Mengenail Gamaphobia: Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen dengan Seseorang

Kamis 28 Maret 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)

Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)

SUKABUMI UPDATE.com - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan.

Orang yang menderita gamaphobia cenderung merasa cemas, gelisah, atau bahkan panik saat mereka berada dalam situasi yang terkait dengan pernikahan, seperti menghadiri pernikahan, berbicara tentang pernikahan, atau memikirkan tentang pernikahan mereka sendiri.

Fobia ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengalaman traumatis masa lalu yang terkait dengan pernikahan, kecemasan sosial, tekanan budaya atau keluarga yang kuat terkait dengan pernikahan, atau ketakutan akan komitmen jangka panjang.

Seperti semua fobia lainnya, gamaphobia dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan dapat membatasi aktivitas sosial dan hubungan personal.

Jika seseorang mengalami gamaphobia yang signifikan dan mengganggu, penting untuk mencari bantuan profesional seperti psikolog atau terapis yang terlatih dalam pengobatan fobia. Dengan terapi yang tepat, seperti terapi perilaku kognitif, phobia ini dapat diatasi dan dikelola dengan baik.

Gamaphobia, atau ketakutan terhadap pernikahan, dapat ditandai dengan beberapa ciri-ciri berikut:

1. Ketakutan yang Berlebihan

Orang yang mengalami gamaphobia akan merasa takut yang melebihi kecemasan yang wajar terkait dengan pernikahan. Mereka mungkin akan merasakan kegelisahan yang intens, seringkali menyebabkan perasaan panik atau krisis kecemasan.

2. Menghindari Situasi Pernikahan

Individu dengan gamaphobia cenderung menghindari situasi yang terkait dengan pernikahan. Mereka mungkin enggan menghadiri pernikahan orang lain, menghindari pembicaraan tentang pernikahan, atau mengabaikan pemikiran tentang pernikahan mereka sendiri.

3. Gangguan Emosional

Gamaphobia dapat menyebabkan gangguan emosional yang signifikan. Seseorang mungkin mengalami gejala seperti ketegangan, kecemasan kronis, ketidakmampuan untuk bersantai, pikiran yang mengganggu, dan reaksi emosional yang berlebihan terhadap situasi pernikahan atau bahkan hanya pikiran tentang pernikahan.

4. Isolasi Sosial

Karena takut terhadap pernikahan, individu dengan gamaphobia cenderung mengisolasi diri dari situasi sosial yang melibatkan pernikahan. Mereka mungkin menghindari pertemuan dengan teman-teman yang sudah menikah, menolak undangan pernikahan, atau mengurangi interaksi sosial mereka secara keseluruhan.

5. Gangguan Psikologis Tambahan

Gamaphobia dapat sering kali terkait dengan gangguan kecemasan lainnya, seperti gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, atau gangguan kecemasan umum. Seseorang dengan gamaphobia juga dapat mengalami gejala depresi, kecemasan berlebihan, atau penurunan harga diri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video
Film14 April 2024, 16:00 WIB

Dibintangi Choi Siwon dan Jung In Sun, Simak 5 Fakta Menarik Drama Korea DNA Lover

Drama DNA Lover cocok untuk ditonton oleh para penggemar komedi romantis dan K-drama.
Drama DNA Lover cocok untuk ditonton oleh para penggemar komedi romantis dan K-drama. (Sumber : soompi.com).
Sukabumi14 April 2024, 15:54 WIB

Luna Maya Unggah Foto Situ Gunung Sukabumi di Instagram Story, Diduga Sedang Shooting Film

Model dan artis papan atas Luna Maya diduga sedang berada di Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024)
Artis Luna Maya unggah foto Situ Gunung di Instagram Stroy, Minggu (14/4/2024) | Foto : Ist