Punya Pantai Cimandala, Pemdes Cipeundeuy Surade Protes Tak Kebagian Dana P3K

Sabtu 27 Juli 2019, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemdes Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi mengaku tak kebagian program Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) Surade tahun anggaran 2019 yang jumlahnya miliaran rupiah.

BACA JUGA: Jelang Pilkades 2019, Enam Kades di Surade Diganti PJS

Sekretaris Desa Cipeundeuy Entang Suhenda menjelaskan tahun ini Desa Cipeundeuy tak kebagian program P3K Surade, dengan alasan pihak Kecamatan Surade mengalokasikan dana tersebut untuk pembangunan infrastruktur wisata. Padahal, kata Entang, Desa Cipeundeuy juga memiliki potensi wisata, yakni Pantai Cimandala.

"Pantai Cimandala meski baru penataan, namun sangat perlu akses jalan menuju lokasi. Apalagi sekarang ini, sedang dikelola oleh karang taruna," jelas Entang kepada sukabumiupdate.com, Jumat (26/7/2019).

BACA JUGA: Pipanisasi P3K Ciracap Sukabumi Terkendala Mesin Sedot

Ia pun mengaku sudah menanyakan ke pihak Kecamatan Surade untuk mengetahui alasan pasti mengapa Desa Cipeundeuy tak kebagian program P3K. Masih kata Entang, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kalau pihak kecamatan mau menentukan titik pembangunan di desa desa, sering dilaksanakan rapat terlebih dahulu. 

"Kali ini tidak ada sama sekali. Tahunya Desa Cipeundeuy tidak kebagian, dengan alasan tidak mempunyai lokasi wisata. Alasan kedua tidak mengajukan. Kami mau mengajukan gimana? Sama pihak kecamatan tidak diberi tahu. Biasanya suka diminta pengajuan untuk titik P3K," ulasnya.

Sementara, Entang melanjutkan, pada tahap perencanaan, pihak kecamatan selalu meminta data dari desa soal titik mana saja yang akan diajukan pembangunan P3K. Namun saat perencanaan tahun 2018, untuk anggaran 2019, pihak kecamatan tidak pernah meminta data, bahkan terkesan tak ingin terbuka soal desa mana saja yang mendapat program P3K.

"Tahunya sekarang sudah mulai ada realisasi program tersebut. Malah sekarang berbeda, semua pelaksanaan oleh pihak kecamatan dengan membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas). Beda dengan tahun sebelumnya, pihak kecamatan hanya mencairkan dan monitoring hasil pekerjaan," pungkasnya.

BACA JUGA: Pemdes Waluran Terapkan DD Renovasi Sejumlah Posyandu dan Bangun Jalan Desa

Diwawancarai terpisah, Sekmat Surade Ukat Sukayat mengatakan bahwa tahun anggaran 2019, bukan hanya Desa Cipeundeuy yang tidak mendapatkan program P3K. Ada tiga desa lainnya, yakni Desa Citanglar, Desa Kademangan dan Desa Wanasari yang tak kebagian program P3K. Ketiga desa tersebut dinilai tidak memiliki objek wisata

"Adapun Desa Cipeundeuy, memang memiliki objek wisata berupa Pantai Cimandala, namun terlambat dalam pengajuan, sehingga kami tidak bisa merubah rencana kegiatan program P3K," ujarnya.

BACA JUGA: Kata Kepala KUA Surade Sukabumi Soal Lokasi Kantor Jauh dari Perkotaan

Masih kata Ukat, dana program P3K sendiri untuk Kecamatan Surade, sebesar Rp 1,168 Miliar yang dialokasikan untuk tujuh desa dan satu kelurahan. Enam diantaranya dialokasikan untuk peningkatan pembangunan wilayah lokasi wisata, seperti Kelurahan Surade, Desa Buniwangi, Desa Pasiripis, Desa Sukatani, Desa Kadaleman dan Desa Gunungsungging. 

"Sedangkan dua desa lainnya, yakni Desa Jagamukti dan Desa Sirnasari dialokasikan untuk peningkatan sarana air bersih. Program P3K tersebut merupakan domainnya pihak Kecamatan. Namun kami pun sudah menjelaskan pada Pemdes Cipeundeuy dan akan memprioritaskan pada anggaran 2020," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto