah yang padat. Oleh karena itu Anda disarankan untuk selalu tidur tepat waktu dan hindari begadang. Jika Anda punya waktu istirahat di siang hari, maka manfaatkan untuk tidur sejenak.

4. PijatphotoIlustrasi Melakukan Pijat Wajah - (Pexels)

Jika Anda sudah mencoba segala cara untuk terhindar dari sakit kepala namun sakit kepala tak kunjung pergi maka cobalah untuk melakukan pijat di beberapa titik berikut ini:

- Third Eye : Pijat titik ini dilakukan di antara dua alis mata, tepatnya di atas bagian tulang hidung. Tekan titik ini selama beberapa menit.

- Pelipis : Pijat dua sisi pelipis secara bersamaan. Dimulai dari bagian atas telinga selebar satu jari hingga ke arah belakang kepala.

SUMBER: SUARA.COM 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram