bankbjb

Dulu Jalur Gula Sukabumi, Mimpi Sejarawan: Jembatan Kuning Bagbagan Jadi Heritage

Andri Somantri
Penulis
Minggu 25 Sep 2022, 11:54 WIB
Dulu Jalur Gula Sukabumi, Mimpi Sejarawan: Jembatan Kuning Bagbagan Jadi Heritage

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Bagbagan di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu bangunan infrastruktur yang mempunyai nilai sejarah. 

Jembatan yang khas dengan warna kuning ini melintang di atas Sungai Cimandiri. Namun saat ini jembatan tersebut sudah tak lagi digunakan untuk kendaraan, sebab sudah ada jembatan baru yang dibangun disamping jembatan Bagbagan.

Jembatan Bagbagan yang memiliki panjang bentang utama 117,5 meter, tinggi pilon 17,7 meter, dan lebar 3,9 meter ini dibangun sejak masa kolonialisme Belanda. 

Baca Juga :

Dulunya, jembatan ini cukup vital sebagai akses jalur ekonomi warga Palabuhanratu dan Jampang atau sebaliknya.

“Akses lalu lintas dari Jampang ke Palabuhanratu, karena dulu ada jalur ekonomi yang kita sebut sebagai jalur gula," kata Pakar Sejarah yang juga Ketua Yayasan Dapuran Kihapare Irman Firmansyah, Sabtu, 24 September 2022.

Irman mengatakan, Jembatan Bagbagan, disebut juga Kabelbrug Tjimandiri atau Hangbrug Tjimandiri karena melintasi sungai Cimandiri. Jembatan ini dibangun tahun 1914 oleh BOW (Burgelijk Openbare Werken) dan diketahui beberapa kali dihancurkan oleh banjir.

Sampai kemudian tahun 1918 Jembatan Kabel kemudian dipesan melalui beberapa kontraktor diantaranya workshop Der FA Becker & Co Surabaya dan pada bulan November tahun 1923 jembatan baru selesai setelah gagal diresmikan tahun sebelumnya.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini