TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Tol Palabuhanratu dan Macet 'Horor' Libur Lebaran ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Fitriansyah
Penulis
Kamis 5 Mei 2022, 19:03 WIB
Tol Palabuhanratu dan Macet 'Horor' Libur Lebaran ke Geopark Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kemacetan menuju Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi pasca libur lebaran tahun 2022 ini menjadi cerita 'honor' bagi wisatawan dan warga pengguna jalan. Demi memfasilitasi wisata rakyat jelata ini, dua tahun kebelakang pemerintah sempat mewacanakan pembangunan tol Cibadak Palabuhanratu, apa kabarnya?

Cerita macet 'horor' ke Palabuhanratu pada libur lebaran tahun ini mengulang kembali kisah perjalanan wisatawan tahun 2013 lalu. Dimana banyak wisatawan yang harus menginap di jalan, saat menuju atau pulang dari Palabuhanratu Sukabumi.

Tahun ini, ada wisatawan yang butuh waktu 6 jam dari Palabuhanratu hingga ke Cibadak atau Cicurug, bahkan ada yang lebih dari 10 jam. Faktor utamanya adalah kapasitas jalan akses ataupun di kawasan wisata pantai Palabuhanratu tak mampu lagi menampung jumlah kendaraan (baik R4 atau R2) yang hendak ke Palabuhanratu.

Hari ini, Kamis siang 5 Mei 2022, kemacetan menuju Palabuhanratu bahkan sudah mencapai 35 kilometer. Atau ujung antrian kendaraan yang hendak menuju pantai-pantai di Palabuhanratu sudah mencapai simpang Cikembang, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Bahkan polisi meminta masyarakat tak memaksakan diri berwisata ke pantai di Palabuhanratu. Begitu kata Kepala Kepolisian Resor Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra lewat Kepala Seksi Humas Ipda Aah Saepul Rohman. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan ke Palabuhanratu untuk tidak memaksakan diri karena pantai Palabuhanratu saat ini sudah sangat penuh," kata Ipda Aah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (5/5/2022). 

Baca Juga :

"Tolong sampaikan saat ini situasi arus lalu lintas di Palabuhanratu sudah sangat padat. Persentase jumlah penumpukan kendaraan kurang tahu jelas, namun untuk ekor saat ini sudah sampai Cikembang," ucap Ipda Aah. 

Lalu bagaimana perkembangan proses rencana pembangunan tol Cibadak Palabuhanratu yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namanya tol selatan, merupakan akses sambungan dari tol bocimi menghubungkan Cibadak - Palabuhanratu sepanjang kurang lebih 35 kilometer.

Akhir tahun 2020 silam, Kementerian PUPR melakukan konsultasi publik secara virtual dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi terkait Tol Cibadak- Palabuhanratu. Saat itu, Sekretaris Pengatur Jalan Tol KemenPUPR, Yongki mengatakan konsultasi publik dalam rangka menggali masukan dari berbagai pihak terkait proyek pengembangan Jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu yang prosesnya akan dimulai Desember 2022.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini