Tanpa Papan Nama, Warga Pertanyakan Proyek Pengerasan Jalan di Waluran Sukabumi

Rabu 19 Desember 2018, 07:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Proyek Dinas Pekerjaan Umum berupa lapis pondasi bawah dengan Telford atau pengerasan ruas Jalan Sarimukti - Curuggerong, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, dipertanyakan warga. Proyek ini berlangsung tanpa sosialisasi bahkan tanpa papan nama proyek.

"Biasanya proyek pemerintah baik skala kecil maupun besar, dipasang papan proyek. Ini mah tidak, kami tidak pernah melihat ada papan pengumuman proyek ini,: jelas Tika Sumardi (45 tahun) warga Kampung Tanjungsari Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (19/12/2018). 

Proyek pengerasan Ruas Jalan Sarimukti - Curuggerong Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran. |Sumber Foto: Ragil Gilang.

Warga mendapatkan penjelasan terkait proyek ini dari aparatur pemerintah desa itupun enggan memberikan informasi secara gamblang. Pengerasan jalan akses pertanian dan wisata ini memiliki panjang sekitar 1100 meter dan lebar 3 meter, dengan dana mencapai ratusan juta. 

“Kami tidak tahu persis berapa anggarannya, namun menurut informasi mencapai Rp. 400 juta untuk pengerasan jalan, belum lagi ada pembangunan Tanggul Penahan Tebing (TPT) dan pembuatan gorong gorong,"sambung Tika.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Pengerjaan Akses Jalan Pertanian di Sidamulya Sukabumi

Ia meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PU menegur pelaksana proyek karena bekerja tanpa melakukan sosialisasi dengan warga setempat. “Ujung-ujungnya kan warga jadi nggak tau ini proyek harusnya seperti apa, beres sampe diaspal atau hanya pengerasan. Itulah gunanya sosialisasi langsung dan pakai papan proyek, untuk menghindari fitnah.”

Pengerjaan proyek ini sendiri menurut warga sudah berakhir. “Kayaknya udah beres udah nggak ada yang kerja lagi. Makanya kita bingung kapan mulai kapan berakhir,” pungkas Tika.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi