4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Kamis 13 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda baru saja didiagnosis menderita pradiabetes, Anda mungkin memiliki sejuta pertanyaan di benak Anda. Apa yang harus saya lakukan? Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kesehatan saya? Apakah pradiabetes sama dengan diabetes? Akankah hidupku akan berubah drastis?

Namun diagnosis pradiabetes bukan akhir segalanya dan tidak seharusnya menjadi alasan Anda untuk panik. Sebaliknya, anggaplah ini sebagai kesempatan untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat.

Meskipun pradiabetes adalah suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan kadar gula darah yang selalu berada di atas rata-rata, risiko diabetes tetap meningkat. Mengambil langkah-langkah tepat akan membantu Anda menjalani dan mengelolanya dengan baik.

Dalam studi Journal of Internal Medicine menemukan bahwa langkah tepat mungkin membantu untuk kembali ke tingkat gula darah normal dengan pengelolaan berat badan dan pengendalian tekanan darah yang efektif.

Dihimpun dari laman nutritionnews, berikut empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda setelah diagnosis pradiabetes.

1. Sesuaikan Pola Makan Anda untuk Pengelolaan Gula Darah yang Lebih Baik

Kadar gula darah puasa atau setelah makan antara 100 dan 125 mg/dl dianggap pradiabetes, sedangkan kadar gula dibawah 100 mg/dl dianggap sehat bagi kebanyakan orang dewasa, menurut American Diabetes Association (ADA).

Mengubah pola makan dan menjaga berat badan yang sehat adalah cara paling efektif untuk menurunkan gula darah dan menjaganya pada tingkat yang sehat.

Perubahan kecil, seperti meningkatkan asupan buah-buahan kaya serat dan sayuran non-tepung telah terbukti efektif menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Seorang profesional kesehatan, seperti ahli diet, dapat membantu Anda membuat rencana makanan yang mencakup sumber nutrisi utama ini.

Sementara itu, berikut beberapa strategi makan sehat yang bisa Anda mulai terapkan hari ini:

Kontrol Porsi Makan: Memilih ukuran porsi yang tepat adalah kunci untuk mengelola gula darah Anda. ADA telah menciptakan alat sederhana yang disebut Create Your Plate untuk membantu penderita diabetes atau pradiabetes membuat makanan seimbang dengan porsi yang tepat. Pada piring berukuran 9 inci, Anda perlu mengisi 25% dengan protein, 25% dengan biji-bijian dan pati, dan 50% sisanya dengan sayuran non-tepung.

Camilan sehat: Saat memilih camilan, pilihlah camilan yang rendah gula, natrium, dan lemak tidak sehat untuk menghindari lonjakan gula darah dan penambahan berat badan. Pilihan camilan sehat seperti produk susu kaya protein, buah-buahan seperti apel atau blueberry, sayuran, atau seporsi kecil kacang-kacangan adalah pilihan yang baik.

Rencanakan Persiapan dengan Lebih Baik: Bagi mereka yang memiliki gaya hidup sibuk, merencanakan dan menyiapkan camilan atau produk nutrisi saat bepergian adalah kuncinya.

2. Mulai Jalani Gaya Hidup Sehat dan Bahagia

Faktor gaya hidup tertentu seperti stres, minum minuman beralkohol, dan merokok, adalah beberapa di antaranya dapat mempersulit menjaga kadar gula darah yang sehat. Meskipun mengurangi stres seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri dan mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya.

Latihan yang penuh perhatian seperti yoga dan tai chi adalah cara yang bagus untuk Anda, sekaligus mendapatkan kebugaran yang sehat.

Membatasi konsumsi alkohol hingga satu gelas per hari dan berhenti merokok juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Jadi daripada bersantai setelah seharian bekerja sambil minum bir, cobalah berjalan-jalan, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, atau mungkin membaca buku adalah pilihan tepat.

3. Gabungkan Olahraga ke dalam Rutinitas Normal Anda

Tidak ada keraguan bahwa olahraga itu baik untuk semua orang, tetapi bagi mereka yang menderita pradiabetes, olahraga adalah komponen pengobatan yang penting. Saat aktivitas fisik, tubuh akan menggunakan kelebihan gula dalam darah sebagai energi untuk disalurkan ke dalam sel dan otot.

Jadi, alih-alih gula ini berdiam diri dan berubah menjadi lemak, gula justru dibakar dan dimanfaatkan dengan baik melalui olahraga.

Menurut sebuah studi oleh ADA , penderita diabetes yang berolahraga secukupnya selama 30 menit, tiga hingga empat kali seminggu, mempertahankan kadar gula darah yang sehat selama hampir tiga jam lebih lama setiap hari dibandingkan kelompok yang tidak berolahraga.

Efek gula darah tinggi bisa berupa mual, sesak napas, dan akhirnya berkembang menjadi diabetes tipe 2. Melalui aktivitas fisik saja, kelompok ini mengurangi paparan mereka terhadap risiko-risiko tersebut.

Penting untuk diperhatikan bahwa jika Anda memulai rutinitas olahraga untuk pertama kalinya, sebaiknya tingkatkan secara bertahap hingga 30 menit sehari yang disarankan. Jadi, mulailah dari yang kecil, dan bagi menjadi beberapa bagian jika diperlukan tiga kali berjalan kaki selama sepuluh menit bisa jadi tidak terlalu menakutkan dibandingkan satu kali berjalan jauh.

4. Anda Tidak Sendiri dan Ini Bukan Akhir dari Segalanya

Memperkirakan bahwa 84 juta orang dewasa Amerika dan lebih dari 1 dari 3 orang telah menderita pradiabetes. Dari mereka yang menderita pradiabetes, 90% tidak mengetahui bahwa mereka menderita pradiabetes.

Diagnosis pradiabetes tidak harus mengubah dunia Anda menjadi terbalik. Meskipun merasa sedikit sedih saat menghadapi sesuatu yang baru adalah hal yang wajar, melakukan langkah-langkah diatas dapat meningkatkan peluang Anda untuk menghindari diabetes tipe 2 sepenuhnya. Melakukan beberapa perubahan sederhana sekarang dapat menghasilkan kesehatan yang lebih baik seumur hidup.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)