10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara dengan Bahan Alami, Dijamin Efektif!

Kamis 12 Oktober 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi. 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara dengan Bahan Alami, Dijamin Efektif! (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara dengan Bahan Alami, Dijamin Efektif! (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Rambut Rontok adalah suatu kondisi yang dimana rambut berjatuhan lebih banyak dari biasanya. Rambut rontok merupakan hal umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Ada banyak penyebab rambut rontok, seperti faktor genetik, perubahan hormonal, penyakit, obat-obatan hingga stres. Jika terus dibiarkan tanpa ada solusi, rambut rontok akan mengganggu pada penampilan.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok:

Baca Juga: 15 Ciri Orang yang Pura-pura Jadi Teman Baik Padahal Musuh Dalam Selimut

1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang dapat membantu menyuburkan rambut dan mengurangi kerontokan. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Bawang

Bawang mengandung sulfur yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut. Cara menggunakan bawang untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara menghaluskan bawang dan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Minyak Rosemary

Minyak rosemary mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Cara menggunakan minyak rosemary untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat membantu melembabkan rambut dan kulit kepala. Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Teh Hijau

Teh hijau adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Teh hijau juga mengandung EGCG, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut.

Buat masker rambut teh hijau dengan mencampurkan 2 sendok teh teh hijau bubuk dengan 2 sendok makan air. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 7 Cara Bicara yang Membuatmu Banyak Disukai Orang-orang, Yuk Lakukan

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung senyawa yang dapat membantu melembabkan kulit kepala dan rambut, serta meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan mengurangi kerontokan.

Masker rambut oatmeal. Buat masker rambut oatmeal dengan mencampurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan 1/4 cangkir susu atau yogurt. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

7. Yogurt

Yogurt mengandung protein dan asam amino yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Yogurt juga mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Masker rambut yogurt. Buat masker rambut yogurt dengan mencampurkan 1/2 cangkir yogurt tawar dengan 1/4 cangkir madu atau minyak zaitun. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

8. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Lemon juga mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit kepala.

Hal ini dapat membantu mengurangi ketombe dan meningkatkan kesehatan kulit kepala, yang dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca Juga: 8 Fase Remaja yang Akan Dialami Anak Perempuan, Orang Tua Harus Tahun Nih!

Masker rambut lemon. Buat masker rambut lemon dengan mencampurkan 2 sendok makan air perasan lemon dengan 2 sendok makan madu atau minyak zaitun. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

9. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Vitamin A dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin B dapat membantu memperkuat rambut.

Masker rambut jambu biji. Buat masker rambut jambu biji dengan mencampurkan 2 sendok makan daun jambu biji yang dihaluskan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 10 Cara Mendidik dan Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Orang Tua Tahu

10. Alpukat

Alpukat mengandung biotin, vitamin E, asam lemak, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Biotin adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Asam lemak dapat membantu melembabkan dan memperkuat rambut. Mineral, seperti zinc dan magnesium, juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Masker rambut alpukat. Buat masker rambut alpukat dengan mencampurkan 1 buah alpukat yang dihaluskan dengan 1 sendok makan madu atau minyak zaitun. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat01 Mei 2024, 12:30 WIB

Kiper Baru Garuda! Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Ini Harapannya untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia
Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia (Sumber : pssi.org).
Sukabumi01 Mei 2024, 12:13 WIB

MAN 2 Sukabumi Bantah Siswanya Terlibat Tawuran, Sudah Dikeluarkan Jarang Masuk

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 2 Sukabumi, memberikan klarifikasi terkait salah satu siswa yang terlibat dalam aksi tawuran di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Life01 Mei 2024, 12:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Berkarisma

Inilah Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Berkarisma. Yuk, Lakukan!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Berkarisma (Sumber : pexels/TimaMiroshnichenko)
Sukabumi01 Mei 2024, 11:36 WIB

Peluru Masih Aktif, Polisi Ungkap Jenis Senjata Api yang Ditemukan Warga Cisaat Sukabumi

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan sejak ditemukan dua senpi itu langsung diamankan. Adapun senjata api laras panjang itu berjenis senjata bahu dengan kaliber 9 mm
Penampakan senjata api laras panjang yang ditemukan warga terkubur di Cisaat Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life01 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Bisa Jaga Rahasia, Waspada 6 Ciri Teman yang Tidak Bisa Dipercaya!

Memiliki teman yang tidak bisa dipercaya tentu sangat bebal. Apalagi sebelumnya dianggap setia, tapi justru mengkhianati lantaran bermuka dua.
Ilustrasi. Ciri teman yang tidak bisa dipercaya. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Inspirasi01 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 Jawa Barat, Usia Maksimal 25 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 Jawa Barat dengan Syarat Usia Maksimal 25 Tahun.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan D3 Jawa Barat, Usia Maksimal 25 Tahun. (Sumber : pexels/TimaMiroshnichenko)
Jawa Barat01 Mei 2024, 10:46 WIB

Berkekuatan M4.2, Bandung Jawa Barat Diguncang Gempabumi

BMKG menyebutkan Gempa M4,2 Jawa Barat dirasakan di beberapa wilayah diantaranya Majalaya, Cibereum, Pangalengan, dan Garut, Soreang hingga Kabupaten Bandung.
Gempa M4,2 Guncang Bandung Jawa Barat | Foto : X (Twitter)/@bmkgwilayah2
Life01 Mei 2024, 10:31 WIB

Ketahui 6 Ciri Orang yang Berwatak Keras Kepala, Anda Termasuk?

Ciri orang keras kepala adalah pribadi yang sangat ambisius pada dirinya sendiri dan juga sering merendahkan orang lain di hadapannya.
Ilustrasi. Ciri orang yang berwatak keras kepala. Sumber foto : Pexels/Timur Weber
Sukabumi01 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Zona Integritas, DPMPTSP Sukabumi Siapkan Mal Pelayanan Publik yang Bebas Korupsi

Bupati sukabumi Marwan Hamami melaksanakan Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas DPMPTSP menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM)
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menghadiri pencanangan dan deklarasi zona integritas di DPMPTSP Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Life01 Mei 2024, 10:00 WIB

Berlatih Memaafkan, 11 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.
Ilsutrasi - Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.  (Sumber : Freepik)