Sejarah Kembang Api: Usir Roh Jahat hingga Perayaan Tahun Baru

Sabtu 24 Desember 2022, 20:35 WIB
(Foto Ilustrasi) Berbicara perayaan malam tahun baru, salah satu tradisi yang tak pernah terlewatkan adalah pertunjukan kembang api. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Berbicara perayaan malam tahun baru, salah satu tradisi yang tak pernah terlewatkan adalah pertunjukan kembang api. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Berbicara perayaan malam tahun baru, salah satu tradisi yang tak pernah terlewatkan adalah pertunjukan kembang api. Cukup menarik untuk dibahas bagaimana sejarah petasan (mercon, red) yang menyemburkan pijar-pijar api di udara ini bermula.

Sejarah Kembang Api Berawal di Cina

Banyak sejarawan percaya hiburan paling eksplosif dari perayaan tahun baru tersebut berasal dari Cina. Negara ini memproduksi lebih banyak kembang api ketimbang negara lain. (Ada pula yang mencari sejarah ini ke Timur Tengah atau India).

Kembang Api Era Sebelum Masehi

Diperkirakan pada awal 200 tahun sebelum masehi, orang Cina telah menemukan semacam kembang api alami. Mereka memanggang bambu yang kemudian meledak keras ketika dipanaskan sebab kantong udara yang berlubang. Ini dilakukan untuk mengusir roh jahat.

Kembang Api Era Masehi

Pada masa antara tahun 600-900 masehi, ahli kimia Cina berharap dapat menemukan ramuan untuk keabadian dengan cara mencampur sejumlah unsur seperti kalium nitrat, rempah-rempah dapur umum, arang, belerang, dan unsur lainnya. Mereka tidak menyadari campuran unsur itu menjadi bentuk awal bubuk mesiu.

Orang Cina ini mulai memasukkan unsur yang mudah menguap ke dalam tunas bambu kemudian melemparkannya ke dalam api dan menimbulkan ledakan keras. Inilah kembang api yang pertama lahir.

Selanjutnya, orang Cina mengganti tunas bambu tersebut dengan tabung kertas untuk menjadi tempat penyimpanan sejumlah unsur kimia tadi. Tidak hanya untuk menakuti roh jahat, mereka juga mulai menggunakan tongkat api itu untuk merayakan acara-acara khusus.

Kembang Api Era Abad ke-10

Sejarah terus berkembang, pada abad ke-10 orang Cina telah mengembangkan bom mentah dan menempelkan petasan ke ujung busur panah untuk menghujani musuh selama mereka bertempur dalam peperangan.

Dua ratus tahun kemudian, mereka belajar cara menembakkan bahan peledak ke udara dan mengarahkannya menuju target musuh, di mana itu menjadi dasar pembuatan roket yang pertama. Namun di luar medan perang, metode ini menjadi tampilan kembang api pertama di udara.

Kembang Api Era Abad ke-13

Pada abad ke-13, sampel dan formula bubuk ini mulai mengalir ke Eropa dan Arab, dikirim oleh diplomat, penjelajah, dan misionaris Franciscan. Ilmuwan Barat, para ahli metalurgi, dan pemimpin militer memobilisasi diri untuk membuat zat-zat ini lebih kuat dan membuat senjata seperti meriam dan rifles.

Di sisi lain, bubuk mesiu atau kembang api ini semakin populer untuk memperingati kemenangan militer serta perayaan publik dan upacara keagamaan.

Baca Juga: 3 Alasan Warna Cantik Kembang Api, Buntut Kecelakaan Penelitian Malam Tahun Baru

Sejarah Kembang Api di Eropa

Pada abad pertengahan di Inggris, kembang api dikenal sebagai penyebab kebakaran. Selama renaissance (periode yang menandakan kelahiran kembali peradaban dan kebudayaan Eropa), para seniman di benua biru, terutama di Italia, menggunakan kembang api sebagai alat pertunjukan dan membuat mereka terkenal dengan tampilan yang rumit dan penuh warna.

Orang Italia yang pada 1830-an adalah yang pertama menemukan unsur logam dan zat aditif lainnya, kemudian menciptakan percikan dan ledakan cahaya cerah dan penuh warna yang terlihat pada kembang api kontemporer.

Sebab pada periode sebelumnya, kembang api hanya menampilkan suara ledakan, kilatan cahaya orange, dan jejak cahaya keemasan yang samar.

Kembang api mendapatkan perhatian di kalangan penguasa Eropa, di mana mereka menggunakannya untuk memikat masyarakat dan menerangi istana kerajaan pada sejumlah acara penting.

Di Inggris, pertunjukan kembang api yang paling awal dilakukan di hari pernikahan Henry VII tahun 1486. Pada 1685, James II sang royal firemaster mendapatkan gelar ksatria karena sukses menyajikan pertunjukan yang luar biasa.

Kemudian Raja Prancis secara teratur memamerkan pertunjukan kembang api spektakuler di Versailles dan istananya yang lain.

Sementara Kaisar Peter Agung dari Rusia mempersembahkan pertunjukan kembang api selama lima jam untuk menandai kelahiran putranya.

Sejarah Kembang Api di Amerika Serikat

Orang Eropa membawa pengetahuan tentang kembang api ini ke dunia baru.

Menurut legenda, Kapten John Smith (tentara, pengelana, dan pengarang Inggris), memulai pertunjukan kembang api pertamanya di Jamestown, Virginia, Amerika Serikat pada 1608.

Dalam catatan, sejumlah koloni Amerika menjadikan kembang api sebagai bahan lelucon. Kebiasaan ini memuncak ketika terjadi peristiwa ledakan petasan yang memicu amarah publik, sehingga pemerintah setempat melarang penggunaan kembang api pada 1731.

Pada 3 Juli 1776, Presiden Amerika Serikat kedua John Adams menulis surat kepada istrinya. Dia mengatakan pada 4 Juli 1776 akan ada pertunjukan kembang api. 4 Juli di Amerika Serikat diperingati sebagai deklarasi kemerdekaan oleh Kongres Kontinental Kedua.

"Akan menjadi hal yang berkesan bagi kita. Saya percaya ini akan dirayakan oleh generasi penerus sebagai festival ulang tahun yang hebat. Itu harus dimeriahkan dengan kemegahan dan parade, api unggun dan iluminasi (penunjukan untuk kembang api), dari satu benua ini ke ujung yang lain, mulai sekarang dan seterusnya selamanya," tulis Presiden Amerika Serikat kedua itu.

Sebelumnya, kembang api juga ditampilkan para peringatan negara baru, termasuk pada peristiwa penting nasional lainnya seperti pelantikan Presiden Amerika Serikat pertama George Washington dan hari libur seperti malam tahun baru.

Baca Juga: Usaha Kembang Api Musiman di Surade Sukabumi Kian Meredup

Pada 1890-an kembang api banyak digunakan oleh para bandit untuk menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, sebagian besar negara mulai mengatur bagaimana kembang api dapat digunakan dan menentukan jenis bahan peledak yang dapat dibeli masyarakat.

Meskipun penggunaan kembang api telah diatur oleh pemerintah, hampir 9.000 orang terluka pada tahun 2009 akibat insiden ledakan kembang api di North Carolina, Amerika Serikat.

Para ahli lalu merekomendasikan tindakan pencegahan agar insiden serupa tidak terulang, seperti peraturan meledakan kembang api hanya di luar rumah, mematuhi peraturan daerah, memastikan ketersediaan air untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran, mencegah anak-anak dari jangkauan bahan peledak, dan yang paling penting, menyadari situasi sekitar saat akan menyalakan kembang api.

Kesimpulan

Jadi, kembang api pertama kali ditemukan di Cina secara tidak sengaja untuk mengusir roh jahat. Kemudian berkembang hingga ke sejumlah aktivitas masyarakat, mulai dari pertempuran hingga kegiatan seremonial kenegaraan dan tahun baru.

Sumber: American Chemical Society | American Pyrotechnics Safety And Education Foundation | history.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?

Inilah Sederet Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?
Ilustrasi - Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)