Subsidi Pulsa Rp 8,9 Triliun Kemendikbud, Honorer Sukabumi: Baru Pendataan Nomor HP Siswa

Jumat 28 Agustus 2020, 14:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kemendikbud akan memberikan kuota internet atau subsidi pulsa bagi guru dan siswa guna menunjang pendidikan jarak jauh (PJJ). Nantinya, Kemendikbud akan memberikan subsidi tersebut secara langsung kepada nomor telepon siswa dan guru selama empat bulan, yakni September hingga Desember 2020.

Menanggapi hal tersebut, Korlap Forum Pembela Honorer Indonesia (FPHI) Kabupaten Sukabumi, Kris Dwi Purnomo menyebut, dirinya untuk hari ini baru menerima edaran dari Kemendikbud untuk melakukan pendataan nomor telepon seluler para siswa terlebih dahulu.

Edaran meminta kepada para kepala satuan pendidikan untuk melakukan pendataan nomor telepon seluler peserta didik melalui aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

BACA JUGA: Kuota Gratis untuk Pelajar dan Guru, Disdik Kabupaten Sukabumi Sebut Itu Solusi

"Tadi pagi mah baru terima surat bahwa yang didata cuma murid saja. Pak kepala sekolah suruh mendata nomor anak-anak yang aktif. Pendataan tersebut sudah harus selesai tanggal 31 Agustus 2020," kata Kris saat dihubungi sukabumiupdate.com, Jumat (28/8/2020) malam.

Dinukil dari laman Tempo.co, Kemendikbud subsidi kuota internet yang diberikan sebesar 35 gigabyte (GB) per bulan, guru sebesar 42 GB per bulan, mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

"Pendataan nomor guru mah belum ada. Kami juga sekarang sedang mendata bersama operator sekolah, karena kan sudah pasti ini operator sekolah yang input data," lanjutnya.

"Sebetulnya sih kalau dari kami, para honorer, kalau pun memang mau ada subsidi tentu sangat menyambut baik. Tahu sendiri tenaga honorer ini sudah gajinya kecil, dipotong biaya kuota untuk pembelajaran jarak jauh. Meskipun memang selama ini lebih banyak kendalanya. Jangankan kuota internet, peserta didik banyak yang tidak punya handphone. Terus jaringan internetnya juga belum memadai," pungkas Kris.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 19:00 WIB

7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Hati-hati, Jangan Tiru Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi. Orang Miskin Banyak Gaya (Sumber : Pexels/LizaSummer)
Keuangan29 April 2024, 18:54 WIB

Awal Triwulan II 2024, Realisasi Belanja di KPPN Sukabumi Capai Rp6,4 Triliun

Realisasi belanja negara yang disalurkan melalui KPPN Sukabumi berhasil mencapai Rp6,4 triliun di awal Triwulan II 2024.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Life29 April 2024, 18:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Mental Semakin Kuat dan Matang, Yuk Terapkan!

Menerapkan kebiasaan tertentu akan membantu diri memiliki mental yang kuat dan tidak mudah rapuh dalam menjalani kehidupan yang keras.
Ilustrasi. Memiliki kebiasaan yang membuat mental kuat. Sumber foto : Pexels/ Nothing Ahead
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
Hasil pertemuan di teras muara Palabuhanratu, PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)