Diontrog Ratusan Buruh ke Pendopo Sukabumi, Marwan: Sakali-kali Anda Jadi Bupati Geura!

Rabu 06 Februari 2019, 14:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Sukabumi mengontrog Pendopo Sukabumi, di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, Rabu (6/2/2019). Mereka diterima oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, dan sejumlah pejabat instansi terkait. 

Aksi ini masih satu rangkaian dengan yang beberapa jam sebelumnya dilakukan di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi. Para buruh menyampaikan sejumlah masalah ketenagakerjaan. Termasuk kelanjutan dari masalah keterlambatan gaji buruh garmen PT Sentosa Utama Garmindo di Cicurug beberapa waktu lalu. 

"Saya sebetulnya ingin ke Cicurug, persoalannya saya sendiri adalah pejabat yang diberikan kewenangan oleh pusat. Jadi lamun saya jadi pengusaha mah, meureun gampang saja penyelesaian persoalannya," ujar Marwan disambut sorakan buruh.

 

Dari pemaparannya, Marwan terlihat merasa dicurigai oleh para buruh. Ia meminta buruh untuk tidak suudzon. 

"Kalau anda sudah suudzon dulu ke bupati, moal beres-beres persoalanna. Yang rugi bukan hanya anda, dan pengusaha. Tapi juga pemerintah," tutur Marwan. 

"Sok sakali-kali anda jadi bupati geura. Ketika anda jadi bupati, ketika anda jadi pimpinan, persoalan harus diselesaikan secara kedua belah pihak. Dalam persepsi saya tidak bisa menentukan sikap hanya dari satu sudut melihatnya. Mohon dipahami," tambahnya. 

BACA JUGA: Bergeser ke Pendopo, GSBI: Dua Tahun Lebih Lima Perusahaan Tutup di Kabupaten Sukabumi

Marwan meyakinkan, pihaknya akan memperjuangkan apa yang diinginkan para buruh. Melalui jajarannya, Ia pun sudah menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan. 

Namun, Marwan mendapatkan jawaban yang tidak pasti dari pihak perusahaan. Begitu pun dengan yang disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). 

"Tapi dari pihak yang mewakili saudara pun hari ini gini, besok lain lagi. Akhirnya tidak ada ketemu ini. Yang jadi persoalan bagi saya hari ini sebagai bupati, naon nu kudu ditinggalina," imbuh Marwan. 

BACA JUGA:  Minta Pertanggungjawaban Bupati Sukabumi, Buruh Kepung Kantor Disnakertrans

Ia menegaskan, pemecahan masalah hubungan kerja baiknya menguntungkan kedua belah pihak baik buruh maupun pengusaha. 

Sementara itu, Ketua GSBI Sukabumi, Dadeng Nazarudin, menegaskan banyak permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Sukabumi yang harus diselesaikan. Berkaca pada masalah di PT Sentosa Utama Garmindo, Ia menilai penjualan aset bukan solusi yang baik. 

"Kita melakukan aksi hari ini bukan hanya atas nama buruh, atau karyawan. Tapi atas nama Sukabumi, Rakyat Sukabumi, dan investasi di Sukabumi," tutur Dadeng. 

Setelah menyampaikan pemaparan dihadapan para buruh, Bupati Marwan menerima beberapa perwakilan buruh untuk audiensi di Dalam Gedung Pendopo. Usai audiensi, para buruh membubarkan diri dengan tertib.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring