Heboh Suporter Tewas, Otak Primitif Pemicunya? Ini Kata Ahli Jiwa

Senin 24 September 2018, 11:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa tragis yang terjadi pada salah seorang suporter Persija, Haringga Sirilla, sebelum laga Persib Bandung melawan Persija digelar di Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 23 September 2018, menyisakan banyak tanya. Salah satunya mengapa manusia bisa melakukan tindakan sebrutal itu, sehingga membuat sang korban, meninggal?

Spesialis Kedokteran Jiwa dari Omni Hospital Dr Andri, menyebutkan bahwa hal tersebut terjadi akibat efek otak primitif yang ada pada hampir setiap orang di muka bumi ini.

Disebutkan Andri, otak primitif itu adalah otak yang sifatnya responsif. "Kalau kita dihadapkan pada situasi yang tiba-tiba, kemudian meresponnya dengan segera tanpa pikiran lebih jauh, itu adalah kerja otak primitif," katanya yang dihubungi TEMPO.CO Senin 24 September 2018 siang.

Pada dasarnya, kata Andri, semua orang memiliki otak primitif itu. "Konsep otak primitif itu ada dalam diri kita masing-masing," katanya lewat pesan elektroniknya. Nah, perkembangan otak itu sendiri kemudian tergantung pada masing-masing kepribadian seseorang. "Apakah otaknya berkembang pada tingkat yang lebih tinggi lagi atau tidak? Fungsi otak yang lebih tinggi adalah sifatnya yang mengerjakan fungsi eksekutif. Yaitu fungsi yang melakukan penalaran, menganalisis. Jadi bukan yang sifatnya tiba-tiba merespon tanpa pikir panjang lagi," ujar Andri.

Pada otak yang tidak primitif atau otak modern, di mana rasionalitas yang dipakai, maka efek brutal yang terjadi pada Haringga Sirilla tidak akan terjadi. "Dengan otak rasional, mereka pasti akan berpikir bahwa apa yang dilakukannya akan merugikan orang lain, akan melanggar norma sosial, akan melanggar hukum. Sebaliknya jika otak primitif yang dipakai, maka semua akan dianggap sebagai pembenaran," katanya panjang lebar.

Menurut Andri, seorang yang sudah dewasa pun, masih banyak yang mengandalkan otak primitifnya. "Mereka ini yang gampang tersulut, gampang menyebarkan sesuatu berita, tanpa pikir panjang lagi," katanya menjelaskan

Mereka yang dewasa dan berpendidikan, harusnya otaknya berkembang dengan baik. Orang dewasa itu harusnya menggunakan pikiran yang rasional. sehingga bisa melihat sesuatu yang benar, bijak, tidak mengandalkan emosi sesaat.

Bagaimana kita meninggalkan otak primitif? Andri menyebutkan 3 hal penting. 
1. Membaca berbagai sumber bacaan, menerima dari berbagai sudut pandang, jadi prespektif semakin luas, sehingga jika ada sesuatu hal bisa menanggapi dengan lebih bijak, tidak emosi duluan.
2. Belajar mengendalikan emosi, misalnya dengan relaksasi, meditasi. Dengan cara itu kita bisa mengembangkan dasar dari pikiran-pikiran dengan lebih baik.
3. Terus belajar tentang sesuatu hal, karena proses pembelajaran itu penting, sehingga otak modern bisa digunakan dalam kehidupan seseharinya, sehingga tidak lagi ada peristiwa brutal seperti yang terjadi pada Haringga Sirilla itu.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)