Baik untuk Kesehatan, Inilah Sederet Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Jumat 27 Januari 2023, 05:45 WIB
Ilustrasi berjemur di pagi hari. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi berjemur di pagi hari. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Berjemur di pagi hari punya beberapa bermanfaat yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Pancaran sinar matahari yang memiliki sinar UV (ultraviolet) dapat diserap tubuh dan diubah menjadi vitamin D.

Oleh sebab itu, kamu tak perlu khawatir kulitmu menjadi hitam, karena manfaat berjemur bisa bikin tubuhmu kuat dan terhindar dari beragam macam penyakit.

Waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari adalah pukul 10:00 WIB- 02:00 WIB. Namun, penerapannya jangan terus-menerus memaparkan tubuhmu di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Jika kamu berjemur pukul 9 ke atas, kamu hanya cukup berjemur sekitar 10-15 menit saja. Jika kamu berjemur di atas jam 11:00 WIB kamu hanya perlu berjemur sekitar 3 menit karena UVB yang terpapar sudah menurun.

Melansir Akurat.co yang merangkum dari beberapa sumber, Inilah 10 manfaat berjemur di pagi hari.

10 Manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan

1. Dapat mengurangi risiko kanker

Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama adalah dapat mengurangi risiko kanker. Dengan berjemur di pagi hari, kamu lebih banyak mendapat vitamin D dari cahaya matahari pagi.

Baca Juga: Heboh Botol Miras di Setda Palabuhanratu Sukabumi, Ini Respons Bupati

Jika kamu kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Seperti kanker payudara dan usus besar.

2. Menghilangkan depresi

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah dapat menghilangkan depresi. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD) yang merupakan depresi yang dirasakan saat berada di musim dingin.

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kadar anti depresan alami di otak yang dapat membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. Berjemur di pagi hari dapat membuat otak lebih banyak memproduksi serotonin yang merupakan bahan kimia yang dapat mengangkat suasana hati.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Selanjutnya, berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan tulang, karena kandungan vitamin D dalam matahari pagi dapat merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Baca Juga: Geger Video Syur Hubungan Terlarang Betrand Peto dengan Sarwendah, Cek Faktanya!

Vitamin yang bisa didapatkan dari berjemur di pagi hari adalah vitamin D3. Vitamin ini memiliki peran penting untuk kepadatan tulang.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal itu dikarenakan sinar matahari mengenai mata dan saraf mengirim pesan ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin yang membuat kita mengantuk dan membantu kita untuk tidur.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Berjemur di pagi hari dapat menyembuhkan penyakit kulit. Kulit yang terkena paparan sinar matahari pagi dapat mengaktifkan produksi vitamin D secara alami di tubuh. Vitamin D ini memiliki kontribusi yang sangat penting pada regulasi kalsium dan aliran darah.

Baca Juga: Pria Ini Kabur Karena Takut Disunat, Pulang ke Rumah Setelah 25 Tahun Menghilang

Dengan metabolisme kalsium yang baik, tubuh akan mengirimkan sel darah putih untuk tulang untuk memperbaiki kerusakan kulit seperti jerawat, psoriaris dan eksim.

6. Menurunkan tekanan darah

Berjemur di pagi hari dapat menurunkan tekanan darah, karena sinar matahari pagi dapat mengubah oksidan nutrat (NO) pada kulit, yang merupakan senyawa mengatur tekanan darah untuk menjadi lebih kecil. Sehingga tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berkurang.

7. Meningkatkan fungsi otak

Dengan berjemur di pagi hari, kamu dapat meningkatkan fungsi otak. Karena dengan berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi kognitif dan dapat memicu pertumbuhan sel saraf di hipokampus, bagian otak yang bekerja untuk mengatur, membentuk, dan menyimpan memori.

8. Menjaga imunitas tubuh

Berjemur di pagi hari dapat menjaga imunitas tubuhmu. Karena dengan imunitas tubuh yang terjaga dapat membuat tubuh lebih resisten terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan produksi vitamin D yang didorong dari berjemur memiliki efek imunomodulator yang dapat memperbaiki sistem imun tubuh untuk melawan penyakit.

9. Mencegah diabetes

Manfaat berjemur di pagi hari salah satunya adalah mencegah diabetes. Paparan sinar matahari yang cukup, bisa membantu tubuh dalam mencegah diabetes tipe 1.

Baca Juga: Spoiler One Piece Chapter 1073: Terbongkarnya Dosa Masa Lalu Bartholomew Kuma

Selain itu, vitamin D3 yang terkandung dalam sinar matahari pagi juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang penyimpanan kadar gula darah yang ada di dalam otot dan juga hati.

10. Detoksifikasi tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari yang terakhir yaitu mampu mendetoksifikasi tubuh. Paparan sinar matahari pagi bisa membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi pada hati. Kemudian racun-racun tersebut akan dibersihkan secara otomatis melalui aliran darah.

Inilah 10 manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh yang dapat kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels