5 Tuntutan Sukabumi Menggugat Soal PPKM yang Diperpanjang, Ada Soal Nasib PKL

Minggu 25 Juli 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aliansi BEM Se-sukabumi atau ABSI memang gagal menggelar aksi unjuk rasa terkait PPKM yang diperpanjang menjadi level 4. Melalui gerakan Sukabumi Menggugat, ABSI mengeluarkan 5 tuntutan kepada Forkopimda Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Dalam rilis tertulis yang dilayangkan kepada redaksi sukabumiupdate.com, Sabtu (24/7/2021) ABSI bersama Masyarakat Sukabumi memutuskan untuk terus mengawal dan mengawasi Kebijakan PPKM yang sudah diputuskan untuk diperpanjang sampai dengan tanggal 25 Juli 2021. "ABSI akan mengawal kebijakan yang diterapkan oleh Forkopimda Kota dan Kabupaten sukabumi, sesuai dengan Instruksi Mendagri No 22 Tahun 2021," tulis ABSI dalam pernyataan sikap tersebut. 

Menurut ABSI, pemerintah pusat akan memberlakukan pelonggaran waktu kepada para masyarakat terdampak selama PPKM darurat 03-20 juli 2021. Maka dari para pedagang kaki lima dan para terdampak dibolehkan lagi untuk melaksanakan aktivitas jualannya, namun Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 20 Juli 2021 , menegaskan bahwa kebijakan tersebut dikembalikan lagi kepada Pemerintah Daerah.

Baca Juga :

Sukabumi Menggugat, ABSI Minta Pemda Izinkan PKL Kembali Berjualan dengan Prokes

Maka dari itu Aliansi BEM Se – Sukabumi bersama masyarakat dengan ini menyatakan sikap:

1. MENUNTUT FORKOPIMDA Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk menyegerakan pelonggaran waktu kepada pedagang kaki lima supaya bisa berdagang kembali dengan Protokol Kesehatan, serta melonggarkan mobilitas masyarakat, supaya sarana transportasi Online maupun konvensional bisa beroperasi kembali sesuai dengan Instruksi Mendagri No 22 Tahun 2021

2. SATGAS COVID-19 KOTA DAN KABUPATEN SUKABUMI HARUS MENGEVALUASI  penanganan Covid-19, Karena selama PPKM berlangsung kasus covid-19 semakin meningkat dan tidak mengalami penurunan. Nyatanya masyarakat sudah memenuhi segala aturan yang sudah ditetapkan.

3. MENDESAK FORKOPIMDA Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk segera menyelesaikan proses finalisasi data bantuan dana sosial dan segera mendistribusikan bantuan tersebut secara cepat, tepat sasaran dan merata!

4. Jika PPKM Level 3 dan 4 yang diberlakukan di Kota dan Kabupaten Sukabumi  tetap mengalami perpanjangan waktu tanpa memperhatikan kesejahteraan masyarakat, maka pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi beserta Pimpinan Daerah lainnya “WAJIB MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP MASYARAKAT” Sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

5. MENDESAK APARAT KEAMANAN Untuk tidak bersikap keras dan bertindak kasar kepada masyarakat dalam upaya penertiban dan pengamanan selama diterapkannya Kebijakan PPKM Level 3 dan 4 yang sedang berlangsung!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)