Tol Palabuhanratu dan Macet 'Horor' Libur Lebaran ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Kamis 05 Mei 2022, 19:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kemacetan menuju Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi pasca libur lebaran tahun 2022 ini menjadi cerita 'honor' bagi wisatawan dan warga pengguna jalan. Demi memfasilitasi wisata rakyat jelata ini, dua tahun kebelakang pemerintah sempat mewacanakan pembangunan tol Cibadak Palabuhanratu, apa kabarnya?

Cerita macet 'horor' ke Palabuhanratu pada libur lebaran tahun ini mengulang kembali kisah perjalanan wisatawan tahun 2013 lalu. Dimana banyak wisatawan yang harus menginap di jalan, saat menuju atau pulang dari Palabuhanratu Sukabumi.

Tahun ini, ada wisatawan yang butuh waktu 6 jam dari Palabuhanratu hingga ke Cibadak atau Cicurug, bahkan ada yang lebih dari 10 jam. Faktor utamanya adalah kapasitas jalan akses ataupun di kawasan wisata pantai Palabuhanratu tak mampu lagi menampung jumlah kendaraan (baik R4 atau R2) yang hendak ke Palabuhanratu.

Hari ini, Kamis siang 5 Mei 2022, kemacetan menuju Palabuhanratu bahkan sudah mencapai 35 kilometer. Atau ujung antrian kendaraan yang hendak menuju pantai-pantai di Palabuhanratu sudah mencapai simpang Cikembang, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Bahkan polisi meminta masyarakat tak memaksakan diri berwisata ke pantai di Palabuhanratu. Begitu kata Kepala Kepolisian Resor Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra lewat Kepala Seksi Humas Ipda Aah Saepul Rohman. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan ke Palabuhanratu untuk tidak memaksakan diri karena pantai Palabuhanratu saat ini sudah sangat penuh," kata Ipda Aah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (5/5/2022). 

Baca Juga :

"Tolong sampaikan saat ini situasi arus lalu lintas di Palabuhanratu sudah sangat padat. Persentase jumlah penumpukan kendaraan kurang tahu jelas, namun untuk ekor saat ini sudah sampai Cikembang," ucap Ipda Aah. 

Lalu bagaimana perkembangan proses rencana pembangunan tol Cibadak Palabuhanratu yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namanya tol selatan, merupakan akses sambungan dari tol bocimi menghubungkan Cibadak - Palabuhanratu sepanjang kurang lebih 35 kilometer.

Akhir tahun 2020 silam, Kementerian PUPR melakukan konsultasi publik secara virtual dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi terkait Tol Cibadak- Palabuhanratu. Saat itu, Sekretaris Pengatur Jalan Tol KemenPUPR, Yongki mengatakan konsultasi publik dalam rangka menggali masukan dari berbagai pihak terkait proyek pengembangan Jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu yang prosesnya akan dimulai Desember 2022.

"Tol yang direncanakan sepanjang 34,5KM ini, bisa mengkoneksikan wilayah selatan. Termasuk membuka akses Geopark," ujarnya dalam rilis yang dimuat di akun media sosial Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Jalan Tol yang dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol ini, sekaligus untuk memperlancar distribusi barang dan jasa. Sehingga, bisa menurunkan biaya logistik. "Serta mendukung pengembangan potensi ekonomi di kawasan Sukabumi yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas," ucapnya.

Pembangunan Tol tersebut rencananya akan dibagi menjadi empat sesi dan diproyeksikan selesai pada 2024 mendatang. Proses aerial surveying atau fotogrametri alias peta udara rencana jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu pun sudah dilakukan oleh Kementerian PUPT pada Desember 2021 silam.

Baca Juga :

Kabar Terbaru Tol Cibadak Palabuhanratu, Panjang 35 KM Dimulai Desember Ini

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Asep Japar. Bahwa proses perencanaan pembangunan tol Palabuhanratu Cibadak terus berjalan, seiring dengan pembangunan tol bocimi. 

"Selain program daerah, kami terus mendukung kegiatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi yang tengah dijalankan atau direncanakan pemerintah pusat dan provinsi. Seperti tol bocimi  dan rencana tol Palabuhanratu - Cibadak," ungkap Asep Japar kepada sukabumiupdate.com, melalui pesan singkat, Kamis, 5 Mei 2022.

Daerah dalam hal ini lanjut Asep, mempersiapkan bukaan jalan, ketika tol sudah jadi di titik  interchange. "Rencana bukaan jalan baru untuk meminimalisir kemacetan."

Asep Japar kemudian menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol bocimi yang hingga saat ini tengah tahap penyelesaian exit Parungkuda, akan ditindaklanjuti dengan perencanaan pembangunan jalan bukaan baru sebagai penyangga untuk menghindari kemacetan. 

"Tahun ini sedang proses pembebasan tanah untuk segmen tol bocimi selanjutnya dari Parungkuda sampai Cibolang, mudah2an tahun 2022 ini pembebasan tanah selesai. Lanjut 2023 pembangunan dan mudah-mudahan 2024 bisa selesai. Bisa dipergunakan sesuai harapan masyarakat," beber Kadis PU Kabupaten Sukabumi.

Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sukabumi, menilai keberadaan akses tol Cibadak - Palabuhanratu dapat meningkatkan konektivitas sejumlah kawasan potensial di Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Kabupaten sukabumi telah melakukan studi pendahuluan ihwal rencana pembangunan jalan tol cibadak-palabuhanratu ini dengan Badan Usaha jalan tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol.

Keberadaan jalan tol cibadak - palabuhanratu akan menjadi interkoneksi sejumlah kawasan potensial di Kabupaten Sukabumi, antara lain Geopark Ciletuh Palabuhanratu, rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Cikidang, dan rencana pembangunan nasional lainnya termasuk bandara di Cikembar. 

Termasuk didalamnya pembangunan kawasan minapolitan, ada pelabuhan regional. Dari pra perencanaan awal, start tol ini dari interchange tol bocimi di Parungkuda atau Cibadak, yang tengah dilakukan studi kelayakan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer