Sudah Malu Pinjam Uang, Sendirian Rifandi Protes PPKM Darurat di Jalanan Sukabumi

Minggu 18 Juli 2021, 19:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi Rifandi kini menjadi viral. Pemuda warga Perumahan Mekarsari Kecamatan Cicurug melakukan aksi seorang diri di pinggir jalan Nasional Sukabumi - Bogor tepatnya di depan Pasar Cicurug, memprotes kebijakan PPKM Darurat yang menurutnya mematikan profesinya sebagai pedagang kuliner kaki lima.

Aksi itu sudah berlangsung sejak 16 Juli hingga hari ini, Minggu (18/72021). Berbekal dua papan untuk menuliskan aspirasinya kepada pemerintah:

"PPKM darurat? Ibuku sakit lebih darurat !! Saya harus dagang Pak/Bu *Rifandey 

"Di siksa oleh peraturan *Rifandey

Muhammad Rifandi (23 tahun) yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang Kebab dan Es Jelly. Ia kecewa dengan penerapan PPKM darurat karena langsung membuat penghasilannya anjlok.

Ia bahkan sakit hati dengan kebijakan tersebut. "Ini suara hati saya karena sakit hati banget, biasa saya jualan sehari dapat Rp 100.000 - 150.000 kalau sekarang Rp 10.000 - 20.000 jadi saya menyuarakan saja sendiri tidak mengajak pedagang lain karena saya bukan provokator," ujarnya saat dihubungi sukabumiupdate.com Minggu (18/7/2021).

Baca Juga :

Rifandi kecewa dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan PPKM Darurat karena kondisi ekonominya saat ini sedang sulit. Ditambah lagi penghasilannya sehari-hari selama ini untuk biaya kesehatan kesehatan orang tuanya yang sakit-sakitan.

"Saya cuma ingin berdagang normal lagi supaya bisa membantu biaya berobat ibu saya yang sakit-sakitan terus, ibu saya sakit jantung dan lambung, jadi ibu saya itu harus bolak-balik berobat ke rumah sakit ataupun ke klinik-klinik," Tuturnya.

Diketahui Rifandi tinggal di rumahnya bersama kedua orangtuanya dan tiga adiknya dan satu kakaknya. "Saya tinggal di rumah 7 orang saya dan kakak saya itu yang mencari nafkah untuk kebutuhan hidup sehari-hari apalagi adik-adik saya masih kecil," ungkapnya. 

Lanjut, Rifandi mengaku tidak akan melanjutkan aksi tersebut karena sudah didatangi oleh aparat penegak hukum.

Baca Juga :

Aliansi Bem Sukabumi Tolak Perpanjangan PPKM Darurat, Serukan Aksi 21 Juli

"Saya tidak akan melakukan aksi itu lagi, karena tadi didatangi oleh pihak kepolisian dan saya menyepakatinya. Saya mendapatkan bantuan sembako dari anggota polisi yang ke tempat lapak berjualan saya tadi sore," tegasnya.

Rifandi berharap ada solusi lainnya dari siapapun terkait kebutuhan biaya pengobatan orang tuanya. "Kalau ada yang mau membantu dari siapapun juga dengan senang hati karena untuk berobat ibu saya, karena saya sudah malu pinjem uang sama tetangga saya," pungkas Rifandi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)