Media Sosial Cocok Untuk Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19

Kamis 17 Desember 2020, 07:50 WIB

Oleh: [email protected] (netizen)

Pandemi Covid-19 masih menjadi ketakutan terbesar yang harus dihadapi masyarakat saat ini. Penyebarannya yang cepat, membuat masyarakat sangat was-was dengan kondisi lingkungan sekitar mereka. Aktivitas normal sehari-hari seketika berubah drastis menjadi kegiatan yang harus dilakukan hanya di rumah, kecuali ada keperluan sangat penting, tentu saja membuat masyarakat perlu beradaptasi dengan kondisi baru ini.

Hal itu tentu tak mudah, apalagi bagi mereka yang pekerjaannya mengharuskan untuk braktivitas di luar. Kewajiban untuk tetap berada di dalam rumah, membuat beberapa orang terancam kehilangan pendapatan mereka.

Peralihan kegiatan di luar rumah menjadi sistem daring masih sulit untuk dilaksanakan. Bagi mereka yang masih bisa bekerja secara online, menjalani aktivitas tersebut bukan perkara sulit untuk dilakukan.

New Normal disebut-sebut bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka yang harus tetap bekerja di luar rumah. Penyesuian terhadap New Normal menyebabkan banyaknya perubahan yang harus dihadapi.

Banyak perusahaan yang melakukan pengurangan terhadap karyawan mereka. Akibatnya banyak peralihan profesi yangdilakukan oleh masyarakat. Masyarakat harus putar otak agar tetap bisa menghasilkan pendapatan baru.

Bisnis online adalah salah satu profesi yang banyak menjadi pilihan saat ini. Hal ini disebabkan karena pengurangan kontak langsung bisa terjadi dari aktivitas tersebut. Kemudahan yang ditawarkan dari bisnis online juga menjadi salah satu alasan masyarakat mulai menekuni profesi ini. Mulai dari berjualan makanan, pakaian, sampai perlengkapan rumah tangga dilakukan secara online.

Alasan lainnya adalah banyaknya marketplace atau e-commerce yang tersedia. Pengunaan internet yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, menjadi suatu kelebihan untuk berbisnis.

Semakin canggih teknologi, maka semakin beragam pula kemudahan yang ditawarkan. Salah satunya, muncul banyak aplikasi yang memadai aktivitas berbisnis online. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain: Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Cara untuk memasarkan dagangan pada aplikasi di atas cukup mudah, yaitu dengan mengunggah foto atau vidio, lalu sertakan keterangan informasi dan juga harga dari produk yang akan dipasarkan tersebut. Dengan begitu, konsumen bisa memesan barang tanpa perlu berinteraksi langsung dengan produsen atau penjual. Beragam aplikasi ini sangat membantu,apalagi bagi mereka yang baru memulai usaha.

Selain karena kemudahannya,terdapat beberapa manfaat lain dari penggunaan e-commerce, yang pertama yaitu bisa mendapatkan konsumen baru dengan mudah. Jangkauan dari internet yang sangat luas, membuat para pemasar bisa mendapatkan konsumen baru, baik dari lokal maupun luar negeri. Hal ini akan memberikan keuntungan agar produk terjual dengan cepat.

Kedua, kegunaan e-commerce adalah menarik para konsumen untuk tetap bertahan atau menjadi pelanggan tetap. Pelayanan yang baik dan nyaman, pengiriman produk yang tepat waktu, tentu akan membuat konsumen merasa puas dan betah untuk tetap berlangganan pada penjual tersebut.

Ketiga, kegunaan e-commerce dapat meningkatkan mutu layanan dari pebisnis. Hal ini disebabkan karena terjalinnya kontak personal antara penjual dan pembeli, sehingga bisa menyesuaikan produk dengan cepat dan rinci dari keinginan konsumen. E-commerce juga menyediakan fitur untuk memberi tanggapan dan penilaian para pembeli, terkait produk ataupun pelayanan yang bisa dimanfaatkan sebagai peningkatan mutu dari para penjual.

Keempat adalah bisa melayani konsumen tanpa adanya batas waktu. E-commerce bisa dijalankan tanpa ada keterikatan waktu, pembeli bisa memesan produk kapanpun dan dimanapun mereka mau.

Manfaat terakhir yang didapat dari penggunaan e-commerce, yaitu banyaknya penawaran bonus, seperti diskon pada perayaan hari spesial atau waktu-waktu tertentu, akan mudah menarik minatpara konsumen.

Untuk dapat menekuni bisnis online dengan baik dan benar diperlukan adanya strategi yang matang bagi para pebisnis. Berikut berbagai faktor yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis online

Perhatikan pemilihan dan nilai dari produk yang akan dipasarkan. Pastikan bahwa produk tersebut menarik, dan yang paling penting harus sesuai dengan modal awal. Tentukan harga yang bersaing, namun juga tetap terjangkau. Tampilan kinerja yang baik dan terpercaya untuk para konsumen.

Usahakan untuk selalu memberikan jaminan keamanan dan keandalan selama proses transaksi berlangsung, agar timbul rasa percaya dari konsumen. Tingkatkanlah penjualan dengan cara melakukan promosi di banyak media sosial, seperti penyebaran iklan produk pada Instagram, Facebook, WhatApp, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya. Perluas jaringan,dengan melakukan kerjasama dari para mitra bisnis yang cocok dengan produk.

Dengan beragam alasan-alasan diatas, bisnis online bisa dijadikan ladang usaha yang cukup menjamin di masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, banyak masyarakat yang mencoba bisnis online selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Selain mudah untuk dijalankan, hal ini juga bisa membantu untuk bisa mengurangi penambahan jumlah positif Covid-19.

Penulis: Helsi Herlinda, Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajemen

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)