Mengenal Jamur Tudung Pengantin, Flora Unik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Senin 03 Juli 2023, 19:15 WIB
Jamur Tudung Pengantin atau Phallus indusiatus menjadi salah satu flora yang tumbuh di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango | Foto: Thiago Bicudo via inaturalist.org

Jamur Tudung Pengantin atau Phallus indusiatus menjadi salah satu flora yang tumbuh di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango | Foto: Thiago Bicudo via inaturalist.org

SUKABUMIUPDATE.com - Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus) menjadi salah satu flora unik yang diketahui tumbuh di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Hal tersebut sempat diungkapkan pihak TNGGP dalam salah satu unggahan di akun Instagram resmi mereka @bbtn_gn_gedepangrango pada 13 Juni 2023 yang memperlihatkan gambar jamur tudung pengantin tersebut.

“#SobatGepang apa kabarnya nih? Boleh ya, mimin spill kekayaan keanekaragaman hayati TNGGP khususnya potensi flora. Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus). jamur satu ini memiliki aroma sedikit berbau bangkai. Hal tersebut berguna untuk menarik perhatian serangga seperti lalat atau ngengat agar hinggap dan membantu menyebarkan spora”. tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Mungkin banyak yang belum mengenal jamur unik satu ini. Apakah jamur ini hanya tumbuh di TNGGP serta bagaimana ciri fisiknya?

Baca Juga: Mengenal Burung Julang Emas, Hewan Eksotis Penghuni Margasatwa Cikepuh Sukabumi

Melansir dari laman tnbukitduabelas.id, Phallus indusiatus adalah spesies jamur yang termasuk dalam famili Phallaceae. Ini ditandai dengan penampilannya yang khas dan fitur unik.

Phallus indusiatus memiliki tubuh buah berbentuk lingga yang dapat tumbuh hingga setinggi 15-30 sentimeter (6-12 inci). Tutup atau kepala jamur berbentuk lonceng dan biasanya ditutupi dengan massa spora berlendir berwarna coklat zaitun atau coklat kehijauan. Tutupnya melekat pada tangkai, yang berongga, putih, dan tebalnya bisa mencapai 3 sentimeter (1,2 inci).

Salah satu ciri paling khas dari Phallus indusiatus adalah struktur halus, berenda, seperti rok yang disebut indusium. Indusium adalah selaput, cincin terjumbai yang menggantung dari bagian atas tangkai jamur dan menutupi sebagian tutupnya. Itu menyerupai kerudung atau rok dan memberi jamur itu nama umumnya.

Indusium berwarna putih atau berwarna krem ​​​​dan sering dibatasi atau dihiasi dengan pola tanda-tanda gelap.
Habitat dan Distribusi: Phallus indusiatus ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Baca Juga: Mengenal Anggrek Ki Aksara, Flora Langka yang Ada di Hutan Gunung Gede Pangrango

Biasanya ditemukan tumbuh di tanah di serasah daun, hutan, padang rumput, dan rumpun bambu. Jamur ini memiliki asosiasi mikoriza dengan berbagai jenis pohon, membentuk hubungan yang saling menguntungkan dimana jamur membantu pohon dalam penyerapan nutrisi sekaligus menerima gula dari akar pohon.

Seperti jamur lainnya, Phallus indusiatus bereproduksi melalui produksi spora. Massa spora berlendir ditutupnya menarik serangga, terutama lalat, yang membantu penyebaran spora.

Serangga terpikat oleh bau busuk yang dikeluarkan oleh jamur, yang berbau seperti daging busuk. Saat serangga memakan massa spora, mereka secara tidak sengaja mengambil dan membawa spora ke lokasi baru, memfasilitasi penyebaran dan kolonisasi jamur.

Apakah Jamur Ini Bisa Dimakan

Melansir dari laman wiki.nus.edu.sg, Phallus indusiatus zaman dulu dianggap sebagai kelezatan di beberapa negara Asia, khususnya dalam masakan Cina. Tubuh buah muda digunakan dalam berbagai hidangan, dan sering dikeringkan untuk digunakan di masa mendatang. Jamur memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang keras.

Baca Juga: Hari Keanekaragaman Hayati, Mengenal Sederet Hewan Terancam Punah yang Ada di Sukabumi

Dalam pengobatan tradisional China, Phallus indusiatus dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Diperkirakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi ginjal, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, penting untuk dicatat bahwa studi ilmiah tentang khasiat obat Phallus indusiatus masih terbatas.

Jadi kalau menemukan jamur jenis ini sebaiknya tidak mengganggunya dan mengonsumsinya karena penelitian mengenai jamur jenis ini masih terbatas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita

Mengenal Gandaria, Flora Khas Jawa Barat

Minggu 13 Februari 2022, 06:00 WIB
Mengenal Gandaria, Flora Khas Jawa Barat
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Toilet Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)