Intip Aksi Cepat Tenaga Medis Tangani Atlet

Minggu 26 Agustus 2018, 02:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tenaga Medis Asian Games 2018 menuai apresiasi, karena siap sedia bertindak cepat dalam memberikan pertolongan pertama kepada atlet yang cedera atau mengalami kecelakaan.

Manajer Pertandingan Cabang Olahraga Palarayang, Wahyu Yudha, di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, di cabang olahraga Paralayang juga memiliki Tim Rescue dan Tim Medis yang beegerak cepat dalam memberikan pertolongan pertama kepada atlet. Cabang olahraga Paralayang sudah menyiakan tim medis dan tim resque sejak hari pertama pertandingan hingga hari akhir," katanya Sabtu 25 Agustus 2018

Kemampuan tim resque (penyelamatan) dan tim medis yang cepat dan sigap dalam memberikan pertolongan pertama kepada atlet Afganistan dan China yang mengalami cidera usai melakukan pertandingan pada tanggal 22 Agustus 2018 lalu.

Atlet Afganistan, Lida Hozoori mengalami 'stall' atau kehilangan daya angkut parasut saat laga final nomor Ketepatan Mendarat. Stall terjadi ketika atlet kebanyakan 'break' atau mengerem, saat hendak mendarat, sehingga payung atau parasut yang digunakan mengalami stall.

Ketika payung kehilangan daya angkutnya, menyebabkan pendaratan secara keras, atlet Afganistan terjatuh dari ketinggian kurang lebih 10 meter."Lida mengalami fraktur sehingga harus dirujuk ke RSPAD," katanya.

Evakuasi atlet Afganistan dilakukan secara cepat menggunakan helikopter Basarnas, hal ini berdasarkan pertimbangan tim medis, memilih untuk merujuk ke RSPAD.

Nava Wei Wang juga mengalami kejadian serupa, yakni payugnya atau parasutnya kehilangan daya angkit, akibat kebanyakan mengerem. "Atlet China sudah dibawa ke negaranya untuk dilakukan operasi,"

Wahyu mengatakan, tim medis dean rescue Paralayang yang ditugaskan selama Asian Games telah menerapkan standar yang baik dalam reaksi cepat pertolongan sejak hari pertama.

Tugas tim reshcue adalah melakukan evakuasi tehadap atlet yang mengalami kecelakaan. Ia mengatakan, pada nomor Lintas Alam, atlet bisa mendarat di mana saja, sehingga tim medis di sebar kesejumlah arena.

Khusus paralayang merupakan cabang olahraga ekstrim yang punya resiko tinggi mengalami kecelakaan. Sehingga panitia telah menyiapakan tim medis dan tim rescue untuk memberikan pertolongan pertama kecelakaan.

"Kita punya tim rescue dan medis yang kuat di cabang olahraga. Tim bekerja secara cepat dan sigap, terbukti saat evakuasi menggunakan helikopter," katanya.

Pelayanan kesehatan oleh tim medis dari Jawa Barat dan Kemeterian kesehatan, selain itu Tim rescue melibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) serta relawan dari panitia. Total ada sekitar 70 orang petugas.

Wahyu mengatakan helikopter Basarnas akan disiagakan terus di arena Paralayang, sampai pertandingan berakhir. "Keberadaan tim medis dan rescue ini wajib dan mandatori, khususnya di Asian Games," katanya.

Wahyu menambahkan, penanganan pertama pada kecelakaan yang begitu cepat dan sigap dilakukan tim medis kepada atlet, memudahkan pemulihan bagi pada atlet yang mengalami kecelakaan.

"Karena tindakan yang dilakukan tenaga medis, menyelamatkan mental atlet terlebih dahulu, seperti saat jatuh, atlet shock,bisa menyebabkan pingsan, dan denyut nadi rendah, dilakukan penanganan pertama dulu yang dilakukan dengan cepat," kata Wahyu.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Entertainment20 Mei 2024, 16:15 WIB

Ruben Onsu Drop Usai Manggung di Majalengka, Begini Kondisinya Sekarang

Artis Ruben Onsu dikabarkan jatuh pingsan usai manggung di sebuah acara di Majalengka.
Artis Ruben Onsu dikabarkan jatuh pingsan usai manggung di sebuah acara di Majalengka. (Sumber : Instagram @ruben_onsu)
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 16:02 WIB

DPRD Sukabumi Serukan Momen Harkitnas 2024 Jadi Semangat Kebangkitan untuk Membangun

Di momen Harkitnas dapat menjadi inspirasi kita dalam mengisi kemerdekaan dengan baik dan melakukan pembangunan yang tepat sasaran.
Logo Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas ke-116) | Foto : Ist
Sehat20 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Aktivitas Ringan yang Perlahan Bisa Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Dengan menggabungkan aktivitas fisik ringan dengan pola makan sehat dan perawatan medis yang tepat, Anda dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi. Rutin Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan (Sumber : pixabay.com)
Life20 Mei 2024, 15:45 WIB

4 Cara Mengatasi Anak Super Aktif, Salah Satunya Mendorong Aktivitas Fisik

Anak-anak yang memiliki energi tinggi cenderung akan lebih aktif dibanding anak lainnya. Namun jangan khawatir, hal tersebut justru baik untuk perkembangan si kecil selama dalam pola asuh
Ilustrasi anak super aktif yang sedang bermain (Sumber : Pexels.com/@ChrisG)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 15:39 WIB

Ayep Zaki Dukung Penuh Eksistensi HIMASI Sukabumi

Bakal calon walikota/wakil walikota Sukabumi, Ayep Zaki menyampaikan komitmennya untuk membangun masa depan yang lebih baik. Menurutnya masa depan Kota Sukabumi ditentukan oleh generasi yang akan datang.
Pengurus HIMASI dan H Ayep Zaki (Bakal Calon Walikkota/Wakil Walikota Sukabumi | Foto : Dok. Ayep Zaki
Life20 Mei 2024, 15:30 WIB

10 Tips Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyesakkan Hati

Dengan menerapkan tips-tips sabar, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk tetap sabar dan kuat saat menghadapi cobaan hidup yang menyesakkan hati.
Ilustrasi. Tips Agar Tetap Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyakitkan (Sumber : Pexels/CupOfCouple)
Life20 Mei 2024, 15:15 WIB

Waspada! Inilah 5 Gejala Utama Stroke, Periksakan Sebelum Parah

Ada beberapa gejala stroke ringan yang perlu diwaspadai begitu terasa agar tidak menjadi stroke berat yang akan membahayakan diri. Sebaiknya, diwaspadai kalau terasa
Ilustrasi seseorang yang terkena salah satu dari 5 gejala utama stroke ringan (Sumber : Freepik/@lifestylememory)
Inspirasi20 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sehat20 Mei 2024, 14:45 WIB

7 Makanan Vegan yang Baik Untuk Kolesterol Tinggi, Turun Secara Alami

Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan vegan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengolah kadar kolesterol dan terhindar dari jantung
Ilustrasi makanan vegan yang perlu dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)
Nasional20 Mei 2024, 14:37 WIB

Caleg Nomor Urut 2 Paling Banyak Ajukan Sengketa ke MK

Masyarakat masih cenderung memilih caleg dengan nomor urut atas.
(Foto Ilustrasi) Perludem mengidentifikasi perkara sengketa pileg 2024 yang tengah bergulir di MK. | Foto: Freepik