TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Kenapa Luka Mau Sembuh Sering Terasa Gatal? Ini Kata Dokter

Mungkin banyak yang bertanya kenapa luka sering terasa gatal ketika akan sembuh

Penulis
Rabu 30 Nov 2022, 07:01 WIB

(Ilustrasi) Luka di permukaan kulit | Foto: Unplash/Diana Polekhina

SUKABUMIUPDATE.com - Hampir setiap orang pernah merasakan luka pada permukaan kulit yang diakibatkan berbagai hal seperti terjatuh, teriris atau tertusuk benda tajam dan sebagainya.

Luka ini umumnya bisa sembuh sendiri tergantung dari tingkat keparahannya. Namun pernahkah kamu merasa gatal pada area luka saat akan sembuh?

Melansir dari Suara.com, Ketua Pusat Resistensi Antimikroba Indonesia (PRAINDO) Dr. Harry Parathon, Sp.OG (K)., akan menjelaskan penyebabnya.

Baca Juga: Jadikan Hunian Sehat, PT BCL Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Sukaraja Sukabumi

Harry menjelaskan semua luka yang akan sembuh itu gatal. Itu terjadi karena reaksi kulit, luka akan menyempit, itu reaksi dari jaringan di bawah kulit jadi menimbulkan rasa gatal. Itu tidak apa-apa. Penyebabnya juga bukan karena makanan, tidak makan ikan pun tetap gatal.

Lalu adakah cara yang bisa dilakukan agar luka cepat sembuh, terutama pada luka bekas operasi?
Luka operasi, kalau tidak mengalami infeksi akan sembuh dalam waktu 10 hari.

Agar cepat sembuh, orang tidak boleh anemia, tidak boleh kekurangan protein. Jadi protein itu kayak lem buat luka. Protein itu bisa didapat dari telur, ikan, ayam. Jadi tidak apa-apa makan ikan, makan ayam, makan daging, itu justru bagus untuk penyembuhan. Memang itu mitos yang berkembang di daerah Indonesia.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Kaya Serat yang Baik untuk Pencernaan

Ciri-ciri luka yang terkena infeksi

Ciri-ciri yang terkena infeksi biasanya pada hari ketiga dia mulai terjadi nyeri di sekitar luka. Kemudian mulai bengkak lalu dilanjutkan dengan warna kemerahan. Kalau sudah begitu, nanti hari keempat dan kelima mulai terbuka jahitannya sedikit-sedikit. Kemudian keluar nanah dari luka.

Kalau sudah keluar nanah berarti sudah infeksi dan pasti penyebab luka operasi itu karena bakteri. Hanya jenis bakterinya yang harus diperiksa di laboratorium karena setiap bakteri punya tingkat resistensi sendiri-sendiri, punya kecocokan antibiotik sendiri-sendiri, tidak semua antibiotik cocok untuk bakteri.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x