Disebabkan Polusi Udara, 10 Jenis Penyakit Respirasi yang Harus Diwaspadai

Senin 21 Agustus 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. Pakai Inhaler | Beberapa penyakit respirasi (pernapasan) yang harus diwaspadai dan memiliki dampak kesehatan serius (Sumber : Freepik/@krakenimages.com)

Ilustrasi. Pakai Inhaler | Beberapa penyakit respirasi (pernapasan) yang harus diwaspadai dan memiliki dampak kesehatan serius (Sumber : Freepik/@krakenimages.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit respirasi (penyakit pernapasan) adalah berbagai masalah kesehatan yang mempengaruhi sistem pernapasan manusia.

Sistem pernapasan melibatkan organ-organ seperti hidung, tenggorokan, trakea (saluran napas), bronkus (cabang-cabang besar dari trakea), dan paru-paru. Penyakit respirasi menjadi masalah kesehatan yang berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

Melansir dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, berdasarkan data Global Burden Diseases 2019 Diseases and Injuries Collaborators terdapat lima penyakit respirasi penyebab kematian tertinggi di dunia, yakni paru obstruktif kronis (PPOK), pneumonia, kanker paru, tuberkulosis dan asma.

Baca Juga: Dituding Sumbang Polusi Udara di Jabodetabek, Ini Kata PLTU Palabuhanratu Sukabumi

Dari data tersebut menunjukkan PPOK memiliki jumlah 209 kejadian dengan 3,2 juta kematian, Pneumonia 6.300 kejadian dengan 2,6 juta kematian, kanker paru 29 kejadian dengan 1,8 juta kematian, tuberkulosis 109 kejadian dengan 1,2 juta kematian, dan asma 477 kejadian dengan 455 ribu kematian.

Masih dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia sekaligus Guru Besar Bidang Pulmonologi dan Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. dr. Agus Dwi Susanto menyebut jika polusi udara merupakan salah satu faktor penyebab penyakit ini.

Ia juga menekankan pentingnya pencegahan dalam upaya mengatasi permasalahan polusi udara.

“Polusi udara terbukti menimbulkan masalah respirasi dan pernapasan. Upaya pencegahan dengan menurunkan polusi udara harus dilakukan semua pihak sehingga kasus respirasi dapat dikurangi,” ucap Prof. Agus.

Baca Juga: Apakah Anak dalam Kandungan Bisa Terpapar Polusi Udara? Ini Kata Dokter!

Selain dari lima penyakit respirasi yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Dunia, berikut beberapa penyakit pernapasan yang harus diwaspadai.

1. Pneumonia

Ini adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala umumnya mencakup demam, batuk berdahak, dan kesulitan bernapas.

2. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan bronkus, yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejalanya termasuk batuk yang berdahak, sesak napas, dan nyeri dada.

3. Asma

Asma adalah gangguan pernapasan kronis yang ditandai oleh penyempitan saluran udara. Gejala termasuk kesulitan bernapas, batuk, dan rasa sesak.

Baca Juga: 10 Cara Menghindari Bahaya Polusi Udara, Yuk Lakukan Biar Tetap Sehat

4. Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyakit ganas yang biasanya terkait dengan merokok. Gejala awalnya mungkin tidak muncul, tetapi ketika mereka muncul, mereka dapat mencakup batuk darah, nyeri dada, dan penurunan berat badan.

5. Tuberkulosis (TB)

TB adalah penyakit bakteri yang menyerang paru-paru dan organ tubuh lainnya. Gejala TB meliputi batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 2 minggu, demam, dan penurunan berat badan.

6. Pneumotoraks

Pneumotoraks terjadi ketika udara masuk ke rongga pleura (selaput yang melapisi paru-paru) dan menyebabkan paru-paru kolaps sebagian atau sepenuhnya. Ini dapat menyebabkan nyeri dada yang tajam dan kesulitan bernapas.

Baca Juga: 7 Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan, Sebabkan Berbagai Penyakit

7. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Ini adalah kondisi pernapasan kronis yang meliputi penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK) dan emfisema. Gejala meliputi batuk kronis, produksi dahak, dan kesulitan bernapas.

8. Rhinitis Alergi

Ini adalah reaksi alergi terhadap debu, serbuk sari, atau alergen lainnya yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan mata gatal.

9. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang melibatkan berhentinya pernapasan selama tidur. Gejala meliputi nyeri kepala pagi, kelelahan di siang hari, dan seringnya terbangun selama tidur.

Baca Juga: Ketahui 5 Penyakit Akibat Polusi Udara, Asma Bisa Kambuh!

10. Fibrosis Paru

Ini adalah kondisi dimana jaringan paru-paru mengeras dan mengalami perubahan jaringan parut. Gejala termasuk sesak napas dan batuk berdahak.

Penting untuk mengidentifikasi penyakit pernapasan dengan tepat dan mendapatkan perawatan medis yang sesuai. Beberapa faktor risiko seperti merokok, paparan polusi udara, dan riwayat keluarga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki kekhawatiran tentang kesehatan pernapasan Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 23:28 WIB

Raih Suara Signifikan di Dapil VI Sukabumi, Taopik Guntur Bakal Gelar Syukuran

Taopik Guntur, Caleg Dapil VI DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai Gerindra bakal gelar syukuran dengan menghadirkan Ustaz Baharsyah Almunir.
Taopik Guntur, Caleg Dapil VI DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai Gerindra. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Februari 2024, 22:43 WIB

Hak Pekerja Jadi Sorotan Pasca Kecelakaan Kerja di Pabrik Makanan Sukabumi

PT. Aneka Dasuib Jaya Pabrik Makanan Sukabumi ternyata belum mendaftarkan seluruh pegawainya di BPJS Ketenagakerjaan.
Pabrik produsen makanan PT. Aneka Dasuib Jaya, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment22 Februari 2024, 21:17 WIB

Buka Suara, Vincent Rompies Harap Kasus Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan

Vincent Rompies Berharap Kasus Bullying di BINUS School Serpong yang diduga melibatkan Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan dan berakhir damai.
Vincent Rompies akhirnya buka suara terkait kasus dugaan bullying yang diduga melibatkan anaknya. (Sumber : Instagram/vincentrompies)
Nasional22 Februari 2024, 21:00 WIB

Soroti Kecurangan Pemilu 2024, Rhoma Irama Minta Bawaslu-Elit Politik Bertindak

Rhoma Irama turuh gerah dengan isu kecurangan dalam Pemilu 2024 yang baru saja berlangsung.
Konferensi Rhoma Irama meminta kecurang Pemilu 2024 ditindak secara tegas | Foto : Capture Youtube KBA Talk
Life22 Februari 2024, 21:00 WIB

7 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong, Ini Ciri-cirinya!

Mengetahui tanda-tanda bahasa tubuh dapat membantu dalam mendeteksi kemungkinan kebohongan
Ilustrasi. 
Mengetahui tanda-tanda bahasa tubuh dapat membantu dalam mendeteksi kemungkinan kebohongan. (Sumber : pixabay.com/@10634669)
Sehat22 Februari 2024, 20:30 WIB

6 Obat Alami Masuk Angin dan Banyak Tersedia di Dapur

Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gejala masuk angin
Ilustrasi - Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gejala masuk angin (Sumber : Freepik)
Gadget22 Februari 2024, 20:00 WIB

Nyari HP Baru Tapi Budget Terbatas? Ini 4 HP Murah dengan Harga Rp 1 Jutaan

HP murah dengan spesifikasi gahar kini sudah banyak tersedia di pasaran, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
Samsung Galaxy A05 - HP murah dengan spesifikasi gahar kini sudah banyak tersedia di pasaran, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. (Sumber : samsung.com)
Food & Travel22 Februari 2024, 19:30 WIB

Cadas Gantung Tempat Camping di Sumedang dengan View Sunset Memukau

Cadas Gantung Sumedang bisa dijadikan lokasi melepas penat saat hari libur tiba
Cadas Gantung Sumedang bisa dijadikan lokasi melepas penat saat hari libur tiba (Sumber : Instagram/risma_sumyati)
Tips22 Februari 2024, 19:21 WIB

3 Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok buat Ibu Rumah Tangga dari Vina Vaulina

Ibu rumah tangga pada zaman sekarang ini bisa menambah penghasilan uang yang lumayan. Vina Muliana, seorang konten kreator membagikan 3 pekerjaan yang cocok buat Ibu rumah tangga
Ilustrasi Ibu Rumah Tangga sedang Melakukan Kerja Remote | Foto: Freepik/@freepik
Arena22 Februari 2024, 19:05 WIB

Momen Epic, Seungkwan Seventeen dan Megawati Bertemu untuk Pertama Kalinya

Seungkwan Seventeen dan Megawati terlihat berinteraksi dan foto bersama seusai laga antar GS Caltex melawan Red Sparks di Jangchung Gymnasium. Pertemuan keduanya merupakan pertemuan pertama kali yang ditunggu lama penggemar.
Seungkwan Seventeen Foto Bersama Pemain Red Sparks Seusai Melawan GS Caltex di Jangchung Gymnasium, Rabu (21/2/2024) | Foto: Instagram/@red__sparks