TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Monyet Masuk Kampung di Sukaraja Sukabumi, Buah dan Hasil Kebun Jadi Incaran

Andri Somantri
Penulis
Kamis 25 Agt 2022, 15:54 WIB
Monyet Masuk Kampung di Sukaraja Sukabumi, Buah dan Hasil Kebun Jadi Incaran

SUKABUMIUPDATE.com - Kawanan monyet yang datang ke perkampungan di Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, mengincar buah-buahan atau hasil kebun.

Baca Juga :

"Monyet-monyet itu tapi tidak sampai merusak rumah, cuman mereka mengambil dan memakan buah alpukat dan buah nangka yang masih dipohon milik warga," ujar Nining, warga Kampung Pamoyanan Kaler, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/8/2022).

Nining menyatakan, pernah melihat monyet naik ke atap rumah warga. Namun tidak sampai bergerombol hanya 2 ekor monyet saja. "Yang sampai naik ke rumah warga itu hanya ada 2 ekor saja tidak banyak," ujarnya.

Warga lainnya, Jejen (70 tahun) mengungkapkan lebih memilih menanam padi dan tanaman hias dibanding tanaman lainnya. Pasalnya, hasil kebunnya seperti pisang, jagung, bawang dan ubi jalar selalu habis oleh kawanan monyet. 

Menurut Jejen, monyet tersebut kerap muncul di sekitar kebunnya dan kemunculan monyet itu bukan terjadi saat ini saja. Jejen menyatakan, sudah 5 tahun terakhir monyet-monyet itu sering muncul.

"Biasanya kalau ada monyet itu saya suka usir dengan menembakan senapan angin tapi tidak ditembakan ke monyetnya, hanya untuk menakut-nakuti saja agar [monyet] pergi," ujarnya.

Ketua RW 09 Desa Sukamekar, Memen Supendi berharap agar gerombolan monyet tersebut pergi dan tidak kembali lagi.

"Karena gerombolan monyet tersebut sudah meresahkan, [monyet sering muncul] khususnya di wilayah RW 9 yang berdampingan dengan perkebunan," kata dia.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini