bankbjb

Mewujudkan Polisi dan Masyarakat yang Baik dan Disiplin

Administrator
Penulis
Kamis 25 Agt 2022, 15:55 WIB
Mewujudkan Polisi dan Masyarakat yang Baik dan Disiplin

Oleh: IJP Purn Drs Sisno Adiwinoto MM | Pengamat Kepolisian

Meskipun harus diakui bahwa dengan adanya “tragedi Sambo” cukup memporak-porandakan citra kepercayaan publik kepada Polri.

Celakanya, ditambah lagi dengan adanya elemen masyarakat yang bukannya membantu memulihkan citra Polri tapi malah “mendompleng” menghujat Polri  dan menangguk di air keruh dan memanfaatkan situasi ini “cari panggung” untuk kepentingan pencitraan politik praktis mereka.

Polri tidak boleh panik karena Tragedi Sambo, malah tragedi ini harus dijadikan momentum pintu masuk Polri untuk membenahi aspek reformasi kultural Polri, terutama pembangunan moral, disiplin dan perilaku Polri untuk kembali meningkatkan citra Polri. Untuk itu Polri perlu segera ”Mewujudkan Polisi dan juga Masyarakat yang Baik dan Disiplin”.

Kita semua menginginkan adanya Polisi yang baik dan disiplin, maka semestinya warga masyarakat juga harus baik dan disiplin. Tetapi yang ideal tentunya, dimulai dulu dari Polisi sebagai "penertib atau penegak aturan"nya harus baik dan disiplin, agar menjadi contoh keteladanan bagi masyarakat.

Menurut ilmu sosiologi bahwa ”perilaku Polisi adalah merupakan cerminan perilaku masyarakat” nya, karena perilaku Polisi sangat dominan  dipengaruhi oleh perilaku dari masyarakat nya itu sendiri.

Dalam masyarakat yang disiplin dan berperilaku  baik, Polisinya akan lebih baik lagi, namun dalam masyarakat yang berperilaku menyimpang / melanggar hukum bisa membuat Polisinya menjadi kurang baik.

Misal, bila kultur masyarakatnya suka suap-menyuap dan polisinya tidak punya integritas, tidak disiplin serta tidak punya iman yang kuat, maka berpotensi terjadinya polisi yang korup atau polisi yang tidak baik.

Jati diri Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah sebagai Bhayangkara Negara yang berfungsi : mengawal, menjaga, melindungi, dan mengayomi negara beserta segenap warga negara/masyarakat, dengan tugas - wewenang  Harkamtibmas, Gakkum dan Lin Yom Yan Masy. 

Dengan fungsi dan tugas wewenang Polri tersebut, hampir semua sendi dan sisi kehidupan masyarakat bersentuhan dengan Polri, sehingga memang suatu keniscayaan kewenangan Polri menjadi luas ( sebagai sesuatu yang tidak dapat dihindari), bahkan dapat dikatakan kewenangan Polri itu paripurna dan nyaris “powerfull". 


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini