Mengenal Ikan Aligator, Ikan Invasif dan Dilarang Dipelihara di Indonesia

Senin 29 Mei 2023, 14:30 WIB
Ikan Aligator menjadi salah satu ikan yang dilarang dipelihara di Indonesia karena dinilai berbahaya bagi ekosistem alami | Foto: Pixabay/cegoh

Ikan Aligator menjadi salah satu ikan yang dilarang dipelihara di Indonesia karena dinilai berbahaya bagi ekosistem alami | Foto: Pixabay/cegoh

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan Aligator merupakan jenis ikan predator yang cukup populer di Indonesia. Ikan yang berasal dari daerah Amerika Utara dan Tangah ini merupakan ikan berbahaya dan invasif.

Ikan Aligator bisa menjadi predator jika lepas ke sungai dan mengancam ikan-ikan endemik yang ada di daerah tersebut.

Sesuai namanya, ikan ini memiliki bentuk kepala yang mirip dengan salah satu spesies buaya yakni aligator. Hal tersebut yang menjadikan banyak orang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias.

Namun, ikan aligator menjadi salah satu jenis ikan yang dilarang dipelihara di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Burung Julang Emas, Hewan Eksotis Penghuni Margasatwa Cikepuh Sukabumi

Melansir dari laman kkp.go.id, memelihara ikan berbahaya dan invasif seperti ikan aligator, sangat tidak diperbolehkan. Memeliharanya termasuk menyalahi hukum dan siapapun yang melanggar akan dikenai hukuman kurungan dan denda.

Aturan terkait memelihara ikan aligator ini tertuang dalam Undang-undang 31 Tahun 2004 yang diubah menjadi Undang-undang 45 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

Mengenal Ikan Aligator

Alligator gar (Atractosteus spatula) adalah spesies ikan besar yang ditemukan di Amerika Utara. Ia dikenal karena tubuhnya yang panjang dan silindris serta moncong panjang yang menyerupai buaya.

Baca Juga: Jaga Sang Garuda, Cimungkad Sukabumi Jadi Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa

Alligator gar dapat tumbuh hingga ukuran yang mengesankan, dengan panjang melebihi 10 kaki (3 meter) dan berat lebih dari 300 pound (136 kilogram). Mereka memiliki warna gelap berbintik-bintik yang membantu mereka berbaur dengan lingkungannya.

Ikan ini terutama menghuni lingkungan air tawar seperti sungai, danau, dan teluk, dan mereka dikenal karena kemampuannya mentolerir air rendah oksigen.

Alligator gar adalah predator oportunistik dan terutama memakan ikan lain, tetapi mereka juga dapat memakan burung, kura-kura, dan mamalia kecil saat ada kesempatan. Mereka memiliki gigi yang tajam dan rahang yang kuat yang memungkinkan mereka menangkap dan menahan mangsanya.

Baca Juga: Mengenal Paus Orca yang Muncul dan Berenang Bersama Penyelam di Sulawesi

Alligator gar memiliki tempat unik dalam ekosistem sebagai predator tingkat atas. Mereka berperan dalam menjaga keseimbangan populasi ikan dan kesehatan keseluruhan ekosistem perairan yang mereka huni.

Karena ukurannya yang besar dan penampilannya yang menarik, gar buaya terkadang dicari oleh para pemancing untuk olah raga memancing.

Perlu dicatat bahwa populasi aligator gar menghadapi penurunan dan hilangnya habitat selama bertahun-tahun karena faktor-faktor seperti penangkapan ikan berlebihan, perusakan habitat, dan polusi air. Akibatnya, ada upaya konservasi untuk melindungi dan memulihkan populasi mereka di wilayah tertentu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini
Nasional30 November 2023, 10:21 WIB

NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik

H. Ayep Zaki, Dewan pengarah NADIASA sekaligus pendiri lembaga Doa Bangsa, mengapresiasi Rumah Wakaf Indonesia dengan Workshop Waqf Academy, yang mana kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf ini guna mewujudkan Kemaslahan Publik.
NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik (Sumber : Istimewa)
Entertainment30 November 2023, 10:03 WIB

Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Acara seni Sukabumi 1980 bakal dihadiri sejumlah artis papan atas, diantaranya Ariel Tatum, Happy Salma, Donna Agnesia hingga Dewi Gita.
Acara Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di Salabintana bakal dihadiri artis Ariel Tatum, Happy Salma, Dewi Gita hingga Donna Agnesia | Foto: Instagram/@infotitimangsa
Life30 November 2023, 10:00 WIB

Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim!

Tak Hanya Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ciri Orang dzolim bahkan menjadikan orang lain kambing hitam demi melakukan pencitraan. Toxic!
Ilustrasi. Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim! | Sumber: Freepik.com (peoplecreations)
Cek Fakta30 November 2023, 09:50 WIB

PLN Sebut Hoaks, Kabar akan Mati Listrik 18 Jam Sehari di Bogor dan Sukabumi

Kabar hoaks ini juga mencantumkan jadwal pemadaman bergilir.
Tangkapan layar kabar hoaks rencana pemadaman listrik di wilayah Bogor dan Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat30 November 2023, 09:00 WIB

Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil.
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).
Life30 November 2023, 08:58 WIB

8 Tips Orang Tua Bantu Kecemasan Situasional pada Anak, Yuk Terapkan

Merasa cemas dalam situasi tertentu adalah hal yang wajar, dan bisa juga berhubungan dengan kecemasan situasional.
Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject
Nasional30 November 2023, 08:43 WIB

Di Hadapan Jokowi, Dirut PLN Paparkan Pengembangan Hydropower di Tanah Air

PLN di bawah arahan Kementerian ESDM tengah menyiapkan strategi Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang mampu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan hingga 75% pada tahun 2040.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam rangkaian World Hydropower Congress (WHC) 2023 di Nusa Dua Bali pada Selasa (31/10). | Foto: PLN
Kecantikan30 November 2023, 08:30 WIB

10 Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif

Masker wajah dengan bahan dasar timun (cucumber) dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit sensitif.
Ilustrasi. Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 07:00 WIB

8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Jujur atau Tidak?

Cara mengetahui karakter seseorang dari uang ini bisa disimak dengan baik. Meskipun sebenarnya, uang hanya satu diantara banyak aspek dari kehidupan dan tidak dapat memberikan gambaran lengkap tentang karakter seseorang.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Perhatikan Sikapnya (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 06:30 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita Saat Menyimpan Rasa Pada Pria, Mendadak Beda!

Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara
Ilustrasi - Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara (Sumber : Freepik/freepik)