Jaga Berat Badan dan Kelola Stres, 9 Cara Agar Terhindar dari Masalah Gula Darah

Kamis 14 Maret 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Jaga Berat Badan dan Kelola Stres, 9 Cara Agar Terhindar dari Masalah Gula Darah (Sumber : Freepik/stefamerfik)

Ilustrasi - Jaga Berat Badan dan Kelola Stres, 9 Cara Agar Terhindar dari Masalah Gula Darah (Sumber : Freepik/stefamerfik)

SUKABUMIUPDATE.com - Fluktuasi gula darah menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa berdampak serius pada orang yang mengalaminya, Bahkan lebih parahnya, kondisi ini bisa mengancam nyawa.

Akan tetapi, penyakit ini bisa dihindari dengan melakukan beberapa kebiasaan baik dan mengubah gaya hidup agar tidak terjadi fluktuasi gula darah.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah gula darah? berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil.

Baca Juga: Termasuk Stres, Kenali 8 Faktor Penyebab Fluktuasi Gula Darah Dalam Tubuh

1. Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pilih makanan yang rendah gula, rendah karbohidrat olahan, dan tinggi serat. Fokus pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

2. Menghindari Makanan Manis dan Minuman Bersoda

Batasi konsumsi makanan manis, cemilan tinggi gula, dan minuman bersoda yang mengandung banyak gula tambahan. Ini termasuk permen, kue, kue kering, minuman bersoda, dan jus buah yang dikemas.

3. Berolahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih efisien. Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik atau 75 menit aktivitas yang lebih intens setiap minggu, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang.

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Tinggi di Pagi Hari? Ini 6 Cara Menurunkannya Secara Alami

4. Mengelola Berat Badan

Jaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat dengan melakukan kombinasi pola makan sehat dan aktivitas fisik. Kehilangan berat badan jika Anda kelebihan berat badan dan menjaga berat badan ideal jika Anda sudah pada berat badan yang sehat.

5. Mengatur Porsi Makan

Perhatikan ukuran porsi makanan Anda dan hindari makan dalam jumlah berlebihan. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terkontrol dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

6. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait gula darah.

Baca Juga: Suka yang Manis dan Segar Tapi Khawatir Gula Darah? Cobain 10 Buah-Buahan Ini

7. Mengelola Stres

Stres dapat mempengaruhi kadar gula darah. Temukan cara untuk mengelola stres Anda, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau hobi yang menyenangkan.

8. Periksa Kadar Gula Darah Secara Teratur

Jika Anda memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah gula darah, penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur dengan menggunakan alat pengukur gula darah atau dengan melakukan pemeriksaan darah rutin.

9. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah gula darah, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi khusus dan pengelolaan yang tepat.

Baca Juga: Menjaga Gula Darah Tetap Normal, Coba Lakukan 10 Kebiasaan Sederhana Ini!

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan mengikuti langkah-langkah pencegahan tersebut, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan meminimalkan risiko masalah kesehatan terkait gula darah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)