Tantangan di Balik Piring: Memahami 9 Alergi Makanan yang Paling Umum Terjadi

Selasa 07 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi Kerang - Gejala alergi makanan berkisar dari yang ringan dan nyaman hingga yang mengancam jiwa. | Foto: Instagram/@enak_makan12

Ilustrasi Kerang - Gejala alergi makanan berkisar dari yang ringan dan nyaman hingga yang mengancam jiwa. | Foto: Instagram/@enak_makan12

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak sekali makanan yang dapat menyebabkan alergi, namun ada beberapa makanan yang lebih umum dibandingkan makanan lainnya. Hampir 90% dari semua alergi makanan serius berhubungan dengan protein (alergen).

Makanan-makanan ini sering kali merupakan bahan baku dalam makanan lain, jadi menghindarinya memerlukan ketekunan, kesabaran termasuk membaca label dengan cermat.

Dihimpun dari laman verywellhealth, berikut ini apa saja yang perlu Anda ketahui tentang alergi makanan yang paling umum.

Gejala Alergi Makanan

Gejala alergi makanan dapat berkisar dari ruam ringan hingga reaksi parah yang mengancam jiwa yang disebut anafilaksis. Beberapa alergi makanan biasanya sudah sembuh, sementara yang lain biasanya bertahan seumur hidup.

Gejala dapat bervariasi dari orang ke orang dan, dalam beberapa kasus, dari episode ke episode pada individu yang sama. Sekalipun Anda mengalami reaksi alergi ringan pada kali pertama, reaksi berikutnya bisa menjadi parah atau mengancam jiwa.

Gejala cenderung mulai muncul beberapa menit hingga satu jam atau lebih setelah Anda makan makanan yang membuat Anda alergi.

Gejala alergi makanan yang paling umum meliputi:

  • Bengkak dan gatal pada bibir dan mulut
  • Sesak di tenggorokan atau suara serak
  • Mual dan muntah
  • Diare dan kram
  • Gatal, timbul benjolan (gatal-gatal)
  • Pembengkakan kulit
  • Kulit yang gatal

Alergi Makanan yang Paling Umum

1. Susu Sapi


Saat Anda memiliki alergi susu, sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap protein dalam susu. Kondisi ini berbeda dengan intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan mencerna gula laktosa dengan baik.

Alergi susu merupakan alergi makanan yang paling umum terjadi pada anak-anak. Sekitar 20% anak-anak Amerika yang memiliki alergi makanan alergi terhadap susu, dan hampir sepertiga dari mereka pernah mengalami reaksi alergi parah terhadap susu.

2. Telur

Orang yang alergi telur dipicu oleh protein yang ada di dalam telur. Anda bisa alergi terhadap putih telur, kuning telur, atau keduanya. Para ahli menyarankan untuk menghindari telur utuh bila Anda memiliki alergi.

Sekitar 2,5% dari seluruh anak memiliki alergi telur, menjadikannya alergi makanan paling umum kedua pada anak-anak. Diagnosis biasanya terjadi sebelum usia dua tahun. Sekitar setengah dari anak-anak ini akan mengatasi alerginya pada usia 5 tahun, dan sebagian besar akan mengatasi alergi tersebut pada usia remaja.

3. Kacang kacangan

Alergi kacang sering dianggap sebagai alergi yang mengancam jiwa karena tingkat anafilaksis lebih tinggi dibandingkan alergi susu, telur, atau gandum. Kacang tanah merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan, yang meliputi kedelai, kacang polong, lentil, dan buncis.

Protein dalam kacang tanah mirip dengan kacang pohon, jadi jika Anda memiliki alergi kacang tanah, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami alergi kacang pohon dan sebaliknya.

Alergi kacang tanah bukan berarti Anda alergi terhadap kacang-kacangan lain seperti kedelai, kacang polong, dan lentil. Namun, alergi terhadap lupin (kacang-kacangan lainnya) dapat terjadi pada mereka yang alergi kacang.

4. Kedelai

Orang yang alergi terhadap kedelai mempunyai reaksi terhadap protein yang terdapat dalam kedelai. Reaksi alergi biasanya ringan, tetapi seperti halnya alergi makanan lainnya, reaksi alergi mungkin saja parah dan mengancam jiwa.

Kedelai adalah alergi makanan yang umum terjadi pada anak-anak, tetapi tidak begitu terjadi pada remaja dan orang dewasa. Sekitar 0,4% anak-anak alergi terhadap kedelai . Diperkirakan 50% anak-anak dapat mengatasi alergi kedelai setelah satu tahun, dan sebagian besar akan sembuh pada usia 10 tahun.

5. Gandum

Alergi gandum disebabkan oleh reaksi alergi terhadap protein gandum. Alergi gandum umum terjadi pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Sekitar 0,4% anak-anak di AS alergi terhadap gandum. Dua pertiga anak-anak akan mengatasi alergi gandum pada usia 12 tahun.

6. Kacang Pohon

Kacang pohon mencakup berbagai macam kacang, termasuk:

  • kenari
  • kacang mete
  • Kacang pistachio
  • Kacang hazel
  • kacang almond

Jika Anda alergi terhadap satu kacang pohon, kemungkinan besar Anda alergi terhadap lebih dari satu kacang pohon. Risiko reaksi anafilaksis terhadap kacang pohon lebih tinggi dibandingkan susu, telur, atau gandum.

Sekitar 0,8% anak-anak dan 0,6% orang dewasa memiliki alergi kacang pohon. Bagi penderita alergi kacang, sekitar 25% hingga 40% juga memiliki alergi kacang pohon.

Alergi kacang pohon dapat muncul pertama kali pada anak-anak dan orang dewasa. Biasanya ini merupakan alergi seumur hidup, tetapi sekitar 9% anak-anak dengan alergi kacang pohon dapat mengatasinya.

7. Ikan

Jika Anda memiliki alergi ikan, Anda alergi terhadap protein yang terdapat pada ikan bersirip, seperti tuna, halibut, dan salmon. Alergi ikan berbeda dengan alergi kerang , jadi Anda mungkin mengidap salah satunya, tetapi tidak yang lain.

Reaksi alergi biasanya disebabkan oleh makan ikan, namun beberapa orang juga merasakan gejalanya setelah menyentuhnya atau menghirup uapnya saat ikan sedang dimasak.

Sekitar 0,2% anak-anak dan 0,5% orang dewasa memiliki alergi ikan. Meskipun dapat berkembang pada masa kanak-kanak, penyakit ini juga dapat terjadi pertama kali pada masa dewasa.

8. Kerang

Ada dua jenis kerang: krustasea (udang, kepiting, dan lobster) dan moluska (kerang, tiram, remis, dan kerang). Reaksi alergi biasanya disebabkan oleh kerang krustasea dan cenderung parah.

Reaksi tersebut biasanya disebabkan karena memakan kerang, namun bisa juga disebabkan oleh sentuhan atau menghirup uap dari proses memasak kerang.

Alergi kerang lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak-anak, dan sekitar 60% mengalami reaksi pertama saat dewasa. Sekitar 2% orang dewasa melaporkan alergi terhadap kerang krustasea. Sekali Anda memiliki alergi kerang, hal itu cenderung berlangsung seumur hidup.

9. Wijen

Sekitar 17% anak-anak dengan alergi makanan alergi terhadap wijen, dan hanya 20% hingga 30% anak-anak yang dapat mengatasi alergi wijennya. Seperti alergen utama lainnya, ketika seseorang alergi terhadap wijen, mereka juga alergi terhadap protein dalam wijen yang memicu reaksi kekebalan.

Wijen adalah bahan utama dalam banyak masakan internasional, seperti makanan Cina, Jepang, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika. Biasanya digunakan untuk menambah rasa, baik sebagai topping atau sebagai minyak goreng yang diperas dingin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 22:26 WIB

Bapenda Sukabumi Terima Kunker DPRD Kota, Bagikan Kiat dalam Optimalisasi PAD

Konsultasi terkait optimalisasi PAD, Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker Komisi II DPRD Kota Sukabumi.
Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker rombongan Komisi II DPRD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 21:16 WIB

Meninggal saat Ngojek, Cerita Pilu Istri Hendi Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

Istri Hendi, korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi ungkap cerita pilu detik-detik sebelum suaminya tewas terlindas mobil.
Tangkapan layar video saat Hendi (35 tahun) dievakuasi warga. Hendi meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life19 Mei 2024, 21:00 WIB

13 Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia

Begini Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia. Segera Lakukan!
Ilustrasi. Berpikir | Cara Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking  (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Berikut bacaan doa memohon kebahagiaan hidup kepada Allah SWT yang bisa diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production)