7 Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan, Sebabkan Berbagai Penyakit

Senin 14 Agustus 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Polusi udara memiliki dampak sangat buruk bagi kesehatan manusi dan makhluk hidup lain | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Polusi udara memiliki dampak sangat buruk bagi kesehatan manusi dan makhluk hidup lain | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Polusi udara merujuk pada keberadaan zat-zat yang mencemari udara di tingkat yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan secara umum.

Seperti kualitas udara di Jakarta menjadi perbincangan akhir-akhir ini setelah menunjukan indeks kualitas udara (AQI) Jakarta pada situs iqair.com cukup buruk.

Kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat hingga mencapai nilai 153 AQI US. hal itu jauh dari angka kualitas udara yang baik yakni 0-50.

Baca Juga: Kendaraan Bermotor Sumbang Lebih dari 50 Persen Polusi Udara

Polusi udara sendiri terjadi ketika zat-zat pencemar dilepaskan ke atmosfer dalam jumlah yang melebihi kapasitas alamiahnya untuk menguraikan atau menghilangkan zat-zat tersebut.

Pencemar udara dapat berasal dari sumber-sumber alami, seperti erupsi gunung berapi atau debu mineral, tetapi sebagian besar polusi udara disebabkan oleh aktivitas manusia seperti Industri, kendaraan Bermotor, pembakaran sampah dan sebagainya.

Polusi udara dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak buruk polusi udara bagi kesehatan manusia.

Baca Juga: Cerita Pengendara Tempuh 1,5 jam dari Bekasi hingga Pintu Tol Bocimi di Parungkuda

1. Gangguan Pernapasan

Partikel-partikel halus (PM2.5) dan partikel berukuran lebih besar (PM10) yang terhirup oleh manusia dapat masuk ke saluran pernapasan dan paru-paru.

Ini dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis, dan emfisema. Pemaparan jangka panjang terhadap polusi udara juga dapat memperburuk kondisi pernapasan kronis.

2. Peningkatan Risiko Infeksi

Paparan polusi udara yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia dan infeksi virus.

Baca Juga: Tol Bocimi Pakai yang Mana? Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka dan Tertutup

3. Penyakit Jantung dan Stroke

Partikel-partikel halus dan gas pencemar seperti sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2) dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan dalam sistem kardiovaskular. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

4. Anak-anak dan Lansia

Anak-anak dan lansia lebih rentan terhadap dampak polusi udara karena sistem pernapasan dan kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Pemaparan polusi udara pada anak-anak dapat mengganggu perkembangan paru-paru mereka dan meningkatkan risiko masalah pernapasan sepanjang hidup.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi PTSD, Gangguan Mental yang Bisa Disebabkan Trauma Masa Kecil

5. Masalah Kesehatan Berbasis Inflamasi

Polusi udara dapat memicu respon peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit autoimun.

6. Kematian Prematur

Pemaparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan penurunan harapan hidup dan meningkatkan risiko kematian prematur karena penyakit kardiovaskuler, pernapasan, dan lainnya.

7. Kualitas Hidup yang Menurun

Penderita masalah pernapasan kronis atau penyakit kardiovaskular yang memburuk akibat polusi udara mungkin mengalami kualitas hidup yang menurun akibat keterbatasan fisik dan peningkatan gejala.

Baca Juga: Lapang Merdeka Sukabumi: Hotel Victoria dan Pidato Kemerdekaan Bung Karno

Itulah beberapa dampak buruk polusi udara bagi kesehatan. Penting untuk diingat bahwa dampak polusi udara dapat bervariasi tergantung pada tingkat pemaparan, jenis pencemar, kondisi kesehatan individu, dan faktor-faktor lingkungan lainnya.

Oleh karena itu, langkah-langkah untuk melindungi kesehatan dari dampak polusi udara meliputi menghindari lokasi dengan kualitas udara buruk, mengenakan masker udara jika diperlukan, menjaga gaya hidup sehat, dan mendukung kebijakan lingkungan yang mengurangi emisi pencemar udara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).
Life12 Mei 2024, 11:30 WIB

Pria Wajib Tahu, 6 Ciri Cewek Matre yang Tidak Boleh Dijadikan Pasangan Hidup

Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. Mereka kerap menunjukkan sikap yang identik kesemuanya tentang materi dan uang semata
Ilustrasi - Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio).
Tips12 Mei 2024, 11:11 WIB

Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update
Bola12 Mei 2024, 11:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series dengan Kekuatan Terbaik!

Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya.
Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)