Waspada Virus Corona, 7 Benda di Kantor Ini jadi Sarang Kuman

Senin 16 Maret 2020, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian perusahaan meminta karyawannya bekerja di rumah selama pandemi virus corona baru atau COVID-19. Dilansir dari tempo.co, hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran virus yang sampai dengan Ahad, 15 Maret 2020, telah menginfeksi 157.476 orang dan menyebabkan kematian 5.845 orang di seluruh dunia. 

Namun, sebagian orang masih tetap harus bekerja di kantor. Jika Anda adalah salah satu di antaranya, tetaplah waspada menjaga kesehatan. Diperkirakan 80 persen dari semua penyakit menular menyebar melalui kontak tangan dengan permukaan yang terkontaminasi. Di tempat kerja, setiap hari kita menyentuh hal-hal yang dapat memindahkan kuman ke tubuh kita yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Ketahui benda-benda di kantor yang dapat mentransfer kuman, termasuk virus corona, untuk meminimalkan risiko infeksi. Dilansir dari Boldsky, berikut 9 di antaranya.

1. Keyboard komputer

Keyboard komputer merupakan salah satu tempat favorit kuman karena banyak orang yang makan di meja, menumpahkan makanan atau minuman yang dapat terciprat di antara tombol. Keyboard Anda harus dibersihkan setiap hari dengan lap disinfektan. Cuci tangan dengan benar dengan sabun dan air setelah menyentuh keyboard.

2. Gagang pintu

Setiap orang menggunakan kenop pintu untuk berkeliling di tempat kerja. Semakin banyak orang menyentuh kenop pintu, semakin banyak kuman yang menempel. Kuman-kuman ini dapat dengan mudah dipindahkan ke seseorang.

3. Peralatan kantor

Peralatan kantor seperti mesin fotokopi, mesin faks, dan printer disentuh banyak orang sehingga berpotensi mengumpulkan kuman dari mereka. Apalagi, alat-alat ini biasanya tak setiap hari dibersihkan. Jadi, setelah menggunakan peralatan kantor sebaiknya cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

4. Tombol lift

Dalam satu hari, ada ratusan orang menggunakan lift dan memencet tombolnya. Ini juga berpotensi memindahkan kuman. Hindari kontak tangan langsung dengan tombol lift, gunakan siku atau benda lain saat menekan tombol.

5. Telepon

Kebanyakan kantor memiliki telepon yang bisa digunakan oleh banyak karyawan. Karena itulah telepon juga berisiko memindahkan kuman. Untuk mencegah diri Anda dari penyakit, setelah Anda menggunakan telepon gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

6. Mesin pembuat kopi

Jika ada mesin pembuat kopi di kantor, pastikan selalu dibersihkan dengan benar. Jika tidak dibersihkan, bakteri cenderung tumbuh di tempat-tempat gelap dan lembap di mesin ini. Kuman dapat berpindah ke tubuh Anda ketika menyentuhnya.

7. Wastafel

Wastafel dapur di kantor Anda tidak sama dengan di rumah. Banyak karyawan mencuci mug atau kotak makan mereka di wastafel dan kadang-kadang partikel makanan dapat menumpuk dan mongering sehingga menjadi magnet bagi kuman. Jadi, pastikan wastafel sudah bersih sebelum Anda mencuci kotak makan siang Anda.

8. Microwave

Banyak karyawan menggunakan microwave untuk memanaskan makanan mereka. Setiap orang harus menyentuh pintu untuk membuka dan menutupnya sambil menyimpan makanan, lalu mengeluarkannya. Pegangan gelombang mikro ini cenderung mengandung kuman karena banyak orang menyentuhnya.

9. Toilet

Bakteri E. Coli dapat bertahan hidup di kamar mandi kantor Anda. Pegangan atau tombol flush yang digunakan untuk menyiram toilet mengandung banyak kuman karena banyak orang yang menggunakannya. Jadi, setelah menggunakan kamar mandi, pastikan selalu mencuci tangan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi