Dugaan Pungli di Program Beasiswa Hafiz Al-Qur'an Sukabumi? Dinas Pendidikan Beberkan Ini

Kamis 17 Juni 2021, 12:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi angkat suara soal adanya dugaan pungutan liar atau pungli dalam beasiswa hafiz Al-Qur'an bagi siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Program ini sebelumnya diluncurkan dalam rangka 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi.

Mengutip laporan beritausukabumi.com, informasi dugaan pungli ini datang dari salah satu orang tua siswa Sekolah Menengah Pertama swasta di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang anaknya lolos seleksi beasiswa tersebut.

"Saya awalnya tidak percaya program beasiswa pendidikan dengan syarat hafiz Al-Qur'an dari Pak Bupati Marwan ini harus dipungut biaya. Lalu saya tanya ke orang tua siswa lain yang anaknya dapat beasiswa, apakah diminta uang juga, dan ternyata jawabannya sama, mereka sama seperti saya diminta uang," kata orang tua berinisial AR.

AR mengaku dimintai uang sejumlah Rp 1 juta untuk lima pengawas program beasiswa. "Jadi kalau dibagi, satu orang tua siswa harus memberi uang Rp 200 ribu. Saya tidak tahu uangnya itu untuk apa, dikasihkan atau jangan. Tapi bagi saya ini benar-benar tidak masuk akal. Daripada dikasihkan, lebih baik buat beli kebutuhan di dapur saja," ucap dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin mengaku belum menerima laporan soal adanya dugaan pungutan liar tersebut. Pasalnya, dana beasiswa langsung ditransfer ke rekening penerima. "Tapi tentu kami akan menelusuri dugaan tersebut dengan melakukan pengecekkan ke lapangan," kata Solihin, Rabu, 16 Juni 2021.

Solihin mengatakan program beasiswa ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Al-Qur'an dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Rangkaian program beasiswa ini pun telah dimulai sejak Februari 2021. Saat itu verifikasi administrasi dilakukan pada 22 hingga 27 Februari. Selanjutnya pengumpulan hasil verifikasi administrasi dilakukan pada 1 Maret.

"Seleksi peserta hafiz 21-22 April 2021 dan pengumuman hasil seleksi 26 April 2021," kata Solihin.

Sejumlah persyaratan pun ditetapkan dalam program ini, termasuk syarat peserta wajib warga yang berdomisili di Kabupaten Sukabumi (dibuktikan dengan kartu keluarga). Sementara proses verifikasi kebenaran hafalan peserta dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an atau LPTQ Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

Solihin menuturkan penyerahan beasiswa hafiz ini dilakukan secara simbolis pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 di Pendopo Sukabumi oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Tercatat ada 40 siswa Sekolah Dasar dan 92 siswa Sekolah Menengah Pertama yang memperoleh beasiswa tersebut dengan masing-masing menerima Rp 5 juta yang ditansfer ke rekening tabungan pelajar masing-masing siswa (setiap pelajar membuat rekening tabungan pelajar di BJB).

"Saat itu Pak Bupati menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan peserta yang diwakili Muhammad Alwi Al Hansyi dari SDN 2 Mangkalaya Cisaat dan Nalika Senja Kunia dari SMP Unggulan Al-Barokah Cidahu," kata Solihin.

Solihin mengatakan program pemberian beasiswa hafiz Al Qur'an bagi siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama didasarkan pada Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2021 tanggal 22 Maret 2021 dan penerima beasiswanya tertuang dalam Keputusan Bupati Nomor: 420/kep-438-disdik/2021 tanggal 27 April 2021.

"Menurut informasi terakhir, dana tersebut telah ditransfer ke masing-masing siswa, namun belum dipastikan apakah semuanya sudah mencairkan atau belum," kata dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).
Sukabumi18 Mei 2024, 15:00 WIB

Gizi Memburuk, Balita di Cisolok Sukabumi Berjuang Lawan Penyakit Paru-paru

Ahsan sudah dibawa ke RSUD Palabuhanratu untuk ditangani kesehatannya.
Kondisi Ahsan (2 tahun) asal Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi18 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sales Executive/Pramuniaga Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sales Executive/Pramuniaga Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 Mei 2024, 14:38 WIB

Harus Ada 85 Ribu Peserta Baru, Syarat Kabupaten Sukabumi Kembali UHC Non-Cut Off

Keaktifan 75 persen peserta JKN menjadi batas UHC Non-Cut Off dimulai Januari 2024.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini saat dimintai keterangan oleh wartawan pada Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat18 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Alasan Mengapa Mangga Baik Dikonsumsi Untuk Turunkan Kolesterol

Mangga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk obat penurun kolesterol.
Beberapa alasan mengapa buah Mangga baik dikonsumsi untuk turunkan kolesterol pada tubuh. (Sumber : Freepik/@stocking).
Life18 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Manfaat Jalan Kaki Sore Hari, Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Jantung

Jalan kaki sore memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Sederet manfaat jalan kaki sore hari berikut ini bisa membuat kesehatan lebih baik. (Sumber : Freepik/@teksomolika).