Terminal Pasar Cicurug Sukabumi Tak Berfungsi Maksimal, Kok Retribusi Masih Ditarik?

Kamis 07 November 2019, 09:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Restribusi Terminal Pasar Cicurug yang tetap diberlakukan kepada sejumlah trayek angkutan umum dipertanyakan. Pasalnya terminal yang berada di belakang Pasar Semi Modern (PSM) Cicurug ini tak berfungsi maksimal melayani kebutuhan angkutan umum.

Salah satu sopir angkot trayek 09 (Cibadak – Benda) yang enggan namanya dituliskan namanya mengaku keberatan dengan penarikan restribusi terminal yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi. Terminal Pasar Cicurug yang menjadi alasan penarikan retribusi menurut dia sudah lama tidak berfungsi melayani kebutuhan para sopir angkutan umum.

BACA JUGA: Terminal Cicurug Belum Beroperasi, Ini Reaksi DPRD Kabupaten Sukabumi

Bukti jika terminal tersebut tak berfungsi adalah lokasi penarikan restribusi trayek 09 sendiri bukan di terminal atau depannya, melainkan di depan Stasiun Cicurug. "Pasar itu enggak mungkin buat semua trayek karena aksesnya sempit dan kondisinya juga masih belum teratur. Setahu saya dulu memang ada terminal di belakang pasar ini, namun hanya untuk angkot Cidahu," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (7/11/2019).

Dia mengaku tidak tahu keberadaan terminal sementara yang menjadi alasan Dishub menarik retribusi. “Tidak ada sosialisasi apapun dari dinas terkait soal terminal sementara yang berada di Pasar Cicurug," tuturnya.

BACA JUGA: Area Masih Kurang jadi Alasan Belum Beroperasinya Terminal Cicurug Sukabumi

Terkait keluhan para sopir angkutan umum jenis angkot ini, Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat mengatakan penarikan retribusi masih dilakukan karena fasilitas berupa terminal masih terdapat di bagian belakang Pasar Semi Modern (PSM) Cicurug. Meskipun Lukman mengakui akses untuk angkutan umumnya belum optimal.

“Kan di pasar itu dulunya ada terminal. Sekarang jadi terminal sementara karena ada aksesnya, walaupun memang kondisinya belum optimal," terangnya.

Lukman menerangkan Dishub akan mengkaji opsi menghapus penarikan retribusi ini jika akses atau kondisi terminal tidak memungkinkan untuk mengakomodir angkutan umum yang ada. “Sesuai aturan maka penarikan restribusi tersebut harus segera diberhentikan,” sambung Lukman.

Retribusi terminal sementara di Pasar Cicurug ini tidak hanya untuk trayek 09, tapi juga dua trayek lainnya yang tujuan akhirnya Cicurug. Pos dishub di depan ruko Kembang Kuning untuk penarikan retribusi angkutan umum 01, Cicurug - Sukasari.

BACA JUGA: Terminal Cicurug Sukabumi Mangkrak, HPMIS Tak Puas dengan Jawaban Dishub

Kemudian pos di simpang Cidahu untuk menarik retribusi terminal sementara bagi angkutan umum trayek Cidahu – Cicurug. Tiga pos restribusi terminal sementara ini masih beroperasi hingga berita ini diturunkan.

Informasi tambahan, Kecamatan Cicurug terdapat dua terminal untuk angkutan umum yaitu Terminal Cicurug di Desa Benda yang belum beroperasi hingga sekarang, dan Terminal Sementara yang berada di Pasar Cicurug.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)