Punya Kandungan Antioksidan Tinggi, Ini Ragam Manfaat Kurma Muda

Minggu 07 Maret 2021, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Buah yang satu ini menjadi oleh-oleh apabila seseorang pulang dari menunaikan ibadan haji. Begitu juga saat ramadan, buah ini sangat mudah ditemui. Itu lah kurma. Selama ini kita kerap kali menikmati kurma yang sudah matang. Tapi ternyata kurma muda merupakan mengandung banyak manfaat. 

Banyak penelitian telah membuktikan berbagai manfaat kurma muda. Terutama dalam bidang kesehatan, kurma muda mengambil banyak peran. Buah bernama latin Phoenix dactylifera ini diperkirakan berasal dari Teluk Persia dan kini tumbuh di banyak daerah tropis dunia.

Ketahui beragam manfaat dari kurma muda berikut:

1. Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Kurma muda memiliki kandungan nutrisi yang penting dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apabila dikeringkan, kandungan kalori pada kurma lebih tinggi daripada buah kurma yang segar.

Dalam 100 gram kurma, terdapat 277 kalori. Ada pula nutrisi lain seperti 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, 2 gram protein, 20 persen kalium, 14 persen tembaga, 18 persen mangan, 15 persen zat besi, serta 12 persen vitamin B6, dan lainnya.

2. Punya konsentrasi antioksidan yang tinggi

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat sedikit. Terlepas dari kalori mereka, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat.

Dengan konsentrasi nutrisi dan vitamin yang dimiliki, tidak heran lagi kenapa kurma muda menjadi salah satu buah yang paling disukai di seluruh dunia. Selain itu, kurma juga terkenal dengan konsentrasi antioksidan yang tinggi. Di samping itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurma memiliki sifat antimutagenik dan antikarsinogenik.

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tulang yang kuat diperlukan, setidaknya untuk bertahan dari jatuh. Penderita osteoporosis lebih mungkin menderita patah tulang dan bahkan masalah lain akan muncul, akibat dari kesehatan tulang yang buruk.

Untuk menjaga tulang tetap sehat, diperlukan pasokan beberapa mikronutrien yang cukup. Nutrien tersebut berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang. Kebutuhan mikronutrien yang dibutuhkan kebanyakan terkandung dalam buah-buahan. Salah satunya ada pada buah kurma muda.

4. Bisa mencegah osteoporosis

Dikutip dari Med Life, kurma sangat kaya akan mikronutrien seperti tembaga, magnesium, selenium, mangan, dan tembaga. Manfaat kurma muda dalam hal ini adalah memastikan kesehatan dan kekuatan tulang.

Apabila menderita penyakit yang berkaitan dengan tulang, tidak ada salahnya jika menjadikan kurma sebagai salah satu suplemen untuk ditambahkan ke makanan. Selain itu, mikronutrien dalam kurma muda juga sangat efektif dalam mengobati osteoporosis.

5. Membantu Persalinan

Manfaat kurma muda juga hadir untuk kehamilan. Baik dikeringkan maupun segar, buah ini dapat meredakan persalinan jangka panjang pada wanita hamil. Manfaatnya akan didapatkan setelah mengonsumsi selama beberapa minggu. Lebih direkomendasikan pada minggu terakhir kehamilan. Tujuannya meningkatkan pelebaran serviks dan mengurangi kebutuhan induksi persalinan.

Dilansir dari laman World Today News, hal ini diperkirakan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin kemudian meniru efek dari oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan. Tak hanya itu, dengan kandungan serat yang sangat baik, manfaat kurma muda ialah mencegah sembelit saat hamil.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)