Warga Sukabumi Korban Tsunami, Terombang-ambing di Air dan Lihat Percikan Lava Anak Krakatau

Rabu 26 Desember 2018, 07:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Udeng Sudirman (45 tahun), warga Limus Nunggal, RT 02/01, Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, menjadi saksi hidup ketika tsunami menerjang Selat Sunda pada hari Sabtu (22/12/18) lalu.

Udeng merupakan karyawan PLN Asmen Fasilitas Dan Umum Kantor Induk  Unit Induk Transmisi (UIT) PLN Depok yang membawahi PLN di sekitaran Cilegon Banten. Pada saat itu, ia beserta rombongan dari kantor PLN depok sedang mengadakan acara familly gathering yang yang berlokasi di Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Acara itu dihadiri seluruh karyawan dan pejabat PLN Depok dan salah satu pengisi acaranya merupakan band Seventeen yang juga beberapa anggota band dan krunya menjadi korban dalam bencana Tsunami tersebut.

"Saya bagian dari panitia, yang lainnya ikut menghadiri hiburan disana, rombongan saya ada kurang lebih 200 orang karyawan PLN Depok," terang Udeng kepada wartawan di rumahnya, Rabu (26/12/18).

Pada saat kejadian, posisi Udeng sedang di pinggir panggung, menurutnya malam itu air laut begitu tenang, bulan terlihat sangat terang dan terlihat percikan lava Anak Gunung Krakatau dari kejauhan tempat ia berdiri.

"Waktu itu sekira pukul 21.00 WIB, band Seventeen baru membawakan dua lagu dan gak ada tanda apapun tiba-tiba air gede sudah menerjang dan menghantam masuk ke kawasan panggung dan kerumunan orang banyak," terangnya.

Ia mengungkapkan, tubuhnya langsug terpental ke arah dalam daratan dan terombang ambing di atas air laut yang mulai memasuki kawasan pantai. Pada saat itu ia hanya berpegangan pada sebuah kayu sambil terbawa ke sana ke mari oleh derasnya air laut.

Dari titik awal lokasi semula di pinggir panggung itu, ia mengaku terbawa arus sejauh kurang lebih dua kilometer ke arah daratan masuk ke kawasan pemukiman warga.

"Pukul 21.30 WIB, air mulai surut, berarti saya terombang ambing itu kurang lebih selama 30 menit lamanya," paparnya.

BACA JUGA: 84 Kendaraan Diamankan Pasca Tsunami, Ada Plat Sukabumi

Udeng mengatakan, setelah air surut, seketika suasana di sekitaran kawasan tersebut senyap dan sunyi seperti kota mati. Ia pun masih belum menyangka apa yang telah terjadi adalah sebuah bencana Tsunami. Lalu, beberapa menit kemudian mulailah terdengar suara minta tolong dari sana sini.

Tak lama, terdengar suara anak kecil dari arah bawah posisi Udeng berdiri dan meminta tolong pada dirinya.

"Dia nangis ketakutan dan bilang ke saya om tolong om, bantu saya. Lalu saya bantu dan temanin dia mencari keluarganya," kata Udeng.

Tapi, pada saat itu ia baru tersadar bahwa luka yang ia alami ternyata sangat parah, ia mulai merasakan suaranya berubah, bagian kepala, tangan, dada, punggung mulai terasa sakit ditambah lagi kakinya yang semakin terasa lumpuh dan sakit.

"Saya baru sadar kalau kaki saya remuk dan patah," ungkapnya.

BACA JUGA: Hilang Kontak Tiga Hari, Warga Asal Tegalbuleud Sukabumi Selamat dari Tsunami di Banten

Sambil menemani anak tersebut akhirnya ia menemukan salah satu anggota keluarganya dan menitipkan ke orang tersebut, lalu ia melanjutkan untuk menuju Puskesmas terdekat sambil mencari rekan-rekannya juga. Di perjalanan ia menemukan ada tiga orang yang terjebak di dalam sebuah mobil dengan kondisi yang mengenaskan namun masih terlihat selamat.

"Ada ibu-ibu, dan satu anak di dalamnya, saya tidak tahu masih hidup atau sudah meninggal, saya bantu keluarkan dan saya antar mereka juga menuju Puskesmas," terangnya.

Sesampainya di Puskesmas ternyata sudah ramai dipenuhi para korban yang luka dan meninggal dunia. Ia sempat mendapatkan perawatan dari warga sekitar untuk mengobati luka-lukanya.

"Gak tau saya dimandiin air panas gitu sambil diurut dan tiba-tiba sembuh aja," ujarnya.

Setelah dari Puskesmas, ia pun diantarkan oleh seseorang yang tak ia kenal untuk menemui saudaranya yang berada dekat dengan lokasi tsunami di Tanjung Lesung, Banten. Sampai akhirnya ia sampai dan menemukan salah satu anggota keluarganya yang tinggal di sana dan meminta bantuan untuk menghubungi anggota keluarganya yang berada di Sukabumi.

"Pada saat itu, hanphone saya rusak gak tau kebentur apa, jadi tidak nyala, untungnya saudara saya ini punya nomor adik saya yang di Sukabumi. Tersambung dan saya minta ke adik saya untuk dijemput ke sini tapi jangan memberi tahu istri saya dulu takutnya dia panik dan gimana," tuturnya.

BACA JUGA: Pasca Tsunami, Warga Tegalbuleud Sukabumi Hilang Kontak dengan Keluarga di Banten

Pasca kejadian Sabtu malam hari (22/12/18) hingga hari Minggu (23/12/18) siang hari, Udeng bertahan di rumah saudaranya yang berada di Tanjung Lesung. Sekira pukul 13.00 WIB adiknya yang dari Sukabumi tiba menjemputnya lalu membawa Udeng kembali ke Sukabumi.

Tiba di Sukabumi sekira pukul 18.00 WIB, Udeng dibawa ke Rumah Sakit Kartika Kasih di Jalan Jendral Ahmad Yani, Nyomplong, Kota Sukabumi.

Di rumah sakit tersebut Udeng mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut dan langsung pulang.

Ia mengaku belum mendapatkan kabar detail tentang nasib rekan-rekannya yang menjadi korban Tsunami itu. Namun, semenjak tiba di rumah dan beristirahat, ia terus memantau perkembangan nasib rekan-rekan lainnya yang mungkin masih terjebak di Tanjung Lesung, Banten.

"Alhamdulillah saya selamat, meskipun badan saya hancur, waktu itu saya sudah pasrah dan ikhlas juga kalau misalkan hari itu ajal menjemput saya, Saya masih terus mengkhawatirkan kabar kondisi rekan-rekan saya lainnya, semoga pada selamat dan sehat wal afiat," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)