Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengkonsumsi Makanan Manis? Simak Alasan dan Rekomendasinya

Kamis 20 Juni 2024, 09:45 WIB
Ilustrasi makanan manis yang aman bagi penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@ValeriaBoltneva)

Ilustrasi makanan manis yang aman bagi penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@ValeriaBoltneva)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita diabetes dianjurkan untuk selalu menjaga pola makan agar kadar glukosa dalam tubuhnya tidak melonjak melebihi batas normal yang ditetapkan.

Pemilihan makanan, termasuk makanan manis untuk penderita diabetes perlu dilakukan cukup ketat agar tidak memperparah kondisi hingga menyebabkan gangguan fungsi organ penting dalam tubuh.

Umumnya, kadar gula darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Namun pada diabetesi, organ tersebut tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Apabila kadar gula darah tidak terkendali dengan baik, maka penyakit gula ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya.

Lalu, apakah penderita diabetes boleh mengkonsumsi makanan manis dan jenis seperti apa yang direkomendasikan? Yuk, simak ulasannya, merujuk pada laman siloamhospitals:

1. Karbohidrat

Meskipun diperlukan oleh tubuh, namun penderita diabetes perlu memperhatikan karbohidrat apa saja yang baik dan tidak baik untuk tubuhnya.

Ada baiknya, diabetesi menghindari konsumsi nasi putih, roti putih, dan pasta. Sebagai gantinya bisa pilih beras merah, beras basmati, atau ubi jalar yang dipanggang.

2. Hindari Lemak Trans

Jenis lemak ini merupakan yang terburuk untuk dikonsumsi, terutama bagi penderita diabetes, karena dapat meningkatkan “kolesterol jahat” pada tubuh yang mengakibatkan risiko tinggi terhadap diabetes tipe 2, serta meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Lemak jenis ini biasanya terdapat pada margarin, selai, krim, dan frozen food. Penderita diabetes bisa menggantinya dengan makanan mengandung lemak yang baik (lemak tidak jenuh), dari buah, sayuran, gandum utuh, produk susu rendah lemak, ikan, hingga kacang-kacangan.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

3. Hindari Garam Berlebihan

Penderita diabetes perlu memperhatikan konsumsi sodium karena makanan tinggi zat ini bisa menyebabkan terjadi hipertensi yang sangat berbahaya.

Hindarilah makanan seperti daging olahan, sup kalengan, gorengan, dan makanan cepat saji. Sebaiknya penderita diabetes mengganti bahan makanan dengan memilih dada ayam tanpa lemak, daging rebus, ikan panggang, kacang-kacangan, telur, dan tahu kukus atau rebus.

4. Pilih Camilan Sehat

Makanan ringan dalam kemasan mengandung tepung olahan, kadar gula tinggi, dan kalori lebih banyak. Penderita diabetes boleh konsumsi camilan dengan indeks glikemik tinggi, seperti kacang-kacangan atau beberapa sayuran rendah karbohidrat.

5. Hindari Minuman Manis

Hindari minuman manis seperti jus buah yang sudah tercampur gula, minuman kemasan, teh manis, dan buah-buahan kalengan. Sebagai gantinya, penderita diabetes dapat menikmati jus, teh tanpa gula, kopi susu rendah lemak, air putih dengan irisan lemon, dan buah segar.

Baca Juga: 5 Aturan Makan Nasi Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

6. Produk Susu

Diabetesi wajib memilih produk susu yang tepat berupa kadar lemak jenuh, karbohidrat, dan gula yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya hindari mengkonsumsi yoghurt rasa buah, susu full cream, dan keju.

Sebagai gantinya, bisa pilih produk susu lain, seperti skimmed milk, yoghurt plain, dan keju rendah lemak.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang