Beribadah dan Berolahraga, 2 dari 4 Kunci Redakan Stres

Minggu 06 Januari 2019, 15:01 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah yang timbul secara bersama-sama, misalnya banyak tugas kantor dan urusan keluarga, akan membuat kita lebih sulit untuk mengatasi stres. Saat kita sudah tak sanggup menghadapi masalah-masalah tersebut, bisa-bisa malah fisik yang tak kuat.

Kala sudah merasa lelah dan stres karena benyaknya masalah, lebih baik mulailah melakukan tindakan pencegahan agar stres tidak memburuk. Pasalnya, jika stres yang terlalu lama dibiarkan bisa berakibat fatal untuk kesehatan mental dan fisik. Berikut ini empat hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. 

#Meditasi
Melakukan meditasi saat stres sangatlah berguna sebab dengan meditasi kita bisa melepaskan segala penat yang dimiliki agar pikiran lebih segar. Cobalah ke tempat yang tenang dan masih alami. Ambil napas yang panjang dan tutup mata serta cobalah kosongkan pikiran sejenak. Setelah beberapa saat pastinya pikiran pun akan lebih segar dan rileks sehingga kita bisa menghadapi masalah dengan tenang.

#Lakukan hal-hal yang disukai
Terus memikirkan masalah yang dihadapi memang sangat melelahkan. Itu sebabnya kita harus menjaga diri agar tidak mengalami stres berat. Kita bisa mencegah stres dengan menyisihkan waktu untuk menghibur diri sendiri. Cobalah lakukan hal-hal yang kita sukai, misalnya mendengarkan musik, pergi jalan-jalan, belanja ataupun berkumpul bareng teman.

#Olahraga
B
erolahraga secara teratur rupanya tak hanya membuat lebih sehat. Pasalnya, dengan berolahraga kita pun bisa menghilangkan stres. Saat berolahraga, tubuh pun akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat lebih tenang. Jadi saat bekerja keras menggerakkan tubuh ketika berolahraga, tak hanya keringat yang didapatkan tapi juga pikiran yang lebih tenang.

#Beribadah
Segala sesuatu yang dialami adalah sebuah rencana Tuhan. Jadi, saat mendapatkan banyak masalah tentu saja itu semua adalah cobaan dari-Nya yang harus kita terima dengan ikhlas. Tuhan pun akan memberikan ujian yang pasti bisa kita hadapi dan akan menyiapkan pelajaran berharga di balik cobaan tersebut. Jadi, agar bisa lebih tenang dan terhindar dari stres, cobalah untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Pasti setelah curhat kepada Tuhan maka rasa gelisah dan beban pikiran pun bisa sedikit teratasi.

Sumber: Tempo

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)