Yuk Konsumsi 10 Buah Ini Untuk Menjaga Kesehatan Anda

Sabtu 05 Juni 2021, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menjaga kesehatan bisa dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan memperbaiki pola asupan makanan dengan mulai mengkonsumsi buah. 

Buah-buahan adalah makanan alami yang enak sekaligus menyehatkan. Berbagai jenis buah-buahan tidak membutuhkan waktu untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, buah-buahan bisa langsung dikonsumsi hanya dengan mencucinya terlebih dahulu saja. 

Manfaat apa saja yang terdapat dalam buah untuk kesehatan tubuh?

Aturan pola hidup sehat terletak pada cara mengatur makanan yang dikonsumsi, olahraga yang teratur dan sederet aturan lain agar tubuh bisa sehat. 

Anda disarankan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari karena memiliki kedua bahan makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. 

  • Mencegah obesitas dan menjaga berat badan tetap ideal

Mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu Anda terhindar dari penyakit obesitas. Buah-buahan memang mengandung gula, namun gula yang terkandung dalam buah merupakan gula alami yang bermanfaat bagi tubuh. 

Buah-buahan juga dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal atau bahkan mengembalikan berat badan yang berlebihan.

Cara menurunkan berat badan bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan beralih mengkonsumsi buah yang kaya serat agar pencernaan stabil. 

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, bahaya yang ditimbulkan oleh naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit stroke dan serangan jantung. 

Jaga kolesterol dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat. Buah-buahan juga mengandung antioksidan yang mampu menghambat pembentukan kolesterol jahat. 

Tidak cukup dengan hanya mengkonsumsi buah-buahan, kadar kolesterol juga harus dibarengi dengan olahraga yang cukup.  

  • Menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan hipertensi

Jika ditelaah lebih jauh, penyebab berbagai macam penyakit yang terjadi dalam tubuh disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. 

Berbagai makanan dapat menimbulkan resiko terserang penyakit jantung, kanker dan hipertensi. 

Ada banyak buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit tersebut, terutama buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sangat baik untuk mengurangi berbagai risiko penyakit tersebut.

  • Mencegah dan mengatasi masalah pencernaan

Buah-buahan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Kondisi sembelit diakibatkan oleh dehidrasi, kesalahan pola makan dan pengaruh obat-obatan. 

Dengan mengkonsumsi buah-buahan, organ pencernaan Anda akan terpenuhi seratnya hingga BAB Anda lancar. 

Di bawah ini sejumlah rekomendasi buah-buahan pilihan yang dapat menyehatkan tubuh Anda.

Baca Juga :

1. Blueberry

photoBlueberry - (Pinterest)</span

Buah Blueberry diperkaya dengan serat, Vitamin C dan K serta kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. 

Selain itu, buah berry ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti gagal jantung, Diabetes dan Alzheimer.  

Blueberry dapat membantu meningkatkan sel metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat melawan stres oksidatif dan infeksi virus akibat efek radikal bebas. 

Konsumsi buah Blueberry setiap hari, maka Anda akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

2. Alpukat

photoAlpukat - (Pinterest)</span

Buah Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan minim kalori. Lemak tak jenuh bermanfaat untuk mengikis endapan plak dalam arteri darah, menyehatkan jantung dan juga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, Alpukat juga mengandung banyak kalium, serat dan magnesium yang sangat baik untuk menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh efek radikal bebas. 

Mengkonsumsi satu buah Alpukat dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh. 

3. Buah Naga

photoBuah Naga - (Pinterest)</span

Buah cantik yang berasal dari Mexico ini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Buah Naga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, dimulai dari pembentukan jaringan, tulang, sel darah merah, kolagen serta antioksidan yang membantu sel-sel darah bekerja dalam kondisi baik. 

Manfaat lain buah naga yang dapat dirasakan tubuh adalah bisa melawan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit di masa depan.

4. Jeruk

photoJeruk - (Pinterest)</span

Buah jeruk mengandung serat, betakaroten dan tentu saja vitamin C yang sangat banyak. Jeruk memiliki manfaat sebagai antioksidan yang berguna menjaga kulit dari radikal bebas. 

5. Strawberry

photoStrawberry - (Pinterest)</span

Buah Strawberry mengandung vitamin C, asam folat dan juga potasium. Jika dibandingkan dengan buah lain. 

Strawberry memiliki angka indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh mendadak tinggi. 

Selain itu, Strawberry juga mengandung antioksidan tinggi, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes dan lainnya. 

6. Nanas

photoNanas - (Pinterest)</span

Buah Nanas mengandung bromelain atau enzim yang dikenal dapat meringankan peradangan dan membantu menyerap protein dalam tubuh. 

7. Pisang

photoPisang - (Pinterest)</span

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh sangat banyak, pisang mengandung vitamin, mineral dan potasium. Satu buah pisang mengandung potasium sekira 12 persen yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Pisang juga mengandung karbohidrat yang tinggi serta mengandung pektin yang berguna untuk meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan. 

Mengkonsumsi pisang setiap hari bahkan bagus untuk tubuh dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping.

8. Apel 

photoApel - (Pinterest)</span

Sederet nutrisi penting untuk kesehatan tubuh ada dalam buah cantik ini, seperti serat, antioksidan, vitamin C, kalium, vitamin K hingga vitamin B. 

Kandungan tersebut bermanfaat untuk untuk mencegah beberapa penyakit kronis, seperti gagal jantung, Diabetes tipe 2, Kanker dan Alzheimer. 

9. Mangga

photoMangga - (Pinterest)</span

Mangga mengandung sumber Vitamin C dan serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan. 

Mangga juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang melimpah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh efek radikal bebas. 

Buah Mangga bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat sebagai olahan, seperti jus atau bisa juga dikombinasikan dengan makanan atau minuman lain namun tidak akan mengurangi kandungan yang terdapat didalamnya. 

Dengan catatan, tidak usah menambahkan gula berlebihan agar tidak merusak cita rasa buah dan mengganggu kesehatan.

10. Pepaya

photoPepaya - (Pinterest)</span

Pepaya adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi Vitamin C serta mengandung Lycopene. 

Manfaat lycopene untuk kesehatan tubuh adalah mencegah terjadinya kanker dan penyakit jantung, menyuburkan sistem reproduksi, meningkatkan fungsi otak dan juga meringankan osteoporosis. 

Selain itu, Pepaya juga mengandung Vitamin A, kalium dan asam folat serta antioksidan yang tinggi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist