Semangka: Nutrisi dan 5 Manfaat yang Mengejutkan Bagi Kesehatan Manusia

Senin 01 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Semangka memiliki segudang manfaat apabila dikonsumsi oleh manusia. (Sumber : pexels.com/@Jill Wellington).

Ilustrasi - Semangka memiliki segudang manfaat apabila dikonsumsi oleh manusia. (Sumber : pexels.com/@Jill Wellington).

SUKABUMIUPDATE.com - Semangka adalah buah yang besar, bulat, lonjong dengan kulit hijau dan daging berair berwarna merah atau merah muda. Rasanya manis dan mungkin berbiji atau tidak, tergantung varietasnya.

Berkat kandungan airnya yang tinggi dan banyaknya nutrisi yang meningkatkan kesehatan, semangka tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga dapat mendukung pemeliharaan berat badan, kesehatan mata, dan pemulihan otot.

Nutrisi Semangka

Satu porsi 1 cangkir semangka potong dadu memiliki profil nutrisi berikut dalam gram (g), miligram (mg), mikrogram (mcg), atau persen Nilai Harian (% DV yang direkomendasikan):

  • Kalori : 46
  • Protein : 0,9 gram
  • Lemak : 0,2 gram
  • Karbohidrat : 11,5 gram
  • Serat : 0,6 gram
  • Gula : 9,4 gram
  • Vitamin C : 12,5 mg: 14% DV
  • Vitamin A : 43 mcg: 5% DV

Semangka kaya akan vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh, penyembuhan luka, serta pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Semangka merupakan sumber likopen alami yang dikenal berpotensi mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung. Ini juga merupakan sumber citrulline , yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan bermanfaat bagi kinerja olahraga.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Semangka meningkatkan hidrasi dan dapat mendukung pemeliharaan berat badan, kesehatan mata, nyeri otot, dan banyak lagi.

1. Membuat Anda Terhidrasi

Tubuh Anda menggunakan air untuk membuang limbah, melumasi sendi, dan menjaga suhu. Jika terlalu banyak cairan yang hilang dan tidak diambil kembali, dehidrasi dapat terjadi, menyebabkan gejala seperti kelelahan, pusing, mulut kering, dan kebingungan. 8

Semangka mengandung 91% air, menjadikannya makanan yang baik untuk membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Bagus untuk Mempertahankan Berat Badan

Dengan kandungan air yang tinggi dan kepadatan kalori yang rendah, semangka dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pengelolaan berat badan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi semangka setiap hari dapat meningkatkan rasa kenyang dibandingkan camilan kue rendah lemak hingga 90 menit setelah dikonsumsi. Semangka juga sangat baik untuk perbaikan pada faktor risiko penyakit jantung berikut:

  • Tekanan darah
  • Trigliserida (sejenis lemak dalam darah)
  • Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) (kolesterol jahat)
  • Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) (kolesterol baik)

3. Mendukung Kesehatan Mata

Semangka merupakan sumber vitamin C yang baik. Studi observasional menemukan bahwa vitamin C yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko katarak (ketika lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh).

Vitamin A dalam semangka juga penting untuk perkembangan mata yang sehat terutama kesehatan retina, penglihatan dalam cahaya redup, dan penglihatan warna.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C telah lama dikenal untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang tidak mencukupi dapat menyebabkan gangguan kekebalan dan risiko infeksi yang lebih tinggi. Citrulline dalam semangka memiliki potensi peran antioksidan dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dalam tubuh kita.

5. Meredakan Nyeri Otot

Citrulline dalam semangka bisa meningkatkan produksi oksida nitrat dan mengurangi kadar amonia. Oksida nitrat meningkatkan aliran darah, meningkatkan pengiriman oksigen ke otot. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot setelah latihan. Kadar amonia yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan otot dan penumpukan laktat, yang mengakibatkan nyeri otot.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, peserta dalam satu penelitian kecil menemukan peningkatan dalam pemulihan detak jantung dan nyeri otot 24 jam setelah mengonsumsi jus semangka alami.

6. Membantu Kesehatan Kulit

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat menunjang kesehatan kulit. Vitamin C penting untuk memproduksi kolagen, protein yang menjaga persendian Anda tetap sehat dan kulit Anda montok dan kencang. Likopen juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet (UV) matahari.

7. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan air yang tinggi pada semangka dan sedikit serat membuatnya berpotensi bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Air sangat penting untuk pencernaan karena menjaga makanan tetap bergerak melalui usus dan membantu memecah makanan sehingga tubuh Anda dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkannya.

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang penting untuk mencegah sembelit dan menjaga Anda tetap teratur. Ini membantu membersihkan bakteri dan penumpukan lainnya di saluran pencernaan Anda untuk meningkatkan kesehatan usus.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update