TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Bahaya Duduk Lebih dari 9 Jam, Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Hingga Kematian Dini

Kamis 25 Agt 2022, 13:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada begitu banyak aktivitas yang mengharuskan kita untuk duduk dalam waktu yang lama. Walaupun terlihat wajar, duduk lebih dari 9 jam dapat berdampak pada kesehatan, bahkan fatalnya dapat menyebabkan kematian dini.

Seorang profesor kedokteran di Sekolah Kedokteran Harvard, Deepak L Bhatt, mengibaratkan duduk sama seperti merokok 'merokok'.

photo(Ilustrasi) Duduk Terlalu Lama - (Freepik)</span

"Meski itu sedikit berlebihan, memang benar duduk dalam waktu lama memperburuk kesehatan," kata Bhatt, dikutip New York Post oleh Suara.com.

Sebuah studi yang terbit di Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa menghabiskan 9 jam waktunya dalam sehari untuk duduk.

Dalam studi ini juga menyebutkan, bahwa duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Terlepas dari apakah orang tersebut rutin berolahraga atau tidak.

"Dari pengalaman saya, strategi paling penting dalam membuat pasien 'bergerak', baik itu untuk menghindari duduk dalam waktu lama, meningkatkan olahraga, atau keduanya, adalah fokus pada membangun kesadaran," kata penulis studi David A. Alter.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x