7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Cepat dan Efektif

Rabu 01 Maret 2023, 05:45 WIB
Ilustrasi sakit gigi - 7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Cepat dan Efektif. | (Sumber : Pixabay.com/Inactive account – ID 10634669.)

Ilustrasi sakit gigi - 7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Cepat dan Efektif. | (Sumber : Pixabay.com/Inactive account – ID 10634669.)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit gigi bisa menyerang siapapun dan bisa datang kapan saja. Bahkan, di beberapa kondisi yang dialami, sakit gigi dapat mengganggu aktivitas keseharian seperti kesulitan mengunyah makanan.

Dikutip dari alodokter, sakit gigi biasanya disebabkan oleh Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak, Gigi atau gusi yang meradang atau infeksi, Gigi retak atau patah, Gigi membusuk, Gigi tanggal atau copot, Gigi sensitif, Proses tumbuh gigi, Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal (impaksi gigi), Nanah di gigi, Gusi bengkak dan lainnya.

Namun, jika kamu sedang mengalami sakit gigi, sebelum memeriksa ke dokter gigi cobalah mengobatinya dengan bahan-bahan alami. Pasalnya, bahan alami seperti air garam, kunyit dan bawang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit gigi.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Akan tetapi, bila kondisinya serius seperti gusi merah dan bengkak, gusi berdarah, demam, gusi terkelupas dan rahang bengkak, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter gigi. Sebab, jika hal tersebut dibiarkan akan menambah parah dan dapat menyebabkan infeksi pada gigi.

Dikutip dari alodokter, sakit gigi biasanya disebabkan oleh Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak, Gigi atau gusi yang meradang atau infeksi, Gigi retak atau patah, Gigi membusuk, Gigi tanggal atau copot, Gigi sensitif, Proses tumbuh gigi, Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal (impaksi gigi), Nanah di gigi, Gusi bengkak dan lainnya.

Lantas, adakah cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dan efektif? Berikut 7 cara menghilangkan sakit gigi yang dilansir via Akurat.co.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

1. Minum obat

Cara menghilangkan sakit gigi yang pertama adalah dengan minum obat. Kamu bisa meminum obat sakit gigi untuk meredakan nyeri pada gigi. Karena obat sakit gigi diracik dengan kandungan zat kimianya yang bisa meredakan sakit gigi secara cepat.

2. Racik bahan alami

Cara menghilangkan sakit gigi selanjutnya adalah dengan mencari bahan-bahan alternatif yang biasanya ada di dapur atau lemari berisi pembersih kamar mandi. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah hidrogen peroksida dan garam.

Baca Juga: Kisah Guling Munding dan Anak Baju Merah di Jalur Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi

Kamu bisa menjadikan dua bahan tersebut sebagai bahan darurat untuk menghilangkan sakit gigi. Hidrogen peroksida kerap disimpan sebagai pembersih kamar mandi, sedangkan garam adalah bumbu dapur yang utama, pasti mudah untuk kamu temukan.

3. Mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit

Cara menghilangkan sakit gigi selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit. Minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptik alami berupa eugenol yang dapat meredakan sakit pada gigi. Dengan begitu, mengoleskan minyak cengkeh merupakan cara yang tepat untuk mengatasi sakit gigi

4. Mengoleskan kunyit

Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan kunyit ke bagian yang sakit. Kamu bisa mengoleskan kunyit ke gigimu yang sakit karena dalam kunyit memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri, sehingga dapat meredakan sakit gigi. Caranya cukup kamu campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga kental kemudian oleskan ke bagian yang sakit.

5. Berkumur dengan air garam

Selanjutnya, cara untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat adalah dengan berkumur air garam. Kamu bisa melakukan kumur air garam untuk meredakan sakit gigi yang kamu alami, karena air garam mengandung desinfektan alami yang bisa meredakan pembengkakan, mengatasi infeksi sekaligus membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.

6. Mengunyah atau mengoleskan bawang

Cara selanjutnya untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan mengunyah atau mengoleskan bawang putih atau bawang merah yang telah dihaluskan ke area yang sakit dapat meredakan rasa nyeri gigi yang kamu alami. Bawang putih dapat meredakan sakit gigi karena memiliki kandungan alisin yang merupakan agen antibakteri alami.

7. Mengunyah daun jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan antimikroba dalam rebusan airnya yang dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi yang kamu alami. Dengan begitu, kamu dapat mengunyah daun jambu biji sebagai salah satu cara untuk menghilangkan sakit gigi.

Baca Juga: Pemotor Lewat Sini! Jembatan Cikereteg Longsor, Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup

Itulah sejumlah cara menghilangkan sakit gigi secara cepat yang dapat kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Jawa Barat28 April 2024, 10:06 WIB

Temu Rembug PPPH Kabupaten Garut Gaungkan Halal Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Temu rembug ini sarat dengan diskusi mengenai akselerasi sertifikasi halal di kabupaten Garut.
Temu rembug pengurus LPPPH Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) provinsi Jawa Barat. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:00 WIB

Percaya Diri dan Mandiri! 10 Ciri Kamu Perempuan yang Memiliki Mental Kuat dalam Menjalani Hidup

Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup.
Ilustrasi - Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Life28 April 2024, 09:30 WIB

Melatih Kesabaran, Ini 5 Kualitas Utama yang Harus Dipupuk pada Anak Sejak Dini

Pelajari sifat-sifat penting yang harus dipupuk pada anak-anak untuk membantu mereka menjadi bahagia dan sukses.
Ilustrasi. Kualitas utama yang harus dipupuk pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Sehat28 April 2024, 09:00 WIB

9 Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Ketahui Sederet Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Sumber Lemak. Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 08:35 WIB

5 Alasan Kenapa Wanita Mandiri Lebih Asyik Sendiri Ketimbang Berpasangan, Ini Faktanya

Wanita mandiri dikenal sebagai golongan yang sangat asyik sendiri ketimbang buru-buru mencari pasangan hidup.
Ilustrasi. Alasan wanita mandiri asyik sendiri. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio