Jangan Takut Menangis, Ini 11 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin 16 September 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Banyak orang yang berusaha menahan tangis karena takut dianggap lemah. Padahal, menangis merupakan reaksi wajar yang muncul saat seseorang mengalami hal-hal emosional seperti bersedih, marah, atau bahagia.

Menangis tidak sekadar memberikan kelegaan dan menjadi ekspresi dari emosi yang dialami, tetapi juga banyak manfaat lainnya. Berikut sebelas manfaat menangis yang perlu Anda ketahui. 

1. Mengatasi stres

Mengatasi stres adalah salah satu manfaat menangis yang umum diketahui. Manfaat menangis dalam menanggulangi stres tidak hanya karena Anda akhirnya dapat meluapkan emosi yang terpendam, tetapi berkaitan dengan kinerja tubuh Anda.

Saat Anda memangis secara emosional, air mata yang keluar dapat mengatur mood atau suasana hati. Selain itu, menangis dapat melemaskan otot yang menegang karena stres dan memicu sistem saraf parasimpatetik yang menyeimbangkan kondisi tubuh.

2. Mengurangi rasa sakit

Siapa bilang menangis dalam jangka waktu yang lama tidak memberikan manfaat bagi kesehatan. Menangis dalam jangka waktu yang lama mampu mengurangi mengurangi rasa sakit secara emosional dan fisik.

Hal ini disebabkan karena menangis dapat mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin. Hormon oksitosin dapat menenangkan dan hormon endorfin membuat tubuh merasa kebas atau tidak merasakan sakit yang dialami.

3. Menyeimbangkan emosi

Riset menunjukkan bahwa manfaat menangis lainnya adalah untuk menyeimbangkan emosi. Menangis membantu tubuh untuk mengatasi emosi positif atau negatif yang kuat yang dialami.

4. Membantu bayi untuk bernapas

Selain membantu bayi tertidur, manfaat menangis lainnya adalah membantu bayi untuk bernapas sesaat setelah keluar dari rahim ibunya. Tangisan bayi yang paling pertama berfungsi membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan udara di luar.

Bayi perlu untuk beradaptasi karena sebelumnya, bayi mendapatkan oksigen dari tali pusar. Ketika bayi sudah keluar dari kandungan, maka si Kecil harus bisa bernapas dengan sendirinya.

Manfaat menangis bagi bayi juga untuk mengeluarkan cairan-cairan berlebih dari mulut, hidung, dan paru-parunya.

5. Membantu bayi tertidur

Manfaat menangis bagi bayi tidak hanya sekedar untuk mengekspresikan rasa lapar, dan kebutuhan lainnya, tetapi juga dapat membantu bayi untuk tertidur dengan lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa menangis dengan waktu sewajarnya mampu menambah jumlah waktu tidur bayi dan mengurangi tingkat bayi terbangun di malam hari. Tangisan bayi yang digunakan untuk membantu bayi tertidur juga ditemukan tidak menambah stres pada bayi ataupun mengganggu hubungan antara orangtua dan bayinya.

6. Menenangkan diri

Manfaat menangis yang juga dikenal adalah untuk menenangkan diri. Menangis mengaktivasi sistem saraf pusat parasimpatetik yang membantu tubuh untuk beristirahat. Namun, efeknya baru dapat dirasakan ketika Anda telah menangis selama beberapa menit.

7. Memperbaiki suasana hati

Jangan tahan tangisan yang ingin dikeluarkan, karena manfaat menangis dipercaya dapat meningkatkan mood. Ketika Anda sedang menangis, Anda akan menarik banyak napas yang cepat yang dapat mengatur dan menurunkan suhu otak.

Suhu otak yang lebih sejuk akan mampu membuat pikiran dan tubuh lebih baik yang akhirnya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

8. Membantu untuk mengatasi kesedihan

Rasa duka karena ditinggalkan orang-orang yang dikasihi atau kehilangan sesuatu yang berharga dapat menimbulkan rasa sedih, marah, bersalah, dan kebas. Menangis merupakan salah satu proses yang perlu dialami untuk mengatasinya.

Manfaat menangis adalah untuk membantu Anda melalui rasa kehilangan dan sedih yang dialami, tetapi apabila kesedihan yang dialami berkepanjangan dan menganggu aktivitas sehari-hari, maka konsultasikanlah ke psikolog, psikiater, atau konselor.

9. Detoksifikasi tubuh

Saat Anda menangis, air mata yang dikeluarkan berisi racun-racun dan hormon stres. Manfaat menangis diyakini mampu mengeluarkan racun-racun dan hormon stres tersebut dari dalam tubuh.

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menilik manfaat menangis dalam mendetoks tubuh,

10. Meningkatkan penglihatan

Sebenarnya setiap Anda berkedip, terdapat air mata yang disebut air mata basal, yang membantu untuk melembabkan mata dan menghindari membran mukus pada mata mengering.

Mata yang lembab akan membantu Anda untuk melihat dengan jelas, ketika membran pada mata mengering maka penglihatan akan menjadi kabur.

11. Melawan bakteri

Manfaat menangis yang tidak kalah dari manfaat-manfaat menangis lainnya adalah untuk membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata. Hal ini karena air mata mengandung cairan lysozyme.

Cairan lysozyme merupakan senyawa antibakteri yang dapat menurunkan risiko terinfeksi bakteri-bakteri yang digunakan dalam teror biokimia, seperti antraks, dan sebagainya.

Jadi, bila Anda merasakan suatu emosi tertentu yang memicu tangisan, Anda tidak perlu menahannya karena manfaat menangis lebih banyak daripada kerugiannya. Manfaatnya antara lain mengatasi stres,  mengurangi rasa sakit, menyeimbangkan emosi, menenangkan diri. Selain itu bisa memperbaiki suasana hati, membantu mengatasi rasa sedih, detoks tubuh, meningkatkan penglihatan, dan melawan bakteri.

Untuk bayi, menangis membuat bayi membantu bayi tertidur dan embantu bayi untuk bernapas pertama kali.

Namun, jika menangis dilakukan secara terus-menerus dan mengganggu kegiatan sehari-hari, maka konsultasikanlah ke psikolog, psikiater, atau konselor.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Daging Jeroan Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan?

Jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Purin adalah senyawa yang, ketika dipecah oleh tubuh, menghasilkan asam urat.
Ilustrasi. Contoh Daging Jeroan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan? (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi