Dicurhati Soal Cangkul di Sukabumi, Ini Jawaban Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM

Rabu 08 Juli 2020, 13:50 WIB

 

 

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Koperasi Industri Kerajinan Rakyat (Kopinkra) Kabupaten Sukabumi, Asep Rohendi, mempertanyakan progres produksi cangkul yang salah satunya digandang-gadang akan dikembangkan di Cibatu Kecamatan Cisaat untuk menangkis serbuan impor. Selain itu, terkait pendataan bantuan terdampak Covid-19.    

BACA JUGA: Sempat Didatangi Menkop UKM, Pengusaha Logam Cibatu Sukabumi Kini Terkubur Cangkul

Hal itu disampaikan Asep Rohendi dihadapan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, bersama Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) saat keduanya menyambangi Kopinkra, Rabu (8/7/2020).

Ia menjelaskan, akhir November 2019, Menkop UKM Teten Masduki dan jajarannya datang ke salah satu bengkel perkakas pertanian di Cibatu Sukabumi meninjau langsung pembuatan cangkul di workshop CV Rhodas. Sebagai tindak lanjutnya akan membentuk tim kecil. Namun, ia menegaskan sampai saat ini belum ada kabar dan progresnya seperti apa.

"Tiba-tiba ada yang menghubungi saya meminta data terdampak Covid-19, tetapi sama juga sampai saat ini belum ada tindak tindak lanjut dan realisasinya. Terus terang kami sebagai warga di sini kecewa," terangnya.

Pria yang akrab disapa Asro ini mengaku sudah mempertanyakan hal itu, namun jawabannya sudah didistribusikan bantuan tersebut ke Kota dan Kabupaten Sukabumi. Ia mengaku kembali kecewa setelah ditanyakan ke DPKUKM tidak ada sama sekali terkait pendataan itu.

"Kami berharap dengan kehadiran Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM bersama Direktur Utama LPDB-KUMKM membawa angin segar dan ada tindak lanjutnya. Apalagi sejak Covid-19 tidak ada pekerjaan, bahkan sebanyak 32 orang harus kami rumahkan. Mudah-mudahan ada solusi," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, menuturkan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini, sehingga agenda menteri besar dan strategis sementara harus ditunda terlebih dahulu. Apalagi anggaran belanja semua direkofusing untuk penanganan Covid-19.

Untuk pendataan bantuan, sambung Rully, ada beberapa skema mulai dari kesehatan, sosial, dan pemulihan ekonomi. Jadi data itu sudah disalurkan dan masuk ke kemensos dan ketenagakerjaan.

BACA JUGA: Menkop UKM Akui Jika Cangkul Cibatu Sukabumi Lebih Bagus Dari Buatan Cina

Soal cangkul pun, ia mengaku sudah ada tim, namun semua agenda tergangu akibat Covid-19 ini, sehingga belanja pemerintah seperti membeli pacul dalam negeri harus dialihkan dahulu untuk penanganan Covid-19.

"Upaya sudah ada tetapi pengalihan dulu, secara umum itu tetap menjadi agenda kita. Mudah-mudahan 2021 ada upaya memulai kembali dan dipastikan tetap berjalan, karena itu penting dan strategis. Apalagi berkaitan dengan produksi pertanian dan pangan, maka dari itu infrastruktur pertaniannya maupun alat harus ada," ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)