Vitasma, Obat Herbal Alami Efektif Atasi Batuk Berdarah

Senin 29 Mei 2023, 13:01 WIB
ilustrasi batuk. Mengenal apa itu batuk berdarah, penyebab hingga obatnya. (Sumber : istimewa)

ilustrasi batuk. Mengenal apa itu batuk berdarah, penyebab hingga obatnya. (Sumber : istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak pandemi Covid-19, batuk menjadi masalah kesehatan yang ditakuti masyarakat karena isu-isu yang beredar sejak tahun 2020 hingga saat ini. Maka dari itu, menjaga kesehatan pernapasan dan daya tahan tubuh menjadi untuk melawan dan meredakan batuk sehingga tidak mengakibatkan penyakit batuk berdarah.

Banyak yang belum tahu jika batuk adalah refleks alami tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan virus di dalam tubuh. Lalu, bagaimana dengan batuk berdarah? Simak informasi lengkap seputar batuk berdarah dan obat-obatan yang efektif untuk digunakan.

Mengenal Penyakit Batuk Berdarah

Batuk berdarah atau hemoptitis adalah batuk berdahak yang mengandung darah. Darah yang dikeluarkan merupakan penanda adanya penyakit pada saluran napas serius seperti infeksi paru dan pecah pembuluh darah pada saluran pernapasan.

Adapun aktivitas yang menjadi penyebab batuk berdarah adalah aktivitas merokok, konsumsi obat immunosuppressant, dan riwayat operasi.

Batuk berdarah memiliki gejala awal yaitu keluar darah berwarna merah saat batuk dan pada kondisi tertentu darah yang dikeluarkan cenderung berbusa karena bercampur dengan udara.
Gejala batuk berdarah yang mudah dikenali adalah batuk terus menerus selama beberapa minggu dan juga kehilangan berat badan.

Oleh karena itu, segera menghubungi dokter adalah langkah penanganan pertama yang dinilai efektif karena dokter biasanya akan merekomendasikan untuk mengikuti prosedur pengobatan dan konsumsi obat-obatan batuk sub tipe berdarah seperti:

Obat Kimia

Obat-obatan yang ditujukan untuk penderita batuk berdarah umumnya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut beberapa obat kimia yang diberikan untuk mengatasi batuk sub tipe berdarah sesuai penyebab dan resep dokter:
• Obat Anti TBC yang dikombinasikan dengan obat batuk berdarah adalah obat yang ditujukan untuk meredakan batuk sub tipe berdarah yang disebabkan karena TBC
• Kemoterapi dan radioterapi adalah jenis pengobatan batuk berdarah apabila disebabkan karena kanker paru
• Infus adalah jenis pengobatan batuk sub tipe berdarah apabila penderitanya kehilangan darah terlalu banyak sehingga terjadi syok hypovolemic
Selain mengonsumsi obat-obatan di atas, batuk berdarah juga harus di barengi dengan istirahat yang cukup dan berhenti merokok.

Obat Herbal

Menurut laman resmi Healthline Amerika Serikat, batuk sub tipe berdarah yang disebabkan karena iritasi tenggorokan sederhana bisa diobati dengan obat untuk melegakan tenggorokan dengan formulasi kandungan khusus seperti:

a. Madu
Madu hutan asli memiliki kandungan anti oksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, anti bakteri pada madu juga efektif untuk membantu pemulihan pasca adanya iritasi tenggorokan. Jadi, tidak heran jika madu direkomendasikan untuk mengobati masalah akibat batuk, batuk kering, batuk berdahak, hingga batuk berdarah.

b. Jahe
Jahe berperan menghangatkan badan dengan mengandalkan gingerol dan shogaolnya. Selain itu, sifat jahe yang anti peradangan, anti bakteri, dan juga anti oksidan terbukti efektif dalam membantu mengatasi masalah akibat batuk berdarah.

c. Daun Mint
Daun mint memiliki kandungan mentol yang dapat membantu mengatasi sumbatan yang menjadi sebab adanya mati rasa pada sistem saraf tenggorokan.

Kandungan dari daun mint yang bersifat anti bakteri, antioksidan, dan anti peradangan merupakan senjata ampuh dalam meredakan batuk sub tipe berdarah.

d. Jeruk Nipis
Zat fitokimia adalah kandungan jeruk nipis yang bersifat anti peradangan dan antioksidan yang efektif dalam membunuh bakteri dan virus.

Selain itu, Journal of Pure and Applied Sciences and Technology menyebutkan jika sifat jeruk nipis sebagai anti mikroba efektif untuk menyembuhkan tenggorokan yang terinfeksi.

e. Kayu Manis
Kayu manis adalah salah satu formulasi berharga dari obat herbal karena mengandung senyawa kimia cinnamaldehyde.

Senyawa kimia ini punya peran sebagai anti bakteri dan anti peradangan sehingga efektif dalam meredakan batuk berdarah akibat infeksi tenggorokan.

f. Jinten Hitam
Habbatusauda atau jinten hitam merupakan rempah yang ramai digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif untuk meredakan asma, sesak napas, dan juga masalah batuk kering hingga batuk berdarah.

g. Daun Cakar Ayam
Bentuk daunnya yang bercabang tidak terhitung menjadi ciri khas dari daun cakar ayam.

Selain itu, kandungan senyawa kimia pada daun cakar ayam yang bersifat anti toksin, anti kanker, dan anti pirektik dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan radang paru.

h. Daun saga

Kandungan ekspektoran merupakan senyawa yang hanya ada pada daun saga dan berfungsi untuk mengeluarkan dahak atau kelebihan mukus pada bagian saluran pernapasan. Maka dari itu, daun saga menjadi bahan obat herbal yang direkomendasikan untuk mengatasi batuk kering hingga batuk berdarah.

Untuk mendapatkan obat batuk herbal alami dengan formulasi lengkap sehingga efektif dalam mengatasi batuk berdarah akibat adanya inflamasi pada tenggorokan tidaklah sulit.

Kamu bisa mendapatkan formulasi khusus dan lengkap obat herbal di atas hanya dalam satu botol Vitasma.

Satu botol Vitasma mengandung bahan-bahan herbal alami yang bersifat anti oksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri serta aman dikonsumsi bagi anak-anak, penderita diabetes, dan asam lambung karena terbuat dari madu hutan asli.

Ingin pernapasan kamu tidak terganggu? Aktivitas lancar tanpa sesak napas dan batuk terus menerus? Atau ingin daya tahan tubuh tetap optimal sehingga tidak mudah sakit? Ayo! Miliki Vitasma sekarang juga dan napas jadi lega.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 08:35 WIB

5 Alasan Kenapa Wanita Mandiri Lebih Asyik Sendiri Ketimbang Berpasangan, Ini Faktanya

Wanita mandiri dikenal sebagai golongan yang sangat asyik sendiri ketimbang buru-buru mencari pasangan hidup.
Ilustrasi. Alasan wanita mandiri asyik sendiri. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life28 April 2024, 08:30 WIB

7 Cara Mendorong Anak Mengungkapkan Pikirannya, Yuk Luangkan Waktu Untuk Diskusi

Membangun keterampilan ketegasan akan memberi anak Anda kekuatan untuk merasa didengarkan dan membangun kepercayaan diri saat mereka melakukannya.
Ilustrasi. Cara mendorong anak mengungkapkan pikirannya. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Alamiah yang Membentuk Kepribadian Baik, Ayo Lakukan!

Sudah Tahu? Inilah Beberapa Kebiasaan Alamiah yang Bisa Membentuk Kepribadian Baik, Ayo Lakukan!
Ilustrasi. Partner Kerja yang Baik. Kebiasaan Alamiah yang Membentuk Kepribadian Baik(Sumber : Freepik/@yanalya)
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).