Hari Menanam Pohon, Ini 14 Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah!

Selasa 28 November 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Succulent |  Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Succulent | Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Kalimat tersebut secara tidak langsung menjawab pertanyaan ”tanggal 28 November hari apa” yang kerap dicari orang.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tak hanya sebagai momentum hari besar saja. Updaters, dapat menyimak artikel ini sampai tuntas karena ada informasi tentang Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah.

Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah bisa menjadi referensi khusus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

Tanaman hias dalam rumah tidak hanya mempercantik dekorasi interior, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas udara dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

Rekomendasi Tanaman Hias dalam Rumah

1. Lidah Mertua

Mengutip cimahikota.go.id, lidah mertua populer dengan nama sansevieria. Tanaman dengan daun kaku dan meruncing ke atas tersebut mampu membantu menyerap radiasi. 

Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua) tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh dan dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah. Sansevieria dianggap dapat membersihkan udara dari zat-zat berbahaya.

Tanaman lidah mertua bisa digunakan sebagai bahan aromaterapi ruangan, pagar semi permanen, hingga menyerap bahan beracun seperti benzena, trichloroethylene, dan formaldehida. Daun lidah mertua mempunyai corak khas seperti sisik ular dengan tepian berwarna kekuningan, meskipun ada pula yang hijau pekat.

2. Pothos (Epipremnum aureum)

Pothos adalah tanaman yang mudah dipelihara dan dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya rendah. Faktanya, Tanaman hias dalam rumah ini dapat bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan.

3. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant memiliki daun yang panjang dan ramping, dan dapat bertahan hidup dengan baik di berbagai kondisi cahaya. Tanaman hias dalam rumah ini juga dianggap sebagai tanaman yang dapat membersihkan udara.

4. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Serupa dengan sansevieria, snake plant atau tanaman ular juga dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi kurang cahaya dan dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Depresi Berat Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

5. ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant adalah tanaman hias yang sangat tahan terhadap kekurangan air dan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya rendah. Tanaman hias dalam rumah ini memiliki daun mengkilap dan memberikan sentuhan elegan pada ruangan.

6. Philodendron

Ada beberapa varietas philodendron yang cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Tanaman hias dalam rumah ini termasuk tanaman yang tahan terhadap kondisi cahaya rendah dan mudah dipelihara.

7. Fiddle Leaf Fig (Ficus lyrata)

Fiddle leaf fig adalah tanaman dengan daun besar yang memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan. Tanaman hias dalam rumah ini menyukai cahaya terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang terlalu intens.

8. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace lily adalah tanaman hias yang cantik dengan bunga putihnya yang elegan. Tanaman hias dalam rumah ini dapat membersihkan udara dari beberapa polutan dan bekerja baik dalam kondisi cahaya rendah.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Bahagia Bersama dengan Kita, Terlihat dari Sikapnya

9. Aloe Vera

Aloe vera bukan hanya tanaman obat yang baik, tetapi juga membuat tanaman hias dalam ruangan yang menarik. Tanaman hias dalam rumah ini menyukai cahaya terang dan membutuhkan sedikit perawatan.

10. Succulents (Kaktus dan Tanaman Sukulen)

Succulents, termasuk kaktus, adalah pilihan populer untuk tanaman hias dalam ruangan. Tanaman hias dalam rumah ini memerlukan sedikit air dan dapat ditempatkan di berbagai jenis wadah.

11. Palem Bambu

Palem bambu memiliki nama ilmiah Chamaedorea seifrizii, dilansir dari ibadgarden.com. Tanaman yang biasa disebut sebagai tanaman dalam ruangan ini ternyata efektif menyerap polutan dan racun udara.

Tanaman pembersih udara satu ini direkomendasikan karena bisa hidup di bawah sinar matahari atau di dalam ruangan. Palem bambu bermanfaat untuk membersihkan udara dengan cara mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang dilepaskan manusia ketika bernafas.

12. Karet Kebo

Rekomendasi tanaman pembersih udara yang keempat adalah Karet Kebo. Ficus elastica (moraceae) atau yang dikenal pohon karet Kebo merupakan tanaman hijau yang cukup dikenal masyarakat.

Mengutip laman resmi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, tinggi tanaman Karet Kebo bisa mencapai 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 sampai dengan 20 cm, dengan tepi halus dan ujung yang tumpul.

Daun Karet Kebo sepanjang 1 kaki dan berwarna hijau tua. Tanaman ini juga sering dikenal dengan “india-rubber tree”.

Karet kebo adalah salah satu flora yang berasal dari timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, Indonesia.

Baca Juga: 14 Ciri-Ciri Orang yang Hasad, Bersikap Iri Hati dengan Kita

Selain sebagai penyejuk didalam ruangan, daun karet kebo juga bermanfaat untuk mengurangi polutan. Kemudian bermanfaat juga untuk membersihkan udara, menurunkan risiko alergi, membasmi bakteri dan jamur di udara, mengatasi ruam kulit, analgesik alami, menjaga kesehatan pencernaan, sumber antioksidan.

13. Dollar

Terakhir, rekomendasi tanaman pembersih udara untuk di dalam ruangan adalah Dollar. Tanaman Pohon Dollar adalah tanaman perdu yang sangat popular digunakan sebagai tanaman bonsai.

Tanaman Bonsai Dollar, merujuk laman Disperkimtan Palangkaraya, mampu tumbuh dengan baik bahkan di tanah dengan kandungan nutrisi yang kurang. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Pohon Dollar dapat hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari sehingga disebut sebagai salah satu tanaman indoor. Pohon Dollar mengandung Flavonoid dan polyphenol yang bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi menetralisir radikal bebas.

Pastikan untuk menyesuaikan pemilihan tanaman dengan kondisi cahaya, suhu, dan kelembaban di dalam ruangan. Kemudian, pertimbangkan ukuran tanaman dan tata letaknya dalam desain ruangan.

14. Sirih Gading

Sirih Gading (Epipremnum aureum) adalah tanaman hias yang dapat digunakan sebagai penyerap emisi timbal (Pb) dari kendaraan bermotor.

Mengutip cimahikota.go.id, Sirih Gading termasuk tanaman rambat yang juga biasa dipakai sebagai penghias taman atau ruangan. Bagian dari Sirih Gading yang bisa membersihkan racun di udara adalah daunnya yang berbentuk hati.

Sirih gading tergolong salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh hingga 20 meter. Sirih gading mempunyai corak daun unik berwarna hijau-kuning atau kuning pucat.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)