8 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kamis 27 Oktober 2022, 15:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kecerdasan otak dapat berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sebagai pusat kendali, otak manusia membutuhkan nutrisi makanan yang baik setiap harinya.

Mulai dari menjaga detak jantung, pernapasan, gerak, merasakan, dan berpikir adalah tugas otak. Itulah mengapa penting untuk menjaga kesehatan otak dengan memakan makanan yang bergizi.

Berikut kami telah mengutip dari Tempo.co yang dilansir dari Healthline, inilah delapan makanan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak:

1. Ikan berlemak

Sebanyak 60 persen dari otak manusia terbuat dari lemak dan setengah dari lemak itu mengandung lemak omega-3. Maka akan sangat baik jika mengonsumsi ikan berlemak karena mengandung omega-3 tinggi yang bagus untuk membangun sel-sel dan saraf otak. Sehingga sangat penting untuk mempertajam memori. Jenis ikan dengan kandungan omega-3 yang banyak seperti salmon, tuna, dan sarden.

2. Kopi

Dua komponen utama dalam kopi yaitu kafein dan antioksidan dapat membantu mendukung kesehatan dan kerja otak. Kafein dalam kopi memiliki sejumlah efek positif seperti meningkatkan kewaspadaan, mempertajam konsentrasi, dan membuat suasana hati membaik. Minum kopi dalam jangka panjang juga dapat menurunkan risiko penyakit saraf seperti alzheimer.

3. Kunyit

Kurkumin dalam kunyit merupakan bahan aktif yang bermanfaat bagi sel-sel di otak sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat serta pertumbuhan sel-sel otak baru.

4. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan dan tinggi akan vitamin K. Vitamin ini akan larut dalam lemak dan sangat penting untuk membentuk sphingolipids, yaitu lemak padan untuk sel-sel otak. Sehingga brokoli dapat membantu melindungi otak serta meningkatkan memori dan status kognitif yang lebih baik.

5. Cokelat hitam

Bubuk kakao mengandung antioksidan, kafein, dan flavonoid yang sangat mempengaruhi dalam meningkatkan memori dan membantu menurunkan masalah mental yang berkaitan dengan usia.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Dalam sebuah studi, asupan kacang secara keseluruhan berkaitan dengan fungsi otak khususnya bagi usia tua. Antioksidan vitamin E dalam biji bunga matahari, almond, dan kacang hazel dapat melindungi sel otak dari stres yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Telur

Telur banyak diminati orang untuk sarapan karena telur bisa menjadi makanan efektif bagi otak. Di dalam telur terkandung vitamin B6, B12, dan asam folat. Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin B dalam telur dapat mencegah penyusutan otak.

8. Beri

Dalam penelitian pada 2014 mencatat bahwa senyawa antioksidan dalam beri-berian memiliki efek positif untuk otak, seperti meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak dan membantu otak membentuk koneksi baru dalam meningkatkan pembelajaran dan memori.

Sumber: Tempo.co/Fani Ramadhani

#SHOWRELATEBERITA

Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992