Catatan Probumi Soal Eksplorasi Panas Bumi di Sukabumi

Kamis 16 Desember 2021, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Probumi Indonesia menyebut Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi sumber energi yang bisa digunakan untuk memproduksi listrik yaitu panas bumi dan tenaga angin. Organisasi lingkungan hidup ini menilai energi baru dan terbarukan tersebut dapat menunjang kehidupan masyarakat khususnya di Jabar dan sekitarnya. 

Ketua ProBumi Indonesia Budi Harto menuturkan, kebutuhan listrik terus meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. 

Baca Juga :

Setelah Panas Bumi, Air Curug Jadi Sumber Energi Masa Depan Sukabumi

Menurut dia, semakin meningkatnya kebutuhan akan energi ini, tentu berdampak ikut meningkatnya kebutuhan bahan baku penghasil energi listrik seperti batu bara dan minyak bumi. 

"Tentunya bahan baku tersebut jika terus menerus digunakan maka akan habis," ujar Budi dalam kegiatan workshop eksplorasi sumber Energi baru terbarukan tanpa merusak alam ditengah kebutuhan Energi listrik yang meningkat yang diselenggarakan Probumi Sukabumi, Rabu (15/12/2021).

photoKetua ProBumi Indonesia Budi Harto menyerahkan kaos kepada Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim. - (Andri Somantri)</span

Budi mengatakan, dampak penggunaan batu bara dan minyak bumi untuk energi listrik bagi lingkungan sangat besar. Menurut dia, aktivitas tambang batu bara dan pengeboran minyak dapat merusak dan mencemari lingkungan serta habitat flora dan fauna.

Maka dari itu, kata Budi, Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan program dan kebijakan agar dalam pengadaan listrik dengan memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan seperti panas bumi dan angin. 

“Ternyata, Kabupaten Sukabumi  yang dibentengi dua gunung aktif yakni Gunung Salak dan Pangrango menyimpan sumber daya energi panas bumi yang bisa diubah menjadi energi listrik,” jelasnya.

“Belum lagi sumber energi dari tenaga angin yang berada di Kecamatan Ciemas juga bisa dimanfaatkan untuk memproduksi listrik khususnya bagi warga yang tinggal di Kabupaten Sukabumi,” imbuh Budi.

Tentunya, potensi ini harus bisa dimanfaatkan demi kelangsungan hidup manusia. 

Namun, hingga ini masih ada kekhawatiran dari berbagai elemen masyarakat terkait eksploitasi energi panas bumi menjadi malapetaka di kemudian hari seperti rusaknya lingkungan hijau pegunungan dan juga menggusur berbagai satwa liar yang saat ini sudah terancam punah.

Maka dari itu Probumi Indonesia mengadakan bertema workshop eksplorasi sumber Energi baru terbarukan tanpa merusak alam ditengah kebutuhan Energi listrik yang meningkat. 

Budi menyatakan Workskhop ini dirasa penting untuk dilaksanakan agar lingkungan tidak menjadi korban dalam setiap kegiatan eksplorasi sumber daya alam.

“Penyediaan cadangan listrik bagi rakyat dengan memanfaatkan sumber energi panas bumi dari Gunung Salak maupun tenaga bayu atau angin di Kecamatan Ciemas harus dilaksanakan tapi dalam eksplorasinya harus tetap menjaga lingkungan baik dari pencemaran maupun kerusakan,” pungkas Budi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa