bankbjb

Ahli Gizi: Tak Semua Orang Bisa Jalani Diet yang Sama

Jumat 25 Feb 2022, 20:45 WIB
Ahli Gizi: Tak Semua Orang Bisa Jalani Diet yang Sama

SUKABUMIUPDATE.com - Kelebihan berat badan memang membuat sebagian orang memutuskan untuk melakukan diet. Namun demikian, diet yang tidak sesuai aturan malah akan menyakiti diri sendiri. 

Melansir dari suara.com, dokter spesialis gizi klinik, dr. Cindy J. Pudjiadi, Sp.GK, mengingatkan, tak semua orang bisa menjalani diet yang sama karena harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

"Tidak bisa satu diet disamaratakan ke semua orang. Perlu dibuatkan diet yang personalized, diet yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing," kata Cindy, Jumat (25/2/2022).

Menurutnya, jika seseorang mengidap diabetes atau mengonsumsi obatan-obatan tertentu misalnya, diet dilakukan secara bertahap. 

Begitu juga dengan orang-orang yang mengalami gangguan fungsi organ tubuh seperti ginjal, maka harus banyak yang dipertimbangkan saat akan menjalani diet.

"Sedangkan untuk anak-anak, tidak diberikan obat diet. Pengaturan makan juga tidak bisa dilakukan secara drastis, biasanya bertahap. Anak-anak kalau dikasih diet langsung rendah, pasti marah, maunya ngemil terus kan karena masih dalam masa pertumbuhan," jelasnya. 

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Diet yang tidak sesuai aturan malah akan menyakiti diri sendiri. - (iStock)</span

Cindy menuturkan, pada dasarnya diet adalah pengaturan makan, bukan mengurangi makan.

"Diet itu pengaturan makan. Jadi disesuaikan dietnya mau apa. Apakah diet rendah kalori, diet diabetes, diet sakit jantung, diet kolesterol. Semuanya ada. Ibu menyusui juga bisa diet, namanya diet menyusui. Apakah ibu hamil juga bisa diet? Bisa, namanya diet hamil," tuturnya. 


Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini